Wawancara atau interview kerja bahasa Inggris sering kali dianggap menakutkan bagi sebagian orang. Selain takut salah memahami pertanyaan, ada pula yang tidak tahu harus menjawab seperti apa.

Interview dalam bahasa Inggris umumnya diberikan oleh perusahaan multinasional yang mengharuskan pelamarnya mampu berbahasa Inggris. Hal ini berfungsi untuk menguji kemampuan berbicara sang pelamar.

Baca Juga : “Cara Mengembangkan Potensi Diri Dalam Karir

5 Contoh Pertanyaan dan Jawaban Interview Kerja dalam Bahasa Inggris

Interview menggunakan bahasa Inggris memang tidak semudah berbincang bersama teman sendiri. Perbedaan bahasa saat proses wawancara menjadi salah satu faktor turunnya rasa percaya diri.

Padahal, selama kamu telah mempersiapkan diri dengan maksimal, bahasa bukanlah kendala. Salah satu solusinya adalah menyiapkan daftar kemungkinan pertanyaan dan jawaban interview kerja dalam bahasa Inggris. Berikut ini 5 contohnya:

1. Tell me something about yourself.

Terjemahan: Tolong ceritakan tentang diri Anda.

Maksud utama dari pertanyaan jenis ini adalah untuk meminta pelamar memperkenalkan diri. Tidak perlu memberi informasi personal, cukup jelaskan profil dan latar belakang kamu secara singkat.

Contoh jawaban:

My name is Budi, a fresh graduate of Chemical Engineering from Universitas X. I’ve been working as a research assistant in my university’s laboratory for a year.

I have comprehensive knowledge of practical chemistry. I am a passionate and hardworking scientist who is looking forward to practicing all the things I learned in university.

2. Why did you decided to apply for this position?

Terjemahan: Mengapa Anda melamar untuk posisi ini?

Pewawancara menanyakan ini saat wawancara dalam bahasa Inggris untuk menguji keseriusan pelamar. Untuk menjawabnya, yakinkan HRD bahwa kamu memang serius serta jelaskan kontribusi apa yang akan diberikan untuk perusahaan.

Contoh jawaban:

I’m really passionate about graphic design. I’ve been interested in this company for a while and I’ve always wanted to be a graphic designer.

I’ve read the required skills and they match well with the skills I have. Therefore, I believe I can be a valuable asset to this company.

3. What are your strengths and weaknesses?

Terjemahan: Apa saja kelebihan dan kekurangan Anda?

Untuk pertanyaan seperti ini, cukup beri jawaban jujur yang realistis dan meyakinkan. Deskripsikan kelebihan kamu melalui contoh dari pengalaman sebelumnya. Selanjutnya, yakinkan perusahaan bahwa kamu bisa mengatasi kelemahan yang dimiliki.

Contoh jawaban:

One of my strengths is I am an adaptive fast learner. I can do self learning as long as I have the required materials.

One of my weaknesses is I am a deadliner. But I can overcome this by making a checklist and work agenda to make sure I finish my jobs on time.

4. How much salary do you expect?

Terjemahan: Berapa besar gaji yang Anda harapkan?

Pertanyaan ini cukup sulit untuk dijawab, khususnya oleh pelamar pemula. Sebaiknya, lakukan riset terkait gaji di posisi tersebut terlebih dahulu. Jika belum, kamu bisa menyerahkannya sesuai standar perusahaan.

Contoh jawaban:

According to my skills and the current average wage standard, my salary expectation is around Rp3.000.000 per month. But it can be adjusted with the company’s standard.

5. Do you have any questions about this position?

Terjemahan: Apakah ada pertanyaan terkait posisi ini?

Saat wawancara dalam bahasa Inggris, umumnya ada yang menganggap ini ditanyakan sebagai basa-basi, padahal ini merupakan pertanyaan jebakan. Dari sini, pewawancara akan menilai antusiasme kamu terhadap posisi yang dilamar.

Contoh jawaban:

• Can you tell me examples of projects that I’d be working on? (Bisakah Anda memberi contoh proyek yang akan saya kerjakan?)

• What are the ideal skills and experiences you’re looking for to fill this position? (Apa saja kemampuan dan pengalaman ideal yang dibutuhkan untuk posisi ini?)

• What are the main challenges that someone in this position would face? (Apa saja tantangan utama yang akan dihadapi pada posisi ini?)

Daftar pertanyaan dan opsi jawaban di atas adalah beberapa yang paling sering muncul saat interview kerja berbahasa Inggris. Jangan lupa untuk mempelajari dan mengembangkannya menggunakan kosa kata kamu sendiri.

Bagi kalian yang sedang di tahap rekrutmen kerja dan membutuhkan tips-tips dari interview kerja hingga cara melamar kerja yang benar, kamu bisa dapatkan tambahan bacaan di E-Book Gratis dari Sertifikasiku! Yuk sob download disini untuk informasi lebih lengkapnya 🙂

Share This Article
Sertifikasiku
About Author

Sertifikasiku

Sertifikasiku, platform edukasi online, membantu anak bangsa untuk memiliki sertifikasi kompetensi profesi yang sangat berguna untuk bersaing di era global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *