Dalam sebuah perusahaan, ada beberapa skill dalam pekerjaan HRD yang harus dimiliki oleh anggota divisi SDM. Hal itu berkaitan langsung dengan kinerja karyawan yang nantinya juga akan berdampak pada kemajuan perusahaan.

Seperti yang kita tahu, peran karyawan dalam sebuah perusahaan sangatlah vital sehingga proses perekrutan dan penempatan kerjanya harus dilakukan secara optimal. Dalam proses itulah skill-skill human resources sangat dibutuhkan.

Dengan begitu, karyawan yang sudah dipilih bisa berada pada posisi yang tepat sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Berikut akan kami bahas beberapa skill yang dibutuhkan oleh human resources secara singkat.

Baca Juga : “Tantangan yang Dihadapi dalam Pekerjaan HRD di Era Saat Ini”

Daftar Skill Pekerjaan HRD di Perusahaan

Daftar Skill Pekerjaan HRD di Perusahaan

Dalam menjalankan semua fungsinya, ada beberapa skill penting yang harus dimiliki oleh para anggota SDM atau human resources management. Adapun skill-skill penting tersebut antara lain:

1. Komunikasi

Skill penting human resources yang pertama adalah kemampuan komunikasi yang baik dengan siapa saja di berbagai tingkat jabatan. Selain untuk menjalin hubungan baik, skill ini juga dibutuhkan untuk menggali potensi seseorang.

Cara berkomunikasi dengan para jajaran direksi tentu akan berbeda dengan karyawan atau calon karyawan. Itulah kenapa kita harus bisa menyesuaikan diri menggunakan komunikasi yang tepat.

2. Kemampuan Problem Solving

Skill penting selanjutnya yang dibutuhkan oleh HRD adalah kemampuan untuk memecahkan masalah. Adapun masalah yang dihadapi umumnya berkaitan dengan karyawan atau SDM di perusahaan.

Pada kasus ketidakcocokan karyawan dengan tim yang dibentuk misalkan, seorang human resources bisa membangun komunikasi terbuka pada tim bersangkutan atau menumbuhkan rasa saling memiliki dengan outbond atau sebagainya.

3. Multitasking

Selain kedua skill diatas, skill penting human resources yang harus dikuasai adalah multitasking. Pasalnya, bidang ini akan bekerja sama dengan berbagai divisi di perusahaan yang waktu kerjanya mungkin saja bersamaan.

Sebagai contoh, seorang HRD di satu sisi bertugas untuk melakukan rekrutmen karyawan baru, namun di sisi lain harus siap melakukan PHK pada karyawan yang dirasa kurang kompeten atau merugikan perusahaan.

4. Mengadakan Rekrutmen

Proses rekrutmen merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki seorang HRD di suatu perusahaan. Human resources harus bisa menyeleksi calon karyawan terbaik melalui beberapa tahapan.

Human resources bertanggung jawab mengelola surat lamaran yang masuk, menyeleksinya, menjalankan tes pendukung, hingga melakukan wawancara. Skill penting human resources ini sangat berguna untuk menghasilkan rekrutan terbaik.

5. Menguasai Teknologi Digital

Di era yang lebih modern seperti saat ini, peran digital juga sangat dirasakan di bidang human resources. Beberapa di antaranya adalah proses penilaian kinerja, proses pengawasan, hingga rekrutmen.

Pada proses rekrutmen misalkan, seorang HRD terkadang bisa menilai karakter kandidat dari postingannya di media sosial. Selain itu, penggunaan tools HRM juga sangat membantu manajemen SDM di perusahaan.

6. Adaptasi

Skill penting HRD yang terakhir adalah kemampuan untuk beradaptasi. Adaptasi di sini lebih kepada proses pendekatan pada karyawan dengan usia yang berbeda-beda.

Seperti kita tahu, terkadang perusahaan ada pada kondisi karyawannya didominasi oleh mereka yang berusia tua sehingga memunculkan gap dengan karyawan usia muda atau sebaliknya. Untuk itu, HR harus bisa beradaptasi dan menciptakan lingkungan yang kondusif.

Keberhasilan perusahaan dalam merekrut karyawan yang kompeten tidak terlepas dari peran human resources di dalamnya. Untuk itu, pastikan kamu menguasai skill penting human resources diatas jika ingin bergabung ke divisi ini.

Perdalam skill dan kompetensi apa yang harus dipersiapkan untuk mencapai profesi HR sedini mungkin ya sob, biar goals nya maksimal dan jadi HR idaman karyawan dan calon karyawan. Yuk upgrade skill dengan mengikuti kelas pelatihan sertifikasi Human Resource Officer (HRO) yang ada di Sertifikasiku.com. Di kelas ini kamu akan diajari cara pengelolaan administrasi kerja, rekrutmen sampai pengupahan karyawan.

Share This Article
Sertifikasiku
About Author

Sertifikasiku

Sertifikasiku, platform edukasi online, membantu anak bangsa untuk memiliki sertifikasi kompetensi profesi yang sangat berguna untuk bersaing di era global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *