Pada saat ini mempelajari mengenai analisa fundamental saham merupakan hal yang penting. Bukan hanya dibutuhkan di perusahaan yang bergerak di industri pasar modal, tapi juga perusahaan-perusahaan industri keuangan.

Tuntutan perkembangan industri keuangan menuntut para pelaku keuangan untuk mengerti mengenai hal ini juga. Sehingga mempelajari mengenai fundamental analisis dalam saham melalui pelatihan khusus sangat disarankan.

 

Lihat Juga : “Mempersiapkan Diri Menjadi Seorang Analis Professional”

Materi Penting Saat Belajar Analisa Fundamental Saham

Materi Penting Saat Belajar Analisa Fundamental Saham

Bagi kamu yang berkecimpung di dunia keuangan, saat ini bukan hanya perlu punya pengetahuan mengenai terkait masalah keuangan saja, tapi juga perlu pengetahuan tentang saham dan pasar modal. Paling tidak memiliki pengetahuan dasarnya.

Beberapa materi dasar analisa fundamental saham yang bisa kamu pelajari sehingga dapat memenuhi standar BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi), adalah sebagai berikut:

  • Pengertian Dasar Mengenai Capital Market

Sangat penting untuk memiliki pengetahuan dasar mengenai apa itu pasar modal, bagaimana konsep, pengetahuan efek, saham, serta berbagai hal penting lainnya, termasuk mengenai apa saja instrumen pasar modal.

  • Economic Analysis

Dalam materi ini, kamu akan mempelajari mengenai beberapa variabel penting mengenai ekonomi, seperti inflasi, suku bunga, saham, obligasi, reksadana, investasi  pasar modal, serta apa yang dimaksud pasar modal.

Semua instrumen yang mempengaruhi pergerakan investasi, baik saham maupun obligasi dalam pasar modal akan menjadi hal penting dan fokus dalam pembelajaran ini.

  • Financial Behaviour

Di era modern saat ini, kamu perlu memahami mengenai pentingnya investasi. Pengambilan keputusan untuk berinvestasi akan sangat dipengaruhi oleh psikologi seseorang. 

Bukan hanya keputusan berinvestasi, kebiasaan keuangan seseorang juga akan mempengaruhi kenaikan serta penurunan instrumen investasi. Ambil contoh saja saham yang harganya bisa dianalisa dengan analisa fundamental saham.

  • Fixed Income Analysis

Bukan hanya mempelajari instrumen penting dalam bursa saham saja, tapi ketika kamu belajar atau mengikuti pelatihan mengenai analisis fundamental, juga perlu mengetahui analisa fundamental adalah mempelajari berbagai aspek keuangan.

Termasuk mengenai berbagai jenis hutang, seperti berdasarkan jangkanya. Ini penting untuk dipelajari sebab hutang juga berpengaruh pada investasi. Apalagi peran pasar modal terhadap hutang juga sangat besar.

Baca Juga :

“Prospek Kerja Profesi Pasar Modal Analisa Fundamental Saham”

  • Code of Ethic and Regulation

Mengikuti pelatihan atau kursus bukan hanya memberikan kamu pengetahuan mengenai bagaimana mengerti mengenai pekerjaanya, tapi juga mengenai kode etiknya.

Sebab ada pedoman etika dan peraturan dalam setiap profesi, termasuk jika kamu memilih menjadi analis. Dengan pelatihan sertifikasi, kamu akan tahu apa yang boleh dilakukan dan hal-hal terlarang.

  • Fundamental Analysis

Hal paling penting adalah kamu bisa mempelajari mengenai pengertian, konsep, manfaat, prinsip, aspek, instrumen atau tools investasi, serta bagaimana cara membaca fundamental saham.

Memahami rasio dalam laporan keuangan sehingga dapat mengambil keputusan dari suatu emiten apakah memiliki fundamental yang baik atau sebaliknya. Inilah rahasia analisis fundamental saham agar menghasilkan investasi sukses.

  • Equity Analysis

Memiliki kemampuan menganalisa yang kuat dan akurat terhadap suatu saham menjadi hal penting setelah kamu mengikuti pelatihan. Dengan demikian dapat mengambil keputusan investasi yang tepat.

Karena sebenarnya tujuan investasi adalah meraih keuntungan dengan perhitungan matang dan akurat. Memanfaatkan dari berbagai aspek fundamental dari perusahaan atau individu pelaku keuangan.

  • Technical Analysis

Dalam belajar analisa saham bukan hanya perlu memahami mengenai analisa fundamentalnya saja, tapi juga dari segi teknikal juga penting. Oleh sebab itu dalam materi dasar pelatihan materi mengenai teknikal analisis tidak boleh ketinggalan.

Dengan mempelajari 8 aspek di atas, maka kamu akan bisa menguasai analisis fundamental sehingga memiliki sertifikasi pasar modal sebagai analis. Melihat kondisi pasar modal di era new normal, para investor wajib bisa menggunakan momen ini untuk  memperoleh sedikit cuan dari naik turunnya pasar. 

Jika kamu tertarik untuk kuasai skill analisa fundamental saham, detail materi yang akan kamu pelajari bisa dilihat di website Sertifikasiku. Merupakan lembaga pelatihan yang tepat bagi kamu jika tengah mencari basic skill sertifikasi saham. Salah satunya adalah Sertifikasi Regular Securities Analyst (RSA) atau analis efek madya. 

Sertifikasiku juga menyediakan pelatihan analis efek utama atau Sertifikasi Certified Securities Analyst (CSA) yang merupakan skema pelatihan level senior analis efek, tentunya bersama pengajar berpengalaman. Info lengkapnya bisa klik disini.

Banyak materi yang akan diberikan, mulai dari hal-hal dasar, instrumen, hingga bagaimana penerapan dalam melakukan analisis efek. Sehingga kamu dapat menggunakan analisa fundamental saham untuk kebutuhan perusahaan atau pribadi.

Share This Article
admin
About Author

admin

2 Comments

    […] Baca Juga : Yang Akan Kamu Pelajari di Kelas Analisa Fundamental Saham […]

    […] dunia capital market, khususnya di Indonesia. Mulai dari regulasi yang berlaku, cara bertransaksi, belajar analisa saham, etika, dan lain […]

Comments are closed.