Apakah kamu pernah bertanya-tanya apa peran pasar modal dalam perekonomian suatu bangsa? Hal tersebut mempunyai peranan penting dan krusial bagi perekonomian negara.

Namun sebelumnya, kamu perlu memahami apa itu pasar modal. Arti istilah tersebut adalah pasar dari instrumen keuangan yang bisa diperdagangkan. Instrumennya dapat berupa saham, reksa dana, obligasi, serta instrumen derivatif.

Kenapa hal tersebut dapat mempunyai peranan penting dalam perekonomian suatu negara? Lalu apa saja peranannya? Berikut adalah penjelasan yang telah kami rangkum dalam tulisan ini.

Baca Juga : “Strategi Investasi di Pasar Modal”

Fungsi dan Peranan Pasar Modal

Fungsi dan Peran Pasar Modal

Pada dasarnya, pasar modal mempunyai dua fungsi. Kedua fungsi tersebut adalah sebagai sarana pendanaan untuk suatu perusahaan serta sebagai sarana investasi bagi masyarakat.

Di mana fungsinya untuk masyarakat terbagi lagi menjadi tiga, yakni secara umum, secara ekonomi, serta dari segi keuangan. Sebelum membahas peran pasar modal, kamu bisa menyimak penjelasan fungsinya terlebih dahulu di bawah ini.

1. Fungsi Umum

Secara umum, pasar modal mampu meningkatkan modal usaha untuk suatu perusahaan yang sedang butuh dana tambahan. Dengan kata lain, pemasukan masyarakat umum bisa jadi meningkat.

Hal ini juga berfungsi sebagai sarana untuk menghasilkan tenaga kerja baru serta meningkatkan kapasitas produksi perusahaan. Selain itu pendapatan negara juga dapat ikut meningkat.

2. Fungsi Ekonomi

Pasar modal menyediakan fasilitas bagi investor untuk mendapatkan keuntungan. Tidak hanya itu, masyarakat juga bisa mendapatkan tambahan modal untuk membuat likuiditas menjadi stabil.

Investor dan pihak yang membutuhkan dana juga bisa dipertemukan melalui hal ini. Selain itu, perusahaan juga diberikan kesempatan untuk bisa memperluas usahanya.

3. Fungsi dari Segi Keuangan

Fungsi terakhir adalah fungsi dari segi keuangan. Pasar modal dapat meningkatkan jumlah pajak bagi pemerintah serta membuka lapangan kerja.

Produktivitas perusahaan juga dapat meningkat seiring dengan dana tambahan yang diterima. Pada intinya, pemerataan pemasukan dapat tercapai dengan sarana ini.

Lihat Juga : “How to Trade with Technical Analyst”

Itulah beberapa fungsi yang dapat kami jelaskan. Bagaimana dengan peranan pasar modal? Simak penjelasan kami tentang hal tersebut di bawah ini.

1. Peran Pasar Modal dalam Memberikan Peluang

Pasar modal adalah sarana dalam pemberian peluang bagi perusahaan atau badan usaha untuk memenuhi keinginan pemegang sahamnya. Dengan begitu, peluang dapat diberikan dengan kebijakan dividen serta stabilitas harga sekuritas normal.

Selain itu, hal ini juga dapat memberikan kesempatan untuk para investor dalam hal mencari keuntungan misalnya dengan menjual saham. Peluang untuk masyarakat dalam hal pengelolaan keuangan juga dapat terbuka.

Dengan begitu, masyarakat diajak untuk turut berpartisipasi dalam kemajuan dan perkembangan perekonomian negara. Inilah peranan pasar modal yang pertama.

Di samping itu, para pemegang surat berharga juga bisa mendapatkan likuiditas dengan menjual surat berharganya tersebut. Ini adalah peluang atau kesempatan lainnya yang dapat dimanfaatkan.

2. Menyediakan Fasilitas

Selanjutnya, pasar modal juga menyediakan fasilitas untuk bertransaksi saham atau surat berharga lainnya yang diperdagangkan. Di samping itu, fasilitas yang disediakan juga dapat mengurangi biaya transaksi.

Para investor pun bisa mendapatkan informasi yang kredibel dan akurat. Karena peranan pasar modal ini dalam kata lain dapat dikatakan mampu menyediakan informasi mengenai surat berharga.

3. Memperluas Aktivitas Bisnis

Peran terakhir dalam artikel ini adalah tentang aktivitas bisnis yang dapat diperluas. Hal ini memberikan kesempatan kepada para pebisnis untuk memperoleh dana melalui ekspansi usaha yang dilakukan.

Kesimpulannya pasar modal mempunyai fungsi dan peran yang krusial bagi perekonomian negara. Peranan pasar modal juga mempunyai pengaruh penting terhadap perekonomian negara Indonesia.

Maka dari itu, tidak menutup kemungkinan banyak juga yang tertarik untuk berprofesi di bidang ini lho sob! atau banyak juga yang tertarik untuk memulai terjun berinvestasi di dunia pasar modal. Minimal kamu harus ketahui ilmu analisa pasar modal.

Nah yuk kamu bisa loh belajar ilmu analisa pasar modal dengan mengikuti pelatihan sertifikasi pasar modal. Di Sertifikasiku ada berbagai skema pelatihan untuk bidang pasar modal yang bisa kamu ikuti, yaitu : untuk level utama Certified Investment Banking (CIB), Sertifikasi Manajemen Risiko level utama (CRP) dan Sertifikasi Analis Efek level utama (CSA). Dan ada juga pelatihan level junior/madya yang bisa kamu cek info lengkapnya di web Sertifikasiku.com!

Yuk sob sertifikasikan dirimu sekarang juga 🙂

Share This Article
Sertifikasiku
About Author

Sertifikasiku

Sertifikasiku, platform edukasi online, membantu anak bangsa untuk memiliki sertifikasi kompetensi profesi yang sangat berguna untuk bersaing di era global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *