Tugas web developer adalah pekerjaan di bidang teknologi informasi, dan akan berhadapan dengan kode atau bahasa pemrograman juga pengembangan suatu website. Saat ini pekerjaan web developer cukup diminati, karena banyak orang menganggap bahwa di zaman yang serba digital ini, setiap perusahaan pasti membutuhkan seorang web programmer untuk mengembangkan bisnisnya. 

Dengan gaji yang besar, sebanding dengan tugas web developer yang cukup rumit. Maka dari itu seorang web developer harus memiliki ilmu yang cukup, atau setidaknya mengikuti pelatihan agar bisa menangani berbagai kendala saat menjalankan pekerjaannya. 

Jika kamu bertanya apa itu programmer, sama seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya bahwa developer selalu berhubungan dengan program software ataupun desain program, berikut Sertifikasiku akan menyajikan apa saja job desk serta prospek kerja dari profesi tersebut.

Lihat Juga : “Get To Know How To Start Career as a Programmer”

Jobdesk, Kualifikasi, Prospek dan Tugas Web Developer

Jobdesk Serta Tugas Web Developer yang Harus Kamu Ketahui

Jika berminat untuk menjadi seorang web developer, kami sarankan untuk kamu agar memiliki sertifikat programmer. Perusahaan yang akan merekrut kamu, tentunya perlu menilai terlebih dahulu kemampuan yang kamu miliki sebelum bekerja. Berikut tugas web developer yang harus kamu ketahui :

  1. Rencana Perancangan Situs

Rencana pembuatan situs termasuk ke dalam programming web, berisi berbagai instruksi yang perlu dilakukan.

Dimana pembuatan rencana ini berguna untuk menimbang bobot pada setiap halaman, agar tidak ada permasalahan nantinya, dan ini merupakan salah satu pekerjaan web developer.

  1. Membuat Situs

Ini merupakan salah satu jobdesk dasar dimiliki seorang developer, membuat situs dengan satu atau lebih bahasa pemrograman. Dengan mengikuti pelatihan programmer, nantinya pembaca juga akan mendapat pembelajaran dalam membuat situs dan tentunya bagaimana membuat serta mengimplementasikan data.

  1. Membuat dan Mengetes API

Seorang programmer juga harus bisa membuat serta mengetes Antarmuka Pemrograman Aplikasi, untuk menyederhanakan serta mengimplementasikan pemeliharaan software.

Jika kamu pernah mengikuti sertifikasi web programmer, maka jobdesk tersebut sudah pasti kamu kuasai dan lebih mudah bagi perusahaan untuk merekrut kamu.

  1. Membuat Dokumentasi

Pekerjaan programmer lainnya adalah bertanggungjawab atas dokumentasi, dimana adanya dokumentasi ini berguna untuk melacak semua aspek serta meningkatkan kualitas situs.

Jika kamu belum menguasainya, untuk fungsi pengembangan, penelitian serta alat transfer ilmu ke orang lain, akan kamu dapatkan dengan mengikuti pelatihan programmer.

Jobdesk, Kualifikasi, Prospek dan Tugas Web Developer

Prospek Karir yang Menggiurkan

Siapa bilang jika seorang programmer hanya bisa bekerja di sebuah perusahaan, nyatanya kamu juga bisa membuat perusahaan kamu sendiri dengan kemampuan tersebut lho. 

  1. Bergabung di Perusahaan Startup

Ada banyak keuntungan dengan memiliki kompetensi programmer, salah satunya adalah kamu bisa bergabung dengan perusahaan startup. Perusahaan yang baru memulai usahanya, pasti akan membutuhkan seorang web developer dengan kemampuan yang mumpuni.

  1. Freelancer

Jika sobat memiliki bakat di programming web, maka kamu juga bisa menjadi seorang freelancer. Dimana tidak terikat oleh waktu dalam bekerja, namun tetap bisa mendapatkan penghasilan.

Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan pekerjaan programmer freelancer, sehingga kamu juga bisa bekerja dari rumah.

  1. Mendirikan Perusahaan Sendiri

Karena kamu punya skill di bidang web programming dan jika tidak ingin bergabung dengan perusahaan orang lain, maka buat saja perusahaan kamu sendiri. Buatlah produk atau jasa yang ingin dan buat perusahaan startup dengan merekrut tim kamu, dalam mengembangkan bisnis. 

  1. Menyediakan Jasa Pembuatan Website

Pekerjaan programmer yang cukup beragam tentunya mempermudah para programmer dalam memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan keinginan.

Menjadi seorang programmer memang cukup menarik untuk dicoba, apalagi akan banyak prospek kerja yang terbuka untuk pembaca setelah lulus.

Jika saat ini kamu tertarik untuk memulai profesi tersebut, maka ikuti pelatihan programmer terlebih dulu. Maksimalkan kemampuan yang dimiliki, dengan mengikuti kelas sertifikasi Junior Web programmer di Sertifikasiku, yang menyediakan berbagai mentor profesional di bidangnya.

Mendapatkan sertifikasi web programmer sangat mudah, asalkan kamu bisa menemukan pusat pelatihan yang mampu memberikan ilmu pengetahuan dengan baik. Saat ini era digital semakin berkembang, karena itu kebutuhan perusahaan akan web developer meningkat.

Kamu bisa mempelajari hal baru, atau meningkatkan ilmu yang sobat miliki dengan mengikuti kelas di Sertifikasiku. Selain itu dapatkan sertifikat web programmer, setelah selesai dalam menjalani pelatihan.

Yuk join kelas sertifikasi kom​​petensi Junior Web programmer Sertifikasiku sekarang juga sob! Dan dapatkan harga khususnya ya:)

Share This Article
Sertifikasiku
About Author

Sertifikasiku

Sertifikasiku, platform edukasi online, membantu anak bangsa untuk memiliki sertifikasi kompetensi profesi yang sangat berguna untuk bersaing di era global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *