Ketika mulai memasuki persaingan dunia kerja, pentingnya sertifikasi kompetensi sangat dibutuhkan dalam bersaing. Karena dengan adanya sertifikasi ini akan menjadi bukti kualitas dari kemampuan yang dimiliki oleh seseorang.

Bagi kamu yang belum pernah mendengar istilah ini, jadi apa itu sertifikasi kompetensi kerja, pastinya berbeda dengan berkas layaknya ijazah yang diterima dari sekolah maupun universitas. 

Karena jenis sertifikasi kompetensi ini berupa sertifikat yang menjadi bukti bahwa seseorang memiliki kemampuan tertentu di suatu bidang. Jadi dengan adanya bantuan sertifikasi jenis ini bisa membantu kamu dalam bersaing.

Biasanya agar CV terlihat lebih menarik saat melamar kerja, maka melampirkan sertifikat kompetensi menjadi nilai plus. Itulah salah satu fungsi sertifikasi kompetensi yang sebenarnya.

Baca juga : “Kolaborasi Akan Pentingnya Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kerja”

Mengenal Apa Itu Sertifikasi Kompetensi

List Of Contents

Mengenal Apa Itu Sertifikasi Kompetensi

Sebelum lebih jauh mengenal kegunaan sertifikasi kompetensi, sebelum itu mari mengetahui apa itu sertifikasi kompetensi kerja mulai dari pengertiannya terlebih dahulu.

Dengan mengetahui mulai dari pengertiannya, akan memudahkan dalam mendalami kegunaannya nantinya. Jadi sertifikasi kompetensi adalah merupakan surat yang menunjukkan kemampuan atau skill yang dimiliki oleh seseorang dibidang tertentu.

Berdasarkan pengertian sertifikasi kompetensi tersebut, artinya berkas ini sangat penting dimiliki. Oleh karena itu saat masih muda akan lebih baik kalau kamu mulai memiliki berbagai sertifikasi jenis ini dengan mengikuti berbagai pelatihan.

Karena untuk bisa mendapatkan salah satu contoh sertifikasi kompetensi maka hal yang perlu dilakukan yakni dengan mengikuti sebuah pelatihan tertentu. Itu pun harus yang resmi dari lembaga tertentu yang mengadakannya.

Oleh karena itu bagi kamu yang memiliki keinginan untuk memiliki jenis sertifikasi kompetensi tertentu, sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Karena untuk mendapatkannya tidak akan mudah dilakukan.

Lihat Juga : “Manfaat Memiliki Sertifikasi Kompetensi”

Kegunaan Sertifikasi Kompetensi yang Perlu Diketahui

Kegunaan Sertifikasi Kompetensi yang Perlu Diketahui

Setelah mengetahui apa itu sertifikasi kompetensi, tentunya mulai ada keinginan dong untuk segera memilikinya. Karena ada banyak sekali kegunaan yang bisa dimiliki seseorang apabila memiliki sertifikasi ini.

Diantara banyaknya kegunaan tersebut, pada dasarnya tujuan sertifikasi kompetensi yaitu sebagai senjata tambahan bagi seseorang. Kegunaannya agar bisa lebih bersaing dengan orang lain di dunia kerja.

1. Sebagai Pengakuan Kemampuan

Saat ini tentunya kamu sudah mengetahui apa itu sertifikasi kompetensi kerja. Setelah mengetahui pengertiannya, kamu sekarang akan sadar bahwa kegunaan dari adanya sertifikasi ini salah satunya sebagai pengakuan kemampuan yang kamu miliki.

Agar kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dapat diakui, maka memiliki sertifikasi ini merupakan salah satu fungsi sertifikasi kompetensi yang digunakan sebaik mungkin.

2. Untuk Mendapatkan Gaji Yang Sesuai

Selain itu, agar bisa memaksimalkan tujuan sertifikasi kompetensi maka perlu memilikinya. Salah satu hal yang bisa didapatkan apabila memiliki sertifikasi ini adalah bisa memungkinkan mendapatkan gaji yang lebih sesuai.

Karena jika sudah memiliki salah satu contoh sertifikasi kompetensi, maka kamu bisa menjadikan sertifikasi tersebut untuk bahan pertimbangan kenaikan gaji atau posisi yang lebih tinggi lagi.

3. Untuk Memperoleh Promosi

Berdasarkan dari pengertian sertifikasi kompetensi yang telah dijelaskan sebelumnya tadi. Maka sudah jelas kalau kegunaan lain adalah yaitu untuk bisa memperoleh promosi kenaikan jabatan.

Hal ini tentu saja bisa dilakukan karena dengan memiliki sertifikasi ini. Artinya seseorang memiliki kualifikasi yang sesuai. Maka dari itu kegunaan sertifikasi kompetensi selanjutnya adalah untuk bisa meraih promosi di dunia kerja. 

4. Peluang Mendapatkan Kerja Lebih Besar

Kegunaan sertifikasi kompetensi yang terakhir yakni sebagai peluang untuk mendapatkan kerja lebih besar. Pada saat melakukan pelamaran kerja, ketika seseorang memiliki sertifikasi ini, pastinya akan jauh dipertimbangkan.

Maka dari itu apabila kamu sudah mengetahuinya, tidak salah kalau mengetahui segala hal yang ada didalamnya, mulai dari pengertiannya sertifikasi kompetensi adalah hingga hal-hal yang terkait. 

Untuk bisa memperoleh sertifikasi jenis ini, kamu bisa mendapatkannya melalui pelatihan. Pelatihan tersebut dapat dilakukan dengan mengikutinya di Sertifikasiku.com. Di sana kamu bisa mengikuti sertifikasi kompetensi yang sesuai dengan bidang kemampuan kamu. Mulai dari bidang pasar modal, sertifikasi digital marketing dan juga bantu kamu dalam persiapan karir. Yuk Klik Link untuk informasi lebih lengkap!

Share This Article
Sertifikasiku
About Author

Sertifikasiku

Sertifikasiku, platform edukasi online, membantu anak bangsa untuk memiliki sertifikasi kompetensi profesi yang sangat berguna untuk bersaing di era global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *