Banyak orang di luar sana merasa kesulitan ketika mencoba strategi pemasaran digital atau digital marketing. Kesulitan ini sebenarnya bisa diwajarkan. Itu karena, pemahaman masyarakat mengenai pemasaran sendiri sangat kurang. Biasanya ini menjadi kendala utama ketika berbisnis.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai penerapannya, akan lebih tepat jika mengulas pengertian digital marketing terlebih dahulu. Digital marketing sendiri sebenarnya cukup sederhana. Ini adalah metode memasarkan produk dengan menggunakan media digital.

Ini berbeda dengan pemasaran produk sebelumnya dimana media non digital sering digunakan. Para ahli digital marketing sendiri biasanya memiliki sertifikasi digital marketing. Tentu sertifikasi tersebut didapat setelah mengikuti masa pelatihan bootcamp.

Baca Juga : “Kursus Digital Marketing Bersertifikat Yang Bisa Kamu Ikuti

Tips Penerapan Digital Marketing dalam Strategi Pemasaran

Tips Penerapan Digital Marketing dalam Strategi Pemasaran

Fungsi dari digital marketing sangatlah banyak. Nantinya bisnis yang dijalankan pasti akan mengalami peningkatan efektivitas. Tentu kamu pasti ingin bisnis yang dijalankan mengalami peningkatan yang baik seperti itu.

Jika pemahaman tentang digital marketing ini masih kurang, kamu sudah berada di tempat yang tepat. Berikut ulasan mengenai digital marketing tersebut secara lebih rinci.

1. Tentukan Goals

Hal pertama yang sangat penting ketika membahas strategi digital marketing adalah goals. Intinya kamu perlu memastikan kalau tujuan digital marketing yang dijalankan sudah jelas. Itu karena, ada beberapa orang yang melakukan digital marketing tanpa target yang pasti.

2. Target Konsumen

Dalam bisnis digital marketing, penting untuk memastikan target konsumen se-spesifik mungkin. Itu karena, dalam digital marketing akan ada penyesuaian terhadap target konsumen tersebut. Jika targetnya tidak jelas, efektivitas digital marketing pasti menurun.

3. Kompetitor

Dalam konsep digital marketing, penting juga untuk memahami setiap kompetitor yang ada. Nantinya kamu perlu menyadari apa kelebihan dan kekurangan kompetitor. Tentu hal ini akan dimanfaatkan agar usaha yang dijalankan bisa ditonjolkan kelebihannya.

4. Fokus kepada Upaya Organik 

Salah satu contoh pemasaran digital adalah dengan memanfaatkan iklan berbayar. Cara tersebut sebenarnya boleh dilakukan. Namun jika kamu masih baru dan modalnya minim, jauh lebih tepat jika fokus pada upaya organik tanpa modal terlebih dahulu.

Lihat Juga : “Berani Shifting Karir ke Digital Marketing

5. Bangun Komunikasi dan Engagement

Jika seseorang bertanya apa yang dimaksud digital marketing, jawaban sederhananya adalah upaya mendekatkan usaha pada konsumen. Oleh karena itu, komunikasi perlu dijalin agar kedekatan ini terjaga. Usaha dengan engagement tinggi juga merupakan nilai tambah.

6. Konten

Dalam upaya menjalankan digital marketing, beberapa orang sering melakukan kesalahan dengan membuat konten ayang tidak bermanfaat. Perlu diketahui, hal tersebut perlu diubah. Buatlah konten yang bermanfaat dan menarik bagi konsumen.

7. Strategi Berbayar Jika Modal Sudah Mencukupi

Salah satu kesalahan dalam digital marketing adalah menggunakan strategi berbayar secara berlebihan. Sebenarnya strategi berbayar ini masih diperbolehkan. Hanya saja ini harus dilakukan apabila modal yang dimiliki sudah cukup.

8. Ukur Performa atau Kinerja

Mengukur performa juga penting dalam digital marketing. Lihat apakah upaya digital marketing yang dilakukan memiliki progres atau tidak. Pengukuran performa ini juga bisa menginformasikan bagian mana yang sebenarnya harus diperbaiki.

9. Konsisten

Kunci utama dalam digital marketing adalah konsistensi. Oleh karena itu, jangan melakukan kesalahan dengan tidak melakukan marketing secara konsisten. Sikap disiplin dan konsisten nantinya akan sangat menunjang dalam upaya yang dilakukan.

Pastikan untuk serius ketika menjalankan digital marketing. Kamu tertarik untuk belajar digital marketing? Jika bingung ketika melakukan praktik sendiri, kamu bisa belajar digital marketing melalui kelas pelatihan sertifikasi sob. Di Sertifikasiku memiliki kelas sertifikasi digital marketing, tentunya kami sudah eksis di bidang ini dalam waktu lama.

Dengan mengikuti sertifikasi digital marketing, kamu pasti merasa terbantu ketika kesulitan menjalankan digital marketing. Bukan hanya itu, nantinya skill kamu juga akan dinyatakan kompeten karena sudah di uji oleh lembaga sertifikasi profesi dibidang digital marketing yang kredibel dan di akui oleh negara.

Dengan mengikuti sertifikasi digital marketing, kamu pasti melihat kalau fungsi digital marketing yang diterapkan bisnis kamu bergerak secara optimal.

Share This Article
Sertifikasiku
About Author

Sertifikasiku

Sertifikasiku, platform edukasi online, membantu anak bangsa untuk memiliki sertifikasi kompetensi profesi yang sangat berguna untuk bersaing di era global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *