Salah satu upaya mempersiapkan contoh karir masa depan yang tepat yaitu dengan mengikuti program sertifikasi kompetensi atau profesi. Bukan hanya bermanfaat untuk individu yang memilikinya saja, tapi juga pihak perekrut.

Tentu kamu sudah tidak asing dengan nilai lebih bila melampirkan sertifikat saat proses melamar kerja. Sebelum terjun ke dunia penjajakan karir di masa depan, kamu perlu mempersiapkannya dengan mengumpulkan sertifikat sesuai keahlian.

Bahkan tidak jarang perusahaan skala besar mewajibkan persyaratan pelampiran sertifikat keahlian tertentu bagi para calon pekerja. Dari sinilah salah satu bukti kompetensi pemiliknya bisa diketahui. 

Baca Juga : “Cara Mengembangkan Potensi Diri Dalam Karir”

Beberapa Manfaat Sertifikasi Kompetensi Yang Kamu Dapatkan

List Of Contents

Beberapa Manfaat Sertifikasi Kompetensi Yang Kamu Dapatkan

Manfaat sertifikasi kompetensi ada banyak. Walaupun kemampuan mumpuni, bila tanpa adanya sertifikat resmi membuat orang lain ragu untuk mempercayai. Beberapa manfaat sertifikat ini yang bisa kamu peroleh antara lain:

1. Memperoleh Upah Sesuai

Manfaat pertama memperoleh upah atau gaji sesuai. Pihak perusahaan akan memikirkan berulang kali bila memberikan upah rendah karena kompetensi yang dimiliki para pekerjanya dianggap sebagai aset berharga.

2. Kemampuan Diakui

Adanya sertifikat menunjukkan bahwa kemampuan kamu diakui, sehingga perusahaan menjadikannya pertimbangan penting. Seperti kita ketahui, bahwa ijazah bukan semata-mata dijadikan patokan kemampuan spesifik seseorang. 

3. Proses Perekrutan Menjadi Lebih Mudah

Manfaat selanjutnya bagi perusahaan atau recruiter yaitu proses perekrutan menjadi lebih mudah. Dari tahun ke tahun, jumlah lulusan baik itu sarjana maupun sekolah semakin meningkat.

Situasi ini akan membuat jumlah pelamar pekerjaan semakin meningkat. Dari sekian banyaknya pelamar, biasanya perusahaan akan memilih yang melampirkan sertifikat kompetensi mendukung, sebelum mengetesnya secara langsung.

4. Mudah Memperoleh Promosi

Ada beberapa instansi memberikan persyaratan harus memiliki sertifikat ini bila ingin memperoleh promosi jabatan. Sebab, jabatan lebih tinggi akan mempunyai tingkat kesulitan lebih besar.

Inilah yang menjadikan sertifikat sangat penting dimiliki sebagai bukti resmi. Layanan sertifikasi gratis diberikan oleh sebagian perusahaan. Sedangkan lainnya, ada yang mengharuskan melakukannya secara mandiri.

5. Produktivitas Perusahaan Semakin Meningkat

Manfaat terakhir yaitu semakin meningkatkan produktivitas perusahaan. Jika karyawan sebuah perusahaan sudah banyak yang mempunyai kemampuan mumpuni, maka dampaknya produktivitas perusahaan semakin meningkat.

Sebab, pihak perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk pelatihan khusus. Jadi, perusahaan hanya tinggal mengontrol kinerja karyawannya supaya memenuhi target tujuan.

Lihat Juga : “Manfaat Memiliki Sertifikasi Kompetensi”

Pentingnya Sertifikasi Profesi Sebagai Contoh Karir Masa Depan

Pentingnya Sertifikasi Profesi Sebagai Contoh Karir Masa Depan

Selain kompetensi, sertifikasi profesi juga tidak kalah penting dimiliki sebagai penunjang contoh karir masa depan. Pada umumnya, sertifikat ini hampir sama dengan kompetensi. Perbedaannya, tidak semua jenis profesi ada sertifikasinya.

Namun, melalui sertifikasi kompetensi, seseorang dianggap sudah mempunyai pengetahuan serta kemampuan yang diperlukan untuk menjalankan karir di profesi tersebut. Walaupun berbeda, keduanya sama-sama memerlukan keterampilan dan pengetahuan.

Selain itu, harus memenuhi standardisasi sesuai ketetapan dengan sifat mengikat. Biasanya, sertifikat profesi diberikan oleh lembaga sebagai jaminan bahwa kamu memenuhi standar kompetensi tertentu.

Tujuan memiliki sertifikat ini sebagai bukti bahwa kompetensi yang dimiliki cukup untuk menjalani profesi terkait. Jadi, sertifikat ini banyak dicari oleh orang yang sudah menjalani profesi tertentu. Baik menekuninya dalam kurun waktu sebentar atau sudah lama hingga bertahun-tahun.

Jika profesi tersebut berhubungan dengan klien, maka sertifikat bisa dijadikan salah satu bukti untuk meyakinkan bahwa kamu memang sudah profesional di bidang tersebut. Pasalnya, sebagian calon klien, seringkali meragukan kualitas bila tanpa bukti resmi.


Kamu ingin memiliki sertifikasi kompetensi? Sertifikasi.com merupakan online platform yang dapat membantu kamu yang ingin mempersiapkan pelatihan sertifikasi sebelum melakukan ujian kompetensi di Lembaga Sertifikasi Profesi. Ada banyak sertifikasi di berbagai bidang yang bisa kamu ikuti mulai dari sertifikasi pasar modal hingga digital marketing, tentu dengan harga yang terjangkau. Yuk cek website Sertifikasiku untuk info lebih lanjut! See you in class ūüôā

Share This Article
Sertifikasiku
About Author

Sertifikasiku

Sertifikasiku, platform edukasi online, membantu anak bangsa untuk memiliki sertifikasi kompetensi profesi yang sangat berguna untuk bersaing di era global.

1 Comment

    […] dengan adanya persaingan inilah yang bisa menentukan jenjang karir yang dimiliki. Apabila kamu memiliki kualitas yang terbaik tentunya akan dipilih dan diangkat pada […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *