Dengan semakin ketatnya tingkat persaingan di dunia kerja, pentingnya sertifikasi profesi yang relevan sangat dibutuhkan. Beberapa perusahaan bahkan menjadikan sertifikat kompetensi khusus sebagai salah satu syarat bagi para pelamar.

Sertifikat kompetensi menunjukkan keahlian atau kemampuan khusus dalam suatu bidang. Berbeda dengan ijazah yang diperoleh melalui pendidikan di sekolah atau universitas, lisensi ini diperoleh dari lembaga tertentu.

Baca Juga : Pentingnya Sertifikasi Kompetensi Bagi Mahasiswa

Pentingnya Sertifikasi Profesi di Dunia Kerja Saat Ini

List Of Contents

Pentingnya Sertifikasi Profesi di Dunia Kerja Saat Ini

Sertifikat kompetensi kerja adalah sebuah dokumen untuk menunjukkan bahwa seseorang memiliki pengetahuan dan keterampilan sesuai standar kompetensi kerja yang dipersyaratkan. Fungsi utamanya adalah untuk membuktikan kredibilitas kemampuan pemegang sertifikat.

Dengan memiliki lisensi keahlian, kamu dapat memperoleh berbagai keuntungan yang dapat dimanfaatkan untuk dunia kerja. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang menunjukkan pentingnya sertifikat kompetensi di dunia kerja.

1. Memperoleh Pengakuan atas Keahlian

Untuk memperoleh sertifikat kompetensi kerja, seseorang harus mengikuti pelatihan dan ujian terlebih dahulu. Oleh karena itu, dokumen ini dapat menjadi bukti tertulis yang dapat dipertanggungjawabkan untuk menunjukkan kapasitas dan keahlian.

Ijazah juga merupakan salah satu dasar penentu kemampuan seseorang. Namun, ijazah tidak bisa menunjukkan bukti atas kemampuan tertentu. Untuk itu, dibutuhkan lisensi khusus dengan keahlian yang lebih spesifik.

Sebagai contoh, seorang staf digital marketing memiliki sertifikasi kompetensi digital marketing. Hal tersebut menunjukkan staf tersebut telah diakui memiliki kemampuan khusus dan bukti kompetensi di bidang digital marketing.

2. Miliki Sertifikasi Profesi untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Setelah berhasil melalui rangkaian proses ujian kompetensi dan memperoleh sertifikat, kamu akan merasa lebih yakin atas kemampuan diri pada suatu bidang. Dengan meningkatnya keyakinan, rasa percaya diri pun ikut meningkat.

Rasa percaya diri tinggi juga dapat meningkatkan keyakinan kamu saat mengikuti proses seleksi kerja. Pelamar yang terlihat percaya diri dan meyakinkan cenderung lebih mampu menarik perhatian perekrut.

3. Kesempatan Mendapatkan Pekerjaan Lebih Besar

Mencari pekerjaan di masa sekarang bisa dibilang tidak mudah. Meskipun telah memiliki skill yang mumpuni, kamu harus bersaing dengan puluhan hingga ratusan pelamar lain hanya untuk memperoleh satu posisi.

Dari perspektif perusahaan, mencantumkan syarat sertifikat kompetensi pada berkas lamaran dapat mempermudah proses pencarian karyawan sesuai kualifikasi. Oleh karena itu, memperoleh sertifikasi adalah salah satu cara cepat mendapat kerja.

4. Kesempatan Mendapatkan Gaji Lebih Tinggi

Kemampuan yang mumpuni dan telah diakui umumnya dihargai dengan lebih baik. Di era persaingan antar sumber daya manusia ini, salah satu syarat untuk memperoleh gaji yang sesuai adalah telah bersertifikasi.

Apalagi jika jenis sertifikat yang dimiliki merupakan kualifikasi untuk tenaga ahli. Bagi perusahaan, pegawai berkompetensi merupakan aset berharga. Maka kemungkinan untuk memperoleh gaji tinggi menjadi lebih besar.

5. Lebih Mudah Memperoleh Promosi

Di dunia kerja, karyawan bersertifikasi dianggap memiliki nilai jual dan daya saing yang lebih. Beberapa perusahaan menjadikan sertifikasi kompetensi sebagai syarat untuk meningkatkan jenjang karir melalui promosi.

Lihat Juga : “Cara Persiapkan Karir di Tengah Badai PHK & Resesi”

Pentingnya Sertifikasi Profesi di Dunia Kerja Saat Ini

Meskipun kemampuan seseorang dapat dilihat dari kinerjanya, namun dokumen sertifikasi dapat menjadi bukti legal untuk lebih meyakinkan perusahaan. Beberapa perusahaan menawarkan sertifikasi gratis, namun ada pula yang meminta sertifikasi mandiri.

Di Indonesia, sertifikat yang berlaku dengan resmi umumnya memiliki logo Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Lisensi ini ada banyak jenisnya, tergantung pada bidang keahlian yang difokuskan.

Memperoleh sertifikasi kompetensi adalah salah satu cara cepat mendapat kerja, terutama bagi lulusan baru. Apalagi di masa ini, keahlian tanpa bukti tertulis yang sah terkadang belum cukup untuk melamar kerja. Hadirnya sertifikat keahlian dapat menjadi nilai tambah untuk menjadi bahan pertimbangan perusahaan. Hal tersebut menunjukkan pentingnya sertifikasi kompetensi bagi karyawan untuk menunjang karir profesional di dunia kerja saat ini.

Sertifikasiku menyediakan lembaga pelatihan sertifikasi kompetensi berlisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) di berbadai bidang. Diantaranya yaitu bidang digital, sertifikasi kompetensi Digital Marketing. Bidang pasar modal untuk analisa fundamental saham, sertifikasi level madya Regular Securities Analyst (RSA) dan level utama Certified Securities Analyst (CSA), analisa teknikal saham , sertifikasi Regular Technical Analyst (RTA) dan Certified Investment Banking (CIB). Kamu bisa cek kelas sertifikasi dan non-sertifikasi lainnya di website Sertifikasiku.com ya sob! Yuk sertifikasikan dirimu ūüôā

Share This Article
Sertifikasiku
About Author

Sertifikasiku

Sertifikasiku, platform edukasi online, membantu anak bangsa untuk memiliki sertifikasi kompetensi profesi yang sangat berguna untuk bersaing di era global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *