Tahukah kamu bahwa pentingnya sertifikasi kompetensi bagi mahasiswa sangat besar? Bagi kebanyakan orang, masa-masa kuliah merupakan saat bebas dan merupakan pendewasaan diri. 

Namun, sebenarnya yang paling penting adalah memaksimalkan masa kuliah untuk mengembangkan diri. Bukan hanya belajar di ruang kelas dan mendapatkan IPK tinggi, tapi juga mempelajari berbagai keahlian sehingga menambah skill yang dimiliki.

Dengan memiliki berbagai skill, maka ketika kamu mencari kerja nanti akan lebih mudah karena dianggap lebih layak dan kapabel. Bagi kamu yang masih belum tahu apa saja manfaat dari punya sertifikat keahlian, mari simak uraian berikut.

Lihat Juga : “Tips Persiapan Masuk Dunia Kerja”

Manfaat Sertifikasi Kompetensi Bagi Mahasiswa

Berbagai Manfaat Memiliki Sertifikasi Kompetensi Bagi Mahasiswa

Mumpung masih muda dan punya banyak energi, sebaiknya kamu memanfaatkan waktu serta tenaga tersebut untuk berbagai hal bermanfaat. Misalnya mengikuti berbagai pelatihan sehingga mendapatkan berbagai sertifikasi kompetensi, karena manfaatnya adalah:

  • Memberikan Sebuah Keahlian Khusus Bagi Peserta

Tidak mudah menjadi ahli dalam berbagai bidang, tapi kamu bisa mencoba ahli dalam satu bidang terlebih dahulu. Dengan mengikuti pelatihan mendasar dari suatu bidang, lalu terus meningkatkannya, maka kamu akan memiliki pengetahuan lebih dalam. 

Jika sudah memiliki keahlian tertentu seperti ini, maka bisa mendapatkan manfaat dari sertifikasi kerja. Dengan demikian kamu akan dianggap cakap dalam bidang tersebut, dan akan menjadi nilai tambah ketika mencari pekerjaan.

Misalnya, kamu memiliki kemampuan dalam bidang akuntansi, kemudian fokus menggeluti bidang tersebut dan mengambil spesialisasi. Contohnya, mengambil kursus komputer akuntansi. 

Untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi kerja, bukan hanya sekedar punya keahlian saja, tapi juga harus bisa lolos ujian standar nasional. 

  • Meningkatkan Percaya Diri

Kepercayaan diri, menjadi hal penting yang harus dimiliki seseorang ketika ingin masuk ke dunia kerja. Tidak cukup hanya punya prestasi, jika kepercayaan diri minim akan sulit berkembang.

Kalau kamu punya keahlian tertentu, maka rasa kepercayaan diri akan meningkat sebab yakin akan kemampuan diri sendiri. Apalagi jika sudah punya sertifikat pendukung, seperti sertifikat BNSP.

Sertifikat BNSP adalah sertifikat profesi yang dikeluarkan oleh BNSP, selaku badan resmi sertifikasi profesi. Kalau sudah mengantongi sertifikat ini, artinya kamu sudah punya kemampuan di satu bidang keahlian tertentu. Keren, bukan?

Bukan hanya saat mencari pekerjaan, punya keahlian tertentu juga akan membantu saat kamu membuka usaha sendiri. Sertifikat kompetensi, salah satu cara membuat klien merasa yakin akan keahlian kamu. 

  • Lebih Diakui

Semua orang butuh pengakuan, terutama di dunia kerja atau bisnis yang persaingannya sangat ketat. Apabila tidak dapat bersaing, maka akan hilang ditelan bumi. 

Salah satu cara, agar kamu bisa bersaing dan mendapatkan pengakuan adalah memiliki sertifikasi BNSP. Kecakapan dalam melaksanakan pekerjaan, menyelesaikan tugas serta tanggung jawab akan lebih diakui.

HRD perusahaan atau klien cenderung lebih percaya, dan mengakui kemampuan orang yang sudah memiliki bukti nyata keahliannya. Apakah kamu salah satu orang yang akan diakui dengan memiliki sertifikasi kompetensi kerja?

  • Meningkatkan Kemampuan

Pernah tidak kamu merasa kecil hati karena tidak mampu menyelesaikan sesuatu, atau tidak melakukan sebuah pekerjaan dengan sempurna? Lalu apa yang harus dilakukan? Sudah pasti, perlu meningkatkan kemampuan diri.

Di mana untuk mengikuti semua proses dan tes tersebut, diperlukan persiapan matang serta usaha. Di sini kamu akan berproses, dan secara sadar tidak sadar telah meningkatkan kemampuan diri. 

Jadi, inilah pentingnya sertifikasi kompetensi untuk membuat seseorang berani mencoba meningkatkan level kemampuannya. Soal berhasil atau gagal, lihat nanti yang penting berusaha dahulu.

  • Memperbesar Peluang Kerja dan Bisnis

Sudah disinggung di atas bahwa seseorang dengan keahlian akan mendapatkan kemudahan, yaitu peluang mendapatkan kerja lebih besar dan punya peluang bisnis juga. 

Belum banyak mahasiswa atau Fresh Graduate yang menyadari, bahwa sertifikasi kompetensi adalah kunci untuk mendapatkan masa depan terbaik. Sebab peluang mendapatkan pekerjaan dengan gaji bagus, akan lebih besar.

Nah, apa kamu sudah melek tentang pentingnya punya keahlian khusus? Jika iya, maka mulailah mengembangkan diri dari sekarang. Salah satunya dengan cara mengikuti pelatihan di Sertifikasiku.

Kamu bisa memilih berbagai jenis pelatihan, mulai dari sertifikasi kompetensi digital marketing, pelatihan desain grafis, sertifikasi kompetensi analisa fundamental dan analisa teknikal, kelas non BNSP dan berbagai jenis sertifikasi kompetensi lainnya.

Yuk kunjungi website Sertifikasiku.com untuk cari tahu apa saja sertifikasi kompetensi yang ada di Sertifikasiku! See you sob 🙂

Share This Article
admin
About Author

admin

4 Comments

    […] Baca lainnya: Pentingnya Sertifikasi Kompetensi Bagi Mahasiswa […]

    […] modul serta materi yang diberikan dan lulus tes uji kompetensi. Mempunyai sertifikat dari pelatihan sertifikasi kompetensi digital marketing, yang diberikan lembaga pelatihan akan jadi nilai tambah untuk diri […]

    […] kapan dan dimana saja dengan memanfaatkan segala sumber yang ada. Contohnya dengan mengikuti pelatihan sertifikasi online, kamu bisa memperoleh banyak ilmu menarik yang bisa diakses baik itu secara gratis dan […]

    […] Baca Juga : “Pentingnya Sertifikasi Kompetensi Bagi Mahasiswa“ […]

Comments are closed.