Panduan cara membuat CV yang menarik dan tips membuat CV sangat penting diketahui oleh pencari kerja. Curriculum Vitae termasuk sebagai berkas krusial untuk identitas kamu. Tidak lain membuktikan diri supaya dianggap capable terhadap perusahaan.

Nantinya CV mampu menjadi pertimbangan khusus bagi setia pelamar tentang posisi. Di dalamnya terdapat ringkasan karir sampai kualifikasi pelamarnya. Begitu juga dengan pendidikan yang telah dimiliki atau dijalani sebelumnya.

Pembuatan CV ini dikatakan banyak panduan atau prosedurnya. Apalagi dengan adanya bantuan aplikasi maupun layanan online gratis lainnya. Meski begitu lebih disarankan mengikuti suatu tips mendukung sampai terlirik HRD.

Baca Juga : “10 Top Skill Kerja Yang Dibutuhkan Sampai Tahun 2025”

Cara Membuat CV yang Menarik Agar Diterima HRD

Tips Membuat CV yang Menarik Agar Diterima HRD

Pembuatan Curriculum Vitae memang sulit dilakukan kalau tidak mengetahui cara terbaiknya. Tapi jika mengetahui cara membuat curriculum vitae yang menarik tepat bisa meningkatkan kualitas berkas tersebut. Tentu mendukung menonjolkan kelebihan sehingga berpotensi diterima.

1. Awali dengan Kekuatan atau Kelebihan

Panduan pertama dalam cara membuat CV adalah selalu awali kekuatan atau kelebihan. Penting untuk menambahkan ringkasan khusus mengenai skill dan prestasi. Hal ini akurat untuk menarik perhatian terutama seorang HRD.

Pastinya bisa kita masukkan cerita dalam diri sendiri tapi sesungguhnya. Jadi, kalimat tepat sekaligus akurat dapat menjadi kelebihan tepat. Jangan sampai mengada-ada atau terdapat kesan seperti melebihkan tanpa kenyataan.

2. Menekankan Hasil

Menekankan hasil dalam CV yang menarik HRD dapat menjadi poin bagus lainnya. Umumnya banyak orang memberi informasi mengenai tanggung jawab pada pekerjaan sebelumnya. Tentu dengan maksud supaya terlihat banyak pengalaman.

Padahal ada baiknya dibanding pekerjaan, menambahkan hasil untuk perusahaan sebelumnya. Misalnya telah berhasil meningkatkan marketing menjadi 50%. Termasuk dengan result lainnya pemberi dampak positif pada perusahaan.

3. Sesuaikan Posisinya

Untuk pemilihan skills dalam CV pastinya penting agar menyesuaikan posisinya. Dalam setiap lowongan telah terdapat informasi mengenai suatu posisi kosong. Tentu dilengkapi tantangan pekerjaan sampai kualifikasi pada posisinya.

Kamu dapat menghubungkan setiap pencapaian pada posisi yang sedang diincar. Kandidat dengan kemampuan ini menjamin betul dapat segera diterima. Bahkan mampu menunjukkan kalau kamu memang menonjol dan pantas ada di posisi bidang kerja tersebut.

Lihat Juga : Apa itu Sertifikasi Kompetensi dan seberapa penting Sertifikasi Kompetensi?

Cara Membuat CV yang Menarik Agar Diterima HRD

4. Menonjolkan Perubahan dan Perkembangan

Selanjutnya pastikan untuk menonjolkan perubahan dan perkembangan pada cara membuat CV. Kamu harus berfokus untuk menyampaikan perkembangan skill dalam diri sendiri. Penting menunjukkan bagaimana kamu telah tumbuh dalam peran di bidang tersebut.

Sebenarnya dapat memberi penjabaran kalau kamu banyak belajar dari posisi sebelumnya. Tentu mampu menciptakan individu dengan komitmen menarik. Selain itu membuktikan kalau ingin terus belajar sekaligus meluaskan kemampuan.

5. Tips Membuat CV dalam Menunjukkan Relasi

Jangan lupa agar menunjukkan banyak relasi pada curriculum vitae kamu. Langkah satu ini terbilang efektif untuk membuktikan memiliki banyak koneksi. Tentu memudahkan untuk mencari hubungan pada berbagai kalangan penting.

Hal ini ternyata termasuk sebagai skills dalam CV paling dibutuhkan dan dicari HRD. Misalnya dengan memperlihatkan kamu punya kemampuan komunikasi. Perusahaan selalu menghargai sehingga peluang diterima kerja begitu tinggi.

6. Perlihatkan Wawasan

Terakhir, wajib bagi kamu memperlihatkan wawasan berkaitan dengan industri. Wawasan pada perusahaan harus mampu melihat detail agar dianggap menarik. Tapi harus memastikan mengikuti tren atau isu terbaru pada industrinya.

Dalam pembuatan CV yang menarik HRD, pastikan untuk memperhatikan trik lainnya. Misalnya pemakaian kata-kata kuat karena dapat membantu kalimat di dalamnya. Konotasi harus kuat sambil memberi implementasi sekaligus pencapaian.

Pastinya akan ada baiknya jika hal-hal diatas dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan karir terbaik. Dapat secara ampuh mampu membuat kesan serta gambaran menarik. Artinya dapat segera menerima pekerjaan maupun karir impian.

Perhatikan juga menghindari pemakaian template maupun informasi palsu. Begitu juga penyampaian pertanyaan terlalu panjang dan melebihi normalnya. Jadi, terjamin membantu sebagai cara membuat CV yang menarik berkualitas.

Untuk tips-tips membuat cv lainnya bisa kamu pelajari di E-Book gratis dari Sertifikasiku. Bukan cuman bahas CV, kamu bisa belajar gimana cara mempersiapkan karir lainnya seperti tips membuat portofolio sampai cara mengirim lamaran pekerjaan.

Download Ebook Career Preparation:101 dari SertifikasiKu, GRATIS!!! Kamu bisa download disini ya sob!

Share This Article
Sertifikasiku
About Author

Sertifikasiku

Sertifikasiku, platform edukasi online, membantu anak bangsa untuk memiliki sertifikasi kompetensi profesi yang sangat berguna untuk bersaing di era global.

2 Comments

    […] Baca Juga : “Tips Membuat CV Agar Dilirik HRD” […]

    […] sangat dipengaruhi dengan kemampuan untuk cara membuat CV ATS friendly. Jadi, kualifikasi perusahaan harus dicatat dan diperhatikan secara lengkap. Baru bisa […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *