Sebelum memasuki dunia pasar modal sangat penting untuk kamu mengetahui perbedaan trading dan investasi. Masih ada banyak orang yang belum mengetahui perbedaan diantara keduanya.

Tidak sedikit orang yang menganggap jika investasi dan trading adalah hal yang sama padahal sebenarnya kedua hal tersebut jelas sangat berbeda.

Melakukan trading atau investasi pada instrumen pasar modal yang menjanjikan memang bisa menghasilkan keuntungan yang sangat besar. Tidak mengherankan ada banyak sekali orang yang tertarik untuk mencoba mencari keuntungan dari pasar modal yang sangat menggiurkan.

Salah satu hal yang sangat penting untuk kamu ketahui ketika ingin melakukan investasi atau trading pada pasar modal yaitu harus mengerti ilmunya dengan baik. Karena jika kamu melakukannya dengan asal-asalan sangat mungkin kamu akan mengalami kerugian.

Baca Juga : Sejarah dan Alasan Investasi di Pasar Modal Indonesia

Pengertian Tentang Apa Itu Trading ?

Pengertian Tentang Apa Itu Trading ?

Istilah trading banyak sekali digunakan dalam beberapa tahun terakhir dan mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan yang satu ini. Apalagi sempat ada kasus di mana aplikasi trading bodong yang ternyata memberikan banyak sekali kerugian untuk para penggunanya.

Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati ketika ingin menggunakan trading. Pastikan jika kamu menggunakan platform trading terbaik yang sudah mendapatkan izin resmi dari pemerintah atau otoritas terkait.

Untuk mengerti perbedaan antara trading dan juga investasi, kamu harus mengerti terlebih dahulu apa itu trading. Secara sederhana trading dapat diartikan sebagai proses jual beli instrumen pasar modal dalam waktu tertentu dan biasanya sangat cepat.

Tujuan utamanya yaitu untuk mendapatkan keuntungan dari aktivitas jual beli yang dilakukan. Tentu saja, ini membutuhkan kemampuan dan juga pengetahuan yang cukup mengenai instrumen yang diperdagangkan.

Pengertian Apa Itu Investasi ?

Pengertian Apa Itu Investasi ?

Mungkin saja kamu sudah tidak asing lagi dengan kata kata investasi. Sekarang ini banyak sekali anak muda yang sudah tertarik untuk melakukan investasi.

Lalu sebenarnya apa itu investasi? Investasi yaitu kegiatan yang dilakukan untuk menanamkan modal atau aset berharga lainnya terhadap sebuah perusahaan dan lain sebagainya dengan harapan Untuk mendapatkan keuntungan pada jangka waktu tertentu.

Tentu saja ada berbagai macam hal yang harus dipertimbangkan dengan baik sebelum melakukan investasi. Karena mungkin saja, jika kamu menempatkan model pada pihak yang tidak tepat akan mendapatkan kerugian.

Lihat Juga : “Mahasiwa Investasi Saham? Kenapa Engga?”

Perbedaan Trading dan Investasi 

Perbedaan Trading dan Investasi 

Investasi dan trading adalah dua hal yang berbeda, Walaupun mungkin bagi orang awam menganggap bahwa keduanya adalah hal yang sama. Berikut beberapa perbedaan antara cara investasi dengan trading.

1. Tujuan

Perbedaan yang pertama yaitu mengenai tujuan melakukan trading dan juga investasi. Tujuan dari melakukan trading yaitu adalah mendapatkan keuntungan dari aktivitas jual beli yang dilakukan.

Sementara itu, investasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk menahan sebuah aset tertentu supaya nantinya bisa menghasilkan keuntungan. Karena keuntungan yang didapatkan dari investasi merupakan kenaikan dari harga aset yang sebelumnya dibeli.

2. Jangka waktu

Jika dilihat dari jangka waktunya, trading dan investasi juga berbeda. Aktivitas trading bisa dilakukan dengan sangat cepat bahkan di bawah waktu 1 menit.

Sementara itu, investasi biasanya dilakukan dalam jangka waktu yang sangat lama. Beberapa orang menahan asetnya hingga puluhan tahun sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

3. Manfaat yang dirasakan

Jika dilihat dari manfaat yang didapat, keduanya juga berbeda. Investor bisa saja menerima bonus, deviden, pemecahan saham dan lain sebagainya. Sedangkan aktivitas trading tidak mendapatkan karena dilakukan dalam jangka waktu yang sangat singkat.

Jadi investasi dan trading adalah dua hal yang berbeda, pastikan kamu memahaminya dengan baik sebelum memasuki dunia pasar modal.

Ada banyak cara yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui lebih dalam aktivitas pasar modal, salah satunya dengan mengikuti sertifikasi pasar modal. Sertifikasi profesi pasar modal di Sertifikasiku.com sendiri mempunyai sebagian opsi profesi yang dapat kamu ikuti, antara lain bidang analisis efek (Certified Securities Analyst), analisis teknikal (Regular Technical Analyst), manajemen resiko (Certified Risk Professional), investment banking (Certified Investment Banking) dan lain-lain.

Dengan terdapatnya sertifikasi tersebut, pastinya dapat jadi opsi untuk kalian dalam mengincar sebagian posisi kerja yang menjanjikan, dan bisa menaikkan nilai jual buat dapat bersaingan dengan yang lain.

Share This Article
Sertifikasiku
About Author

Sertifikasiku

Sertifikasiku, platform edukasi online, membantu anak bangsa untuk memiliki sertifikasi kompetensi profesi yang sangat berguna untuk bersaing di era global.

1 Comment

    […] Baca Juga : “Perbedaan Trading dan Investasi Wajib Kamu Ketahui!“ […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *