Sumber Daya Manusia

Tantangan yang Dihadapi dalam Pekerjaan HRD di Era Saat Ini

Tantangan yang Dihadapi dalam Pekerjaan HRD di Era Saat Ini

Salah satu bagian perusahaan yang menjadi sektor penting adalah bidang pekerjaan HRD. Tantangan bagian ini sangat beragam dan senantiasa mengalami perubahan. Tingkat kesulitannya memang tinggi sehingga menjadi tantangan tersendiri.

Pada dasarnya inilah yang membuat sebuah perusahaan semakin kuat, terutama di sektor pengelolaan sumber daya manusia. Jadi, sebagai seorang HR, harus paham apa saja tugas dan tanggung jawab HRD agar bisa menghadapi tantangan di masa depan.

Tonton Juga : Persiapan Karir Menjadi Seorang HR Professional

Tantangan yang Dihadapi dalam Pekerjaan HRD

Tantangan yang Dihadapi dalam Pekerjaan HRD

Salah satu momok penting dalam bekerja sebagai bagian dari human resource adalah jangan merasa terbebani. Jadikan sebagai tantangan sehingga bisa memotivasi diri menyelesaikannya, terutama di era digital yang membuat pekerjaan HR makin sulit. 

Apa saja tantangan pekerjaan HRD dan permasalahan yang kerap muncul, berikut beberapa contohnya:

  • Perubahan Manajemen

Bagian internal perusahaan merupakan bagian penting untuk menjaga sebuah bisnis dapat berjalan dengan baik, kecil atau besar ukuran bisnisnya. Bagian internal mencakup semua sektor dalam perusahaan, termasuk HR.

Apa itu HRD, yaitu sektor yang mengatur dan mengelola sumber daya manusia. HR akan menangani berbagai masalah dalam perusahaan, termasuk apabila terjadi perubahan manajemen.

Perubahan manajemen akan berpengaruh pada bisnis sehingga fungsi HRD sangat dibutuhkan sebagai perantara manajemen dengan karyawan. Tim HR bertugas berkomunikasi dengan semua orang mengenai perubahan manajemen.

  • Hukum dan Peraturan Ketenagakerjaan

Fungsi human resource adalah memastikan bahwa perusahaan melakukan kewajibannya, yaitu menaati hukum, undang-undang, dan peraturan pemerintah. Sebab kepatuhan hukum akan sangat berpengaruh terhadap citra perusahaan.

Dapat dikatakan bahwa human resource adalah bagian penting untuk menjaga citra perusahaan agar selalu baik di masyarakat. Jadi, bagian ini harus senantiasa bekerja keras agar bisa melakukan tugasnya dengan baik.

  • Pelatihan dan Pengembangan Tenaga Kerja

Sebagai perusahaan yang bekerja di bidang bisnis dan mendapatkan keuntungan dari kegiatan tersebut, maka wajib melakukan investasi. Bukan hanya dari segi modal atau proyek saja, tapi juga investasi di segi kualitas karyawan.

Pekerjaan HRD adalah memastikan bahwa perusahaan telah melakukan investasi dengan benar pada kualitas SDM-nya. Tim HR harus bisa melaksanakan pelatihan dan pengembangan karyawan sehingga memperbaiki kinerja operasional.

Oleh sebab itu, paling utama saat perusahaan membuka lowongan kerja HRD perlu mencari tenaga profesional sehingga dapat memenuhi peran tim HR dengan baik.

  • Keberagaman di Tempat Kerja

Sebuah kantor atau tempat kerja akan mempertemukan bermacam individu, dari berbagai gender, usia, juga kepribadian. Perbedaan ini harus dihormati dan menjadi job desc HRD untuk menjembatani perbedaan tersebut.

Karyawan yang menjadi bagian HR akan berperan menciptakan lingkungan dan budaya kerja harmonis. Oleh sebab itu, jika kamu menjadi bagian tim HR, perlu mengikuti pelatihan HRD agar bisa melaksanakan peran tersebut dengan baik.

  • Perkembangan dan Kemajuan IPTEK

Tantangan utama di era digital adalah teknologi, baik pengusaha kecil, menengah, hingga besar harus bisa segera beradaptasi dengan kecanggihan teknologi saat ini. Terutama membiasakan karyawan dengan otomatisasi.

Merangkul inovasi dan mengajak karyawan mempelajari teknologi baru sangat penting. Tugas HRD perusahaan untuk membantu adaptasi tersebut dengan melakukan komunikasi.

Contohnya, perusahaan menerapkan sistem payroll baru, yakni otomatisasi perhitungan gaji dan pengiriman gaji dengan cara transfer. Tim HR bertanggung jawab berkomunikasi dan memberikan pemahaman pada karyawan tentang ini.

 

Melihat tantangan dunia kerja yang makin besar, terutama terhadap tim HR. Sangat penting bagi kamu yang bekerja di bidang ini memiliki sertifikat HRD. Sertifikat tersebut bisa didapatkan melalui pelatihan yang dilakukan oleh lembaga-lembaga berkualitas.

Salah satunya Sertifikasiku yang menyediakan program pelatihan online bagi para karyawan atau calon karyawan. Untuk kamu seorang HRD dan calon HRD bisa mengikuti pelatihan sertifikasi HRD

Sertifikasi Kompetensi Human Resource Officer (HRO) di Sertifikasiku telah sesuai dengan standar Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Bagi kamu yang saat ini sudah berkecimpung di dunia HR atau tertarik pada pekerjaan bidang tersebut, bisa mengambil pelatihan di  Sertifikasiku. Yuk ikuti program sertifikasi khusus untuk pekerjaan HRD seperti Sertifikasi Human Resources Officer (HRO).

Share This Article
admin
About Author

admin