Manfaat investasi bagi perusahaan di indonesia sangat banyak, misalnya membantu mengatasi berbagai permasalahan keuangan. Bahkan, saat ini profesi investment banking indonesia menjadi salah satu karir yang menjanjikan. 

Istilah tersebut banyak dipakai dalam dunia investasi maupun perbankan. Oleh karena itu, penting untuk mengenalnya lebih dalam, mengingat manfaatnya yang begitu banyak. 

Selain itu, harus memahami apa saja persyaratan agar perusahaan dipercaya investor sehingga perusahaan akan mendapatkan suntikan dana. Apabila ingin berkarir di bidang tersebut maka kamu harus mengikuti sertifikasi investment banking. 

Baca Juga : “Investment Banking Indonesia: Definisi, Tugas dan Prospek Kerja”

Mengenal Apa Itu Investment Banking Indonesia

Mengenal Apa Itu Investment Banking Indonesia

Penting bagi kamu untuk mengetahui pengertian dari investment banking. Selain itu, harus mengenal arti penting mengikuti sertifikasi. Berikut akan dibahas lebih detail tentang informasi tersebut. 

  1. Pengertian 

Investment banking adalah profesi pasar modal yang bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang berkaitan dengan korporasi keuangan di perusahaan. Pekerjaan tersebut mencakup tender offer, fund rising, merger dan akuisisi. 

Selain itu, juga berfungsi sebagai perantara bagi penerbit maupun investor sekuritas serta membantu mengurus perusahaan baru go public. Profesi ini sangat menarik karena beberapa bank telah mempunyai divisi investment banking. 

  1. Arti Penting Sertifikasi Investment

Manfaat investasi bagi investor antara lain mendatangkan banyak keuntungan. Apalagi saat ini investment banking sendiri menjadi salah satu bidang yang banyak dicari karena sangat kompetitif. 

Posisinya di dunia perbankan sudah bergeser, artinya adalah tidak hanya merekrut lulusan baru. Namun, perusahaan berharap bahwa karyawan baru harus memiliki kemampuan dan kualifikasi terutama yang berhubungan dengan tugas tersebut. 

Oleh karena itu, kamu direkomendasikan untuk mengikuti pelatihan sekaligus uji kompetensi dari lembaga terpercaya dan berintegritas tinggi. Pastikan lembaga tersebut telah mengantongi lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). 

Nantinya kamu akan mempelajari teori dan juga praktek berdasarkan standar yang telah diterapkan Otoritas Jasa Keuangan maupun BNSP. Pelatihan tersebut sebaiknya diikuti untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian lisensi OJK.

Lihat Juga : “Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Investasi Saham”

Intip Berbagai Manfaat Investasi bagi Perusahaan

Intip Berbagai Manfaat Investasi bagi Perusahaan

Di dunia keuangan, investment banking ini memiliki peranan yang cukup signifikan karena dapat mengatasi berbagai jenis permasalahan. Contohnya pelaku bisnis belum bankable dan tidak memiliki start up capital. 

Peran utamanya membuat strategi agar bisa menghasilkan investment fund bagi perusahaan yang memiliki potensi mendapatkan income. Di dunia keuangan, investor yang terlibat menanamkan modal dengan cara ini disebut institutional investor. 

Manfaat investasi bagi investor yaitu mendapatkan keuntungan besar karena risiko kerugian bisa diminimalisir. Contoh dari institutional investor yaitu perusahaan asuransi, manajer investasi, dana pensiun, asset manager dan hedge fund manager. 

Melalui metode tersebut para investor yakin dan menjamin bahwa investasinya akan menguntungkan meskipun tetap memiliki risiko rugi. Biasanya perusahaan akan membayar bunga kepada investor lewat investment bank. 

Mekanisme untuk mendapatkan dana yang dibutuhkan yaitu dengan menentukan terlebih dahulu produk investasinya. Nantinya produk tersebut kamu pakai sebagai alat yang akan dijual ke investor. 

Pada umumnya, jenis produk yang sering digunakan yaitu obligasi berjangka pendek atau MTN (Medium Term Note). MTN nantinya bisa kamu ubah menjadi RDPT (Reksa Dana Penyertaan Terbatas). Syaratnya adalah rencana bisnis, integritas, legalitas dan kesehatan perusahaan. 

Lisensi profesi tersebut menentukan tingkat profesionalitas seseorang. Oleh karena itu, kamu perlu mengikuti ujian sertifikasi sebelum terjun ke dunia investment banking Indonesia. Bagaimana cara mendapatkannya? dengan mendaftar kelas sertifikasi di sertifikasiku.com. Ada berbagai kelas sertifikasi di bidang pasar modal yang bisa kamu ikuti, salah satunya sertifikasi investment banking di Certified Investment Banking (CIB).

Yuk cek website sertifikasiku.com sekarang juga.

Share This Article
Sertifikasiku
About Author

Sertifikasiku

Sertifikasiku, platform edukasi online, membantu anak bangsa untuk memiliki sertifikasi kompetensi profesi yang sangat berguna untuk bersaing di era global.

1 Comment

    […] Baca Juga : “Manfaat Investment Banking Indonesia Bagi Perusahaan” […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *