Tips membuat copywriting merupakan hal yang sekarang banyak dicari. Pencarian terkait hal ini sebenarnya merupakan sesuatu yang cukup unik. Itu karena, teknik copywriting sendiri sering dianggap sebagai sesuatu yang tidak perlu dipelajari padahal cukup banyak juga yang harus diperhatikan loh sob.

Namun sekarang, kesadaran masyarakat terutama pemilik UMKM terhadap copywriting terus mengalami peningkatan. Ini terlihat jelas dengan banyaknya pelatihan copywriting dan jumlah orang yang mengikutinya juga tidak mengalami penurunan.

Kamu pasti termasuk dalam orang yang ingin mempelajari hal ini. Namun kesulitan memang sering terasa ketika mempelajarinya. Hal tersebut tidak perlu dibingungkan karena mempelajari sesuatu pasti terasa lebih sulit ketika dilakukan di awal.

Baca Juga : “Manfaat Mengikuti Sertifikasi Digital Marketing”

Teknik Copywriting yang Bisa Dicoba Pemula

Teknik Copywriting yang Bisa Dicoba Pemula

Jika kamu belum mengetahui tips membuat copywriting untuk bisnis, nah kamu sudah berada di tempat yang tepat. Pada kesempatan kali ini, akan dijelaskan lebih lanjut mengenai beberapa cara yang bisa diterapkan pemula.

Perlu diketahui, cara ini sendiri memang terbukti efektif. Itu karena, jumlah orang yang mencobanya sangat banyak dan hasil yang didapat cukup memuaskan. Oleh karena itu, langsung saja berikut beberapa tipsnya.

1. Manfaat

Tips membuat copywriting pertama berhubungan dengan manfaat. Perlu diingat, copywriting bukan ulasan deskriptif mengenai suatu hal. Pada copywriting, poin utama yang harus diperhatikan adalah apa yang diinginkan target pasar.

Oleh karena itu, kamu tidak perlu menjabarkan setiap informasi usaha secara detail. Cukup jabarkan hal-hal yang bermanfaat bagi konsumen atau hal-hal yang bisa menarik perhatian mereka. Nantinya ini membuat copywriting yang dibuat menjadi lebih efektif.

2. Spesifik

Tips membuat copywriting selanjutnya berhubungan dengan kesan spesifik. Kamu tidak perlu membuat copywriting yang menggeneralisasi sesuatu. Sebagai contoh misal tulisan ingin menjelaskan kalau ada banyak orang yang sudah mencoba suatu produk.

Kata “Banyak orang sudah mencoba produk ini” bukan pilihan tepat. Jauh lebih pas jika menggunakan kata “Puluhan ribu orang sudah mencoba produk ini”. Disini kata puluhan ribu jauh lebih spesifik dibanding banyak.

Lihat Juga : “Ini alasan Digital Marketing jadi profesi yang menjanjikan di masa depan

3. Emosi

Copywriting tidak bisa hanya berisi informasi. Nantinya apa yang ditampilkan juga harus bisa memikat emosi dari pembaca. Ini akan berefek apakah tulisan yang dibuat hanya akan lewat di beranda atau bertahan dalam ingatan konsumen dalam waktu lama.

Itu karena, copywriting yang mengandung emosi pasti bertahan lebih lama. Sebenarnya keberadaan emosi ini bukan hanya supaya tulisan tersebut diingat lebih lama. Ini juga berguna supaya konten yang dibuat tampak lebih persuasif.

4. Teknik Copywriting “Word of Mouth” (Testimoni)

Tips membuat copywriting berikutnya berkaitan dengan konsep word of mouth. Sekarang coba bandingkan antara produk yang direkomendasikan orang lain dan produk yang benar-benar baru. Kamu pasti memilih produk yang direkomendasikan.

Disinilah copywriting memegang peran yang sangat penting. Dengan adanya word of mouth, kepercayaan konsumen akan meningkat pesat. Oleh karena itu, penting untuk mencantumkan ulasan positif orang lain ketika membuat copywriting dalam sebuah konten.

5. Efek Persuasif

Mengecek efektivitas copywriting yang dibuat bukanlah perkara sulit. Untuk mengeceknya, kamu bisa coba baca berulang kali tulisan tersebut. Rasakan apakah copywriting yang dibuat memang menimbulkan efek persuasif atau tidak.

Jika kamu merasa kalau efek persuasifnya sudah terasa, copywriting tersebut layak dipublikasikan. Namun jika kamu merasa kalau efek persuasifnya kurang, jauh lebih tepat jika melakukan modifikasi. Dengan cara ini, efektivitas tulisan yang dibuat akan terjaga.

Jika kamu masih kesulitan dalam membuat copywriting, kamu bisa mulai belajar di kelas digital marketing. Nantinya kamu akan diajarkan teknik copywriting yang baik dan sesuai yang diinginkan dan memberikan catatan-catatan penting.

Sobat sertifikasiku, mana nih yang mau jadi Digital Marketers? Yuk Merapat! Pas banget kamu wajib tau tips membuat copywriting yang baik dalam profesi digital marketing saat ini.

Selain copywriting, dengan belajar ilmu digital marketing kamu juga bisa belajar content writing maupun strategi digital marketing lainnya. Nantinya content writing yang dibuat bisa menjadi penjelas dari copywriting yang sudah ditawarkan pada konsumen.

Yuk cek informasi lengkap nya di website Sertifikasiku.com 😀

Share This Article
Sertifikasiku
About Author

Sertifikasiku

Sertifikasiku, platform edukasi online, membantu anak bangsa untuk memiliki sertifikasi kompetensi profesi yang sangat berguna untuk bersaing di era global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *