Tidak bisa dipungkiri, peran hrd bagi perusahaan merupakan salah satu yang terpenting karena menyangkut berbagai hal terkait sumber daya manusia. Seperti yang kita tahu, manusia adalah penggerak utama dalam sebuah perusahaan.

Jika pengelolaan sumber daya manusia tidak dilakukan dengan tepat, maka perusahaan bisa mengalami kegagalan. Itulah kenapa peran HRD selalu dibutuhkan dalam menjalankan sebuah unit usaha.

Lantas, bagaimana kaitan antara peran seorang hrd dengan kinerja sebuah perusahaan? Apakah memiliki dampak positif atau tidak begitu berpengaruh? Simak artikel berikut karena kami akan membahasnya secara singkat!

Baca Juga : “Pentingnya Memiliki Sertifikasi HRD Dalam Karir”

Apa Itu HRD?

Apa Itu HRD?

HRD (Human Resource Development) adalah salah satu posisi penting dalam perusahaan yang berkaitan langsung dengan sumber daya manusia bagi perusahaan. Semua itu dilakukan agar mendapatkan timbal balik yang positif terutama dalam hal kinerja. 

Dari pengertian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengelolaan sumber daya manusia dari suatu perusahaan bertujuan untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan sehingga bisa memberi nilai lebih kepada perusahaan.

Selain sumber daya, manusia juga dianggap sebagai modal sehingga upaya peningkatan keterampilan yang dilakukan tidak semata-mata dinilai sebagai biaya, tetapi menjadi sebuah investasi yang memberi imbal hasil di masa mendatang.

Lihat Juga : “Mengenal Gaya dan Tipe Kerja HR Professional”

Peran HRD Terhadap Kinerja Perusahaan

Peran HRD Terhadap Kinerja Perusahaan

Seperti pada pengertian HRD di atas, peran dari alat manajemen ini cukup penting terhadap peningkatan kinerja perusahaan. Apa saja peran-perannya bisa kamu lihat di bawah ini:

1. Pelatihan dan Pengembangan

Kinerja perusahaan dapat diukur dari tingkat keterampilan SDM yang dimilikinya. Semakin baik keterampilan para SDM di dalamnya, tentu saja akan berpengaruh pada kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Berbagai program peningkatan skill karyawan bisa dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Beberapa di antaranya adalah dengan melakukan pelatihan dan pengembangan terhadap karyawan. Juga bisa dengan mengikuti sertifikasi HRD untuk karyawan.

2. Peran HRD untuk Mempertahankan Karyawan

Daripada mencari SDM baru, mempertahankan karyawan yang sudah ada akan lebih menghemat anggaran. Dalam hal ini, human resource akan bertanggungjawab dalam proses pelaksanaannya.

Agar bisa tercapai, karyawan yang bersangkutan tentu harus cukup layak untuk dipertahankan. Hal ini bisa dilakukan dengan menempatkan seseorang pada pekerjaan yang tepat sesuai dengan kemampuannya.

3. Menilai Kinerja Karyawan

Peran HRD selanjutnya adalah melakukan penilaian kinerja pada setiap karyawan yang ada di perusahaan. Pekerjaan seorang HRD harus memiliki data yang lengkap dari setiap karyawan terdaftar.

Dalam hal ini, HRD juga bisa menentukan apakah suatu pekerjaan bisa dilakukan oleh karyawan yang sudah ada atau perlu melakukan penambahan SDM. Hal ini juga bisa menyangkut pemberlakuan jam lembur dan bonus.

4. Perekrutan Karyawan

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu peran HRD adalah menempatkan seseorang pada bidang pekerjaan yang tepat, maka proses rekrutmen juga merupakan bagian dari human resource.

Nantinya, penentuan kriteria pelamar, proses seleksi dan juga wawancara juga akan melibatkan HRD secara intens untuk menghasilkan kandidat yang tepat. Dengan begitu, kebutuhan perusahaan akan terpenuhi.

5. Pembekalan

Setiap karyawan baru yang diterima, tentu masih memerlukan proses adaptasi agar bisa menghandle suatu pekerjaan tertentu. Oleh karena itu, HRD juga perlu memberikan pembekalan setelah rekrutmen selesai dilakukan.

Setelah proses pembekalan tersebut, karyawan baru diharapkan mampu menyelesaikan pekerjaan tertentu tanpa harus didampingi oleh senior. Hal ini juga akan menjaga produktivitas perusahaan.

Tanpa SDM yang berkualitas, perusahaan tentu akan kesulitan untuk bersaing dengan para kompetitornya sehingga perkembangannya cenderung stagnan. Dari sinilah peran HRD sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

Tentunya dalam menjalani peran seorang HRD yang baik, adanya standar yang harus kamu kuasai seperti ilmu dengan mengikuti pelatihan kompetensi. Memiliki sertifikasi HRD juga bisa membantu kamu mendapatkan pengakuan kompetensi lintas sektor dan negara.

Setelah mengetahui peran-peran HRD diatas, tertarik untuk tingkatkan skill dengan mengikuti sertifikasi HRD? Mau tahu lebih lanjut tentang Sertifikasi Profesi? Yuk klik link berikut ini Informasi Pendaftaran Sertifikasi

Share This Article
Sertifikasiku
About Author

Sertifikasiku

Sertifikasiku, platform edukasi online, membantu anak bangsa untuk memiliki sertifikasi kompetensi profesi yang sangat berguna untuk bersaing di era global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *