Sebuah strategi investasi tentunya diperlukan ketika kamu ingin memulai berinvestasi. Dengan hal tersebut, kamu jadi mengerti bagaimana caranya berinvestasi dengan benar dan mencapai tujuan.

Jika sudah tahu dan mengerti strategi yang tepat, kegiatan ini bisa menjadi penghasilan pasif. Namun bagaimana cara membeli saham yang benar? Lalu bagaimana cara berinvestasi di pasar modal?

Pada kesempatan kali ini, kami akan membantu para investor pemula untuk mengerti mengenai strategi tersebut. Sehingga kamu juga bisa menentukan mana saham yang bagus untuk pemula.

Baca Juga : “Jadi Ahli Investasi Saham Dengan Sertifikasi Pasar Modal”

Strategi Investasi untuk Investor Pemula

Strategi Investasi untuk Investor Pemula

Salah satu alasan mengapa seseorang tidak tertarik atau belum mulai berinvestasi mungkin karena hal ini sulit untuk dimengerti. Bagaimana cara membeli saham bagi pemula?

Dalam artikel ini, kami telah merangkum beberapa hal mengenai investasi saham untuk para pemula. Kami juga melengkapinya dengan beberapa tips investasi saham.

1. Menentukan Tujuan Keuangan

Apa tujuan keuangan kamu? Inilah yang harus dipikirkan dan ditentukan terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa mulai merancang investasi seperti apa yang sesuai dengan tujuan.

Setiap orang mungkin mempunyai tujuan keuangan berbeda-beda. Tidak semua orang memiliki rancangan saham investasi yang sama. Jadi jangan ragu atau khawatir jika rencana kamu berbeda dengan rencana orang lain.

2. Gunakan Portofolio Sebagai Strategi Investasi

Pada portofolio investasi ada penjelasan di mana saja kamu sudah mengalokasikan uang saat berinvestasi. Di dalamnya pula ada bermacam obligasi, reksadana, saham, serta instrumen keuangan yang lain. Bukan cuma itu, portofolio hendak jadi pertimbangan dalam memperhitungkan instrumen investasi yang kamu memiliki.

Dengan menggunakan portofolio investasi, resiko dapat diperkecil dan untung besar bisa didapatkan. Bisa dibilang hal tersebut adalah hal penting dalam dunia pasar modal.

Portofolio harus sesuai dan benar agar mencegah terjadinya risiko kerugian. Ini adalah salah satu strategi terpenting. kamu harus memperhatikan cash flow atau pendapatan yang cukup terlebih dahulu.

Jika belum yakin atau masih ragu, kamu bisa berkonsultasi dengan perencana keuangan. Atau bisa juga mencari seseorang yang sudah memiliki sertifikasi pasar modal.

Lihat Juga : “Strategi Saham Untuk Pemula”

3. Lakukan Investasi

Investasi saham adalah sebuah instrumen keuangan dengan cara menanam modal seseorang atau badan usaha ke dalam suatu perusahaan. Setelah mempunyai portfolio yang baik, kamu bisa langsung melakukan investasi saham ini.

Jika sering atau suka menunda dalam hal berinvestasi, kesempatan besar mungkin bisa lolos. Jadi ikuti saja portfolio yang sudah dibuat dan hindari penundaan dalam hal berinvestasi.

Selain itu, hindari juga sikap mengubah portfolio agar hasil investasi bisa maksimal. Cara investor saham lainnya yang perlu diperhatikan lagi adalah tidak mudah terpengaruh dengan isu atau kabar.

Karena isu yang juga belum tentu benar tersebut dapat membuat kamu jadi bimbang dan akhirnya tidak mengikuti rencana kamu. Jadi pastikan kamu untuk mengikuti portofolio yang sudah dibuat dengan sudah mempertimbangkan resiko.

4. Evaluasi

Langkah strategi investasi saham terakhir adalah dengan melakukan evaluasi secara berkala. Kamu perlu mengevaluasi portfolio yang sudah dibuat, apakah investasinya berhasil, serta hasil dari kegiatan tersebut.

Jika memang merasa ada yang perlu diubah, pastikan bahwa cara penanganannya adalah langkah tepat dan sesuai. Dengan evaluasi ini, kamu bisa mengembangkan kemampuan berinvestasi.

Di atas, kami telah memberikan beberapa strategi dalam berinvestasi agar kamu dapat mengerti mengenai investasi. Sekarang kamu bisa mulai untuk membeli saham dan jual saham dengan strategi yang telah dipelajari.

Investasi memang bukanlah hal mudah untuk dilakukan. Tujuannya juga mungkin tidak langsung kamu capai. Dengan mengetahui minimal basic dari ilmu investasi saham dapat membantu kamu dalam menentukan strategi dalam berinvestasi.

Kamu bisa mengikuti sertifikasi pasar modal di Sertifikasiku.com, kamu bisa belajar ilmu analisa fundamental saham di kelas Regular Securities Analyst (RSA) dan juga analisa teknikal saham di kelas Regular Technical Analyst (RTA). Nah, dengan menerapkan strategi investasi di atas, kamu juga perlahan akan mengerti dan berpengalaman dalam berinvestasi loh sob. 

Share This Article
Sertifikasiku
About Author

Sertifikasiku

Sertifikasiku, platform edukasi online, membantu anak bangsa untuk memiliki sertifikasi kompetensi profesi yang sangat berguna untuk bersaing di era global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *