Sumber Daya Manusia

Sertifikasi Human Resources Department yang Wajib Kamu Miliki

Sertifikasi Human Resources Department yang Wajib Kamu Miliki

Di era globalisasi saat ini peran human resources department sangat penting, sehingga sertifikasi human resources sangat diperlukan oleh para pencari kerja atau karyawan di bagian tersebut. Sebab permasalahan yang muncul akibat perkembangan zaman semakin kompleks.

Sebagai karyawan atau calon karyawan jika ingin bekerja di bagian ini sangat penting untuk memiliki sertifikat sesuai standar kompetensi HR perusahaan. Dengan demikian kamu akan mudah mendapatkan pekerjaan atau mempertahankan jenjang karir.

Lalu apa saja HR certification yang wajib dimiliki? Ada beberapa jenis yang sebaiknya kamu miliki sebagai bekal, seperti HRO, PHR dan SPHR. Nah, untuk lebih jelasnya kamu bisa baca informasi berikut ini.

Lihat Juga : Persiapan Karir Menjadi Seorang HR Professional

Beberapa Sertifikasi Human Resources Department Perlu Dimiliki

Beberapa Sertifikasi Human Resources Department Perlu Dimiliki

Pada dasarnya, bekerja sebagai bagian dari HR atau di bagian sumber daya manusia tidak benar-benar harus memiliki sertifikasi. Namun, itu dulu, sekarang perusahaan berusaha mencari karyawan terbaik untuk mengisi posisi ini terutama tenaga profesional.

Salah satu bentuk profesionalitas bisa kamu perlihatkan adalah dengan memiliki sertifikasi human resources, seperti berikut ini:

1.CHRM Profesional

Sertifikasi HR satu ini dibutuhkan jika kamu ingin menjadi profesional manajemen SDM dengan penguasaan teknik dan praktik. Sertifikatnya bukan hanya diakui di Indonesia, tapi secara global.

Fokus utamanya dalam pelatihan adalah mengajarkan strategi membangun dan menjalankan manajemen SDM berstandar internasional. Jika kamu mengikuti sertifikat HRD CHRM akan memiliki kemampuan memadai dalam manajemen SDM.

Bukan hanya berperan sebagai profesional dalam ruang lingkup manajemen SDM, tapi juga memahami lingkup kerja dan dinamikanya. Selain itu, memahami pendekatan-pendekatan baru yang aplikatif.

2.Behaviour Analyst atau CBA

Memiliki sertifikasi hrd ini artinya kamu menguasai kemampuan dalam mengukur perilaku individu. Kemampuan Human Resources Department sangat dibutuhkan dalam manajemen SDM, terutama dari seorang behaviour analyst.

Kamu akan belajar mengenai pemahaman mengenai asesmen perilaku dengan metode DiSC dan BEI (keduanya digunakan untuk memahami perilaku manusia. Jadi, kemampuan ini akan sangat bermanfaat.

3.Human Resources Officer

Sertifikat yang dibutuhkan perusahaan untuk manajemen SDM salah satunya dalah HRO. Mengapa? Sebab menemukan sumber daya manusia berkualitas saat ini sangat sulit. Apalagi di masa-masa jumlah pengangguran meningkat drastis.

Oleh sebab itu, bagian HR harus diisi oleh orang-orang berkualitas sehingga dapat lebih selektif dalam penjaringan karyawan. Jadi tidak heran apabila banyak perusahaan mensyaratkan karyawan bagian SDM harus memiliki sertifikat HR BNSP.

Jadi, sangat penting untuk mengikuti pelatihan HRO, terutama yang memberikan arahan bagaimana pengelolaan administrasi pekerja, pelaksanaan pencarian sumber calon pekerja, dan melakukan administrasi pengupahan.

4.Training of Trainer

Bahkan seorang trainer juga membutuhkan pelatihan TOT agar bisa menjadi fasilitator atau trainer kompeten. Sebab seorang trainer kompeten akan berpengaruh pada orang-orang yang dilatihnya.

Lewat pelatihan ini, kamu bisa menjadi seorang fasilitator kompeten sehingga dapat menyusun metodologi yang baik. Selain itu, dapat memiliki skill komunikasi yang dibutuhkan profesi trainer.

5.CHRS untuk Supervisor HRD

Bagi seorang supervisor sertifikasi sangat penting, terutama untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki dengan mengikuti pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan keterampilan.

Salah satunya adalah mengikuti sertifikasi human resources yang membantu kamu lulus sertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Agar bisa lolos ujian ini tentu tidak mudah.

Salah satu jalannya adalah mengikuti pelatihan profesional yang khusus untuk bisa melewati ujian BNSP ini. Dalam pelatihan CHRS ini, kamu akan difokuskan untuk mempelajari strategi dan perencanaan pengelolaan SDM.

Sudah kewajiban bagi calon karyawan maupun karyawan yang telah bekerja untuk meningkatkan skillnya. Bukan hanya membantu mendapatkan pekerjaan yang bagus, tapi juga mempertahankan jenjang karir.

Salah satu cara meningkatkan keterampilan di bidang HR adalah dengan mengikuti pelatihan Sertifikasi Kompetensi Human Resources Officer (HRO) di Sertifikasiku. Terdapat sertifikasi human resources yang bisa diikuti karyawan maupun calon karyawan. Untuk para trainer dan calon trainer juga bisa mengikuti kelas Sertifikasi ompetensi Training of Trainer (TOT) yang ada di Sertifikasiku.com.

Share This Article
admin
About Author

admin

2 Comments

    Avatar

    Right now it appears like Expression Engine is the preferred blogging platform out there right now.
    (from what I’ve read) Is that what you’re using on your blog?

    Avatar

    Are you writing the articles in your website yourself or you outsource them?

    I am a blogger and having difficulty with content.

    Other bloggers told me I should use an AI content writer, they
    are actually pretty good. Here is a sample article some bloggers shared
    with me. Please let me know what your opinion on it and should I go ahead and
    use AI – https://sites.google.com/view/best-ai-content-writing-tools/home

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *