Dampak resesi ekonomi global 2023 akan memberikan permasalahan bagi masyarakat Indonesia, bahkan beberapa negara di luar sudah merasakan dampaknya. Oleh sebab itu, kita perlu menyiasati bagaimana menghadapi imbas tersebut.

Banyak yang menjadi penyebab mengapa resesi Indonesia 2023 akan terjadi, misalnya seperti kenaikan suku bunga bank central meningkat, terjadi perang negara, dan lain sebagainya. Semua itu bisa menjadi penyebab pasti akan bencana ekonomi tersebut.

Resesi memang bisa dikatakan sebagai krisis ekonomi. Lalu apa yang dimaksud dengan krisis ekonomi tersebut? Krisis ekonomi biasanya lebih terlihat dari beberapa produk apapun nilainya menjadi lebih tinggi, sedangkan pendapatan tidak dapat mengikutinya.

Dibutuhkan inovasi-inovasi dalam bisnis-mu demi menghadapi terjadinya resesi tersebut. Jadi, cuan harus lebih sering didapatkan oleh masyarakat di tahun mendatang. Arti cuan dalam bisnis sendiri yaitu keuntungan dari usahanya mengumpulkan pundi-pundi uang.

Biasanya cuan tersebut didapatkan melalui cara berinvestasi ke pasar modal secara global. Kamu bisa memilih untuk berinvestasi jangka panjang maupun jangka pendek melalui trading. Akan tetapi, semua itu dibutuhkan analisis yang tepat.

Baca Juga : “Ketahui Jenis-Jenis Risiko Keuangan dan Solusinya”

Salah Satu Penyebab Terjadinya Resesi Indonesia 2023

Salah Satu Penyebab Terjadinya Resesi Ekonomi Global 2023

Memang dampak resesi 2023 tidak jauh-jauh kejadian seperti yang terjadi di masa lalu, khususnya di Indonesia itu sendiri. Namun, beberapa hal juga berhubungan dengan krisis ekonomi dunia, meskipun permasalah bersumber dari satu atau dua negara.

1. Terjadinya Krisis 

Salah satu krisis Indonesia yang membuat negara kita kewalahan yaitu pasca kejadian di tahun 1998 silam. Sejarah ini bisa dikatakan merupakan sejarah paling kelam yang kabarnya sampai ke seluruh dunia.

Banyak negara-negara asing mencabut asetnya dari Indonesia pada krisis 1998 tersebut. Tentunya ada sedikit guncangan terhadap krisis ekonomi dunia. Dari sana dapat diambil garis besarnya menilik dari kejadian di negara lain.

2. Kenaikan Suku Bank Central

Keberadaan bank Central ini sangat penting perannya untuk negara-negara di dunia. Terlebih kebanyakan dari negara di dunia memiliki pinjaman uang terhadap bank Central. Jadi, naiknya suku bunga tersebut akan mempengaruhi pasar modal.

3. Peperangan Antara Dunia Negara

Peperangan beberapa negara yang pernah terjadi sebelumnya sudah pasti memberikan dampak krisis Indonesia. Hal tersebut juga berlaku untuk masa sekarang yang melibat Ukraina berperang menghadapi Rusia.

Minyak sebagai bahan penting bagi keseluruhan dunia mampu memengaruhi bahan-bahan lainnya. Sedangkan Rusia termasuk pemasok bahan minyak tersebut. Jadi, tidak heran apabila perang ini bisa menyebabkan dampak resesi ekonomi 2023.

Lihat Juga : “Prospek Karir Menjadi Analis Efek”

Menghadapi Resesi Indonesia 2023

Menghadapi Resesi Ekonomi Global 2023

Setidaknya masyarakat Indonesia perlu menghadapi terjadinya resesi tersebut, jangan sampai seperti krisis 1998. Dengan begitu di masa depan, masyarakat tetap bisa hidup dengan tenang tanpa harus merasakan kesulitan akan ekonominya sendiri.

Sebelumnya kamu sudah dijelaskan tentang apa yang dimaksud dengan krisis secara singkat, serta arti cuan dalam bisnis. Setidaknya dari sana sudah bisa mendapatkan gambar tentang apa saja yang perlu dilakukan di masa depan.

Pengetahuan-pengetahuan terkait berinvestasi mulai dari sekarang memang harus benar-benar dipelajari demi menghindari resesi ekonomi global 2023 tersebut. Misalnya saja mempelajari bagaimana menanam modal di pasar global.

Salah satunya bisa mengikuti kelas sertifikasi pasar modal di Sertifikasiku.com. Kamu juga bisa mendapatkan sertifikasi pasar modal sebagai bekal nantinya. Sedangkan mencari pengetahuan terkait hal tersebut menjadi dasar penting untuk masyarakat ke depannya.

Dengan adanya sertifikasi pasar modal tersebut menjadi bukti bahwa kamu benar-benar mampu menghadapi permasalahan di pasar global dengan berinvestasi. Jadi, bencana apapun tidak akan berefek kepada kamu walaupun terjadinya resesi Indonesia 2023.

Yuk klik disini untuk informasi pelatihan pasar modal lebih lengkap!

Share This Article
Sertifikasiku
About Author

Sertifikasiku

Sertifikasiku, platform edukasi online, membantu anak bangsa untuk memiliki sertifikasi kompetensi profesi yang sangat berguna untuk bersaing di era global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *