Analisa fundamental saham adalah cara agar kamu dapat mengetahui kinerja keuangan suatu perusahaan. Prospek bisnisnya juga apakah stock perusahaan tersebut layak untuk dibeli atau tidak. Dengan mengetahui hal tersebut, maka kamu bisa memilih jenis saham jangka panjang dengan tepat.

Belajar fundamental saham memang penting sebelum bergabung ke dunia trading, terlebih lagi jika kamu berencana untuk membelinya jangka panjang. Pemilihan emiten harus dilakukan dengan tepat, agar tidak ada peluang kerugian yang terjadi.

Harus berhati-hati dalam memilih saham investasi jangka panjang, tidak semua bentuk penyertaan modal memiliki posisi stabil sehingga bisa dijadikan sebagai aset. Berikut ini kami akan memberikan berbagai tips.

Lihat Juga : Mengenal Rasio Dalam Analisa Fundamental ft Arysil Hendra”

Memilih Saham Jangka Panjang dengan Analisa Fundamental Saham 

Memilih Saham Jangka Panjang dengan Analisa Fundamental Saham 

Jenis saham jangka panjang cukup beragam, mulai dari emas, properti, blue chip, reksa dana atau tabungan berjangka. Salah satu cara untuk menilai suatu aset dapat bertahan dalam waktu jangka panjang adalah, memastikan bahwa nilai tersebut bisa stabil.

  1. Konsistensi Laba

Tips dalam memilih saham yang cocok untuk jangka panjang yaitu memiliki laba yang konsisten. Jika suatu perusahaan memiliki ciri tersebut, maka dapat dikatakan bahwa perusahaan memiliki sisi finansial yang cukup stabil.

Cara memilih saham yang baik apabila laba bersih memiliki kenaikan yang stabil, atau setidaknya tidak turun secara drastis.

  1. ROE Tinggi

ROE atau Return on Equity merupakan tingkat pengembalian investasi, dimana ROE sendiri menjadi indikator yang mendasar dalam analisis fundamental. Untuk mencari saham yang bagus untuk jangka panjang, maka kamu bisa menghitungnya dengan ROE.

Cara memilih saham berikut ini akan memperlihatkan, berapa kisaran keuntungan bersih yang perusahaan dapatkan dalam jangka waktu tertentu.

  1. Kapitalisasi Pasar Besar

Saham jangka panjang juga harus memiliki tingkat kapitalisasi pasar besar, maksudnya seperti jika kamu membeli saham lapis satu atau lapis dua dengan nilai kapitalisasi lebih dari 500 miliar. 

Saat ini ada banyak ragam jenis investasi millennial, dengan nilai kapitalisasi besar yang bisa menguntungkan kamu dalam jangka panjang.

  1. Pergerakan Wajar

Saat mengikuti pelatihan pasar modal, kamu akan mengetahui bahwa stock yang pergerakannya stabil, pasti bisa membawa keuntungan bagi investor.

Investasi saham jangka panjang yang aman untuk kamu, tentu memiliki pergerakan wajar yang tidak terlalu drastis saat mengalami kenaikan maupun penurunan.

Mendapatkan Sertifikasi Pasar Modal untuk Mengukur Kompetensi

Investasi jangka panjang memang menjadi pilihan bagi banyak orang, terlebih lagi kini saham sudah menjadi uang digital yang hampir dimiliki oleh semua orang.

Penting bagi kamu untuk mempelajari analisa fundamental saham, sehingga dengan mengetahui kinerja keuangan perusahaan, maka investor bisa lebih berhati-hati dalam menanamkan modal.

Temukan saham yang bagus untuk jangka panjang, agar bisa kamu simpan dalam waktu lama, dan terus meningkatkan keuntungan. Pastikan bahwa nilainya stabil, agar tidak membawa kerugian bagi investor di masa mendatang.

Penting bagi investor untuk memiliki sertifikasi saham, karena dengan begitu akan lebih mudah bagi kamu dalam mengelola saham. Untuk bisa mendapatkan sertifikasi pasar modal, investor maupun calon investor harus mengikuti pelatihan atau kelas online yang akan menambah ilmu pasar modal. 

Sertifikasiku sebagai lembaga pelatihan menyediakan program sertifikasi kompetensi pasar modal dimana kami akan mengajak calon investor dalam mempelajari lebih dalam analisa fundamental saham dan juga analisa teknikal saham.

Kemudian bagaimana cara membaca fundamental saham, agar investor bisa mengetahui strategi yang tepat dalam memilih saham emiten dan sebagainya. Tidak hanya mengajarkan bagaimana mengelola investasi millennial, namun Sertifikasiku juga membuka kelas dengan berbagai ilmu pengetahuan lainnya yang dapat kamu ikuti.

Sertifikasi Kompetensi Pasar Modal di Sertifikasiku

Yuk ikuti Sertifikasi Kompetensi Regular Securities Analyst (RSA®) untuk mempelajari dan memahami tentang Instrumen-instrumen pasar modal, memahami pekerjaan sebagai peran profesi analis (Junior Analis) di industri pasar modal, dan dapat melakukan Analis Efek untuk keperluan perusahaan maupun pribadi sebagai Investor.

Mengikuti pelatihan sertifikasi memang terbukti dapat meningkatkan skill, terlebih lagi bagi kamu yang hendak melamar pekerjaan. Untuk level lanjut dari Sertifikasi Analis Efek, kami juga menyediakan Sertifikasi Kompetensi Certified Securities Analyst (CSA). Kompetensi sebagai Analis Efek yang Profesional sangat dibutuhkan bukan hanya oleh perusahaan di industri pasar modal tetapi juga industri keuangan.

Bergabung dengan Sertifikasiku.com saat ini juga dan dapatkan penawaran terbaik, agar kamu bisa lebih memahami bagaimana mengaplikasikan langsung analisa fundamental saham di dunia pasar modal.

Share This Article
Sertifikasiku
About Author

Sertifikasiku

Sertifikasiku, platform edukasi online, membantu anak bangsa untuk memiliki sertifikasi kompetensi profesi yang sangat berguna untuk bersaing di era global.

4 Comments

    […] Baca Juga : Tips Memilih Saham Jangka Panjang Bagi Pemula […]

    […] Baca lebih lanjut: Tips Memilih Saham Jangka Panjang Bagi Pemula […]

    […] Baca Juga : “Tips Memilih Saham Jangka Panjang Bagi Pemula” […]

    […] Baca Juga : “Tips Memilih Saham Jangka Panjang Bagi Pemula” […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *