Pasar Modal

Prospek Kerja Profesi Pasar Modal Analisa Fundamental Saham

Prospek Kerja Profesi Pasar Modal Analisa Fundamental Saham

Analisa fundamental saham dan teknikal saham sebenarnya dapat dilakukan oleh siapa saja jika memang memiliki kemampuan. Biasanya, analisa tersebut juga dilakukan oleh mereka yang tertarik berinvestasi saham.

Kedua jenis analisis tersebut digunakan untuk menelaah kinerja perusahaan dalam mengelola sahamnya. Sehingga nantinya investor dapat menilai apakah saham itu layak diperjualbelikan, baik untuk profit jangka pendek maupun jangka panjang.

Namun analisa fundamental saham adalah proses menelaah dan mempelajari hal – hal yang berhubungan terkait kondisi keuangan suatu perusahaan. Oleh sebab itu, pekerjaan ini membutuhkan pegawai dengan kemampuan dan pelatihan profesional.

Tawaran pekerjaan di bidang pasar modal memang sangat menjanjikan, mengingat banyak perusahaan sektor keuangan membutuhkan seorang analyst.

Lihat Juga : Mempersiapkan Diri Menjadi Seorang Analis Profesional”

Prospek Kerja Profesi Pasar Modal Analisa Fundamental Saham

Profesi Terkait Analisa Fundamental Saham dan Teknikal Saham

Seperti penjelasan sebelumnya, analisis fundamental maupun teknikal ini juga dapat dilakukan oleh beberapa profesi. Profesi tersebut umumnya memang berada di industri pasar modal, sehingga fungsinya sebagai analis efek.

Salah satu contoh perusahaan yang membutuhkan kemampuan tersebut adalah PT. Bursa Efek Indonesia. Karena bergerak pada sektor pasar saham, BEI juga terus mengupdate analisis saham hari ini untuk memudahkan para investor.

Dilansir dari website IDX, gaji di Bursa Efek Indonesia sebagai karyawan bisa mencapai kisaran Rp. 7 – 18 juta ditambah tunjangan. Namun di balik gaji besar itu, pegawai harus mampu bekerja dalam lingkungan kompetitif. 

Selain Bursa Efek Indonesia, banyak sekali perusahan yang membutuhan seoarang Analis Efek, terutama perusahaan di jasa sektor keuangan. Pada umumnya, prospek kerja profesi pasar modal atau analis efek bisa bekerja sebagai berikut. 

  • Research Analyst

Sesuai namanya, research analyst bertugas menganalisis perusahaannya dan saham yang diperdagangkan. Jika kamu tertarik menjadi research analyst, maka harus memiliki latar belakang pemahaman ekonomi serta keuangan yang bagus.

Hal ini dikarenakan, nantinya seorang analis efek harus membuat rekomendasi terkait hasil analisisnya mengenai suatu perusahaan beserta sahamnya.

  • Investment Banker

Analisis saham fundamental juga merupakan tugas dari seorang investment banker, di mana profesi ini terbilang menjanjikan dalam capital market. Tugasnya yaitu membantu perusahaan dalam mendapatkan pendanaan.

Pendanaan tersebut bisa dari capital market maupun private financing. Maka dari itu, jika ingin menjadi Investment Banker, diperlukan Sertifikasi Investment Banking sebagai kompetensi baik jenjang junior maupun madya.

  • Fund Manager

Manajer Investasi berperan memberikan advice bagi para investor dalam mengelola sahamnya. Advice tersebut merupakan hasil riset dari Research Analyst yang kemudian dikelola oleh Fund Manager untuk dijadikan rekomendasi.

Dengan begitu, para investor dapat mempercayakan dana investasinya kepada Fund Manager melalui perusahaan mereka. Sehingga memerlukan sertifikasi saham sebagai kompetensi agar dapat dipercaya untuk melakukan riset serta analisa independen.

Prospek Kerja Profesi Pasar Modal Analisa Fundamental Saham

Pentingnya Mempelajari Analisa Fundamental Saham 

Jika kamu ingin memiliki prospek kerja profesi di pasar modal, maka sertifikat kompetensi sangat dibutuhkan untuk membuktikan kemampuan kamu dalam menganalisis sebuah saham. Mengingat profesi analis efek harus kompeten dalam menangani terkait saham.

Untuk menjaga kualitas serta meningkatkan tenaga kerja profesional, analis efek membutuhkan Sertifikasi Kompetensi RSA. RSA atau Regular Securities Analyst, yaitu sertifikasi kompetensi bagi seluruh calon ataupun Research Analyst pada sektor keuangan.

Sertifikasi Certified Securities Analyst (CSA) merupakan sertifikasi pasar modal kompetensi Analis Efek Utama yang terstandarisasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Jenjang CSA ialah lanjutan ataupun tingkat senior dari Jenjang Regular Securities Analyst (RSA) dan Affiliate Securities Analyst. 

Sertifikasiku menyediakan kelas pelatihan kompetensi RSA (Regular Securities Analyst) dan CSA (Certified Securities Analyst) bagi kamu yang ingin mempelajari ilmu ini. Dengan belajar pasar modal, maka tidak akan kesusahan dalam menjalani profesi sebagai analis efek.

Kunjungi website kami di sertifikasiku.com atau hubungi nomor 0856-5742-0418 untuk info selengkapnya. Segera daftarkan diri kamu untuk mendalami pengetahuan tentang pasar modal dan dapatkan sertifikasi kompetensi, salah satunya yaitu sertifikasi RSA.

Share This Article
admin
About Author

admin

1 Comment

    […] “Prospek Kerja Profesi Pasar Modal Analisa Fundamental Saham” […]

Comments are closed.