Pentingnya sertifikasi kompetensi menjadi sangat menonjol ketika seseorang akan melamar pekerjaan. Hal ini dikarenakan sertifikasi kompetensi bisa membantu dalam pertimbangan saat melamar kerja.

Jadi meskipun kamu telah memiliki CV yang menarik, itu saja tidak akan cukup. Jadi sebagai bukti kalau apa yang telah diuraikan tersebut benar adanya, dibutuhkan adanya sertifikat kompetensi.

Dengan adanya sertifikat kompetensi itu akan menambah nilai positif tersendiri bagi mereka yang memilikinya. Tidak sedikit perusahaan yang meminta calon karyawannya memiliki bukti berupa sertifikat kompetensi.

Berdasarkan hal tersebut maka sudah jelas kalau pentingnya sertifikasi kompetensi itu bukan perkara yang bisa disepelekan. Mulai dari sekarang sebaiknya kamu mempersiapkan segala sertifikat yang kiranya nanti dibutuhkan dalam menunjang karir.

Baca Juga : Pentingnya Sertifikasi Profesi untuk Dunia Kerja Saat Ini

Alasan Pentingnya Sertifikasi Kompetensi

Alasan Pentingnya Sertifikasi Kompetensi

Kalau kamu masih merasa ragu dengan adanya sertifikat kompetensi ini. Maka akan lebih baik kalau kamu juga memahami pentingnya memiliki sertifikat jenis ini.

Dengan pemahaman yang tepat, dengan begitu kamu menjadi tidak ragu untuk mengumpulkan sertifikat kompetensi sejak dini. Terlebih persaingan dunia kerja semakin hari semakin sempit membuat peluang kerja menjadi semakin kecil pula.

Sulitnya mendapatkan lapangan pekerjaan tersebut bisa kamu atasi apabila memiliki sertifikat kompetensi. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa alasan mengapa kamu perlu memiliki sertifikat kompetensi dan pentingnya bagi diri sendiri.

1. Pengakuan Kemampuan

Bagi kamu yang masih bingung mengenai pentingnya sertifikasi kompetensi, sebaiknya kamu perlu memahami kalau alasan memilikinya yang pertama itu sebagai ajang untuk mendapatkan pengakuan kemampuan yang kamu punya.

Setiap akan melamar pekerjaan, pastinya seseorang ingin menonjolkan hal yang dimilikinya. Dengan begitu bisa membuat tim rekruitmen menjadi tertarik dengan kemampuan tersebut.

Tapi kemampuan tersebut harus ada bukti yang jelas dan pasti. Maka dari itu dibutuhkan adanya sertifikat kompetensi sebagai alat pengakuan kemampuan yang bisa diberikan secara nyata.

Jadi dengan adanya sertifikat ini maka perusahaan-perusahaan besar pada umumnya akan memprioritaskan mereka yang memiliki kompetensi. Oleh karena itu kamu harus memperisapkan ini sedini mungkin.

2. Jenjang Karir

Selain sebagai pembuktian kemampuan, alasan pentingnya sertifikasi kompetensi lain yakni bisa memperbaiki jenjang karir. Mereka yang memiliki sertifikat ini, pastinya memiliki peluang lebih besar mengenai jenjang karirnya.

Sedangkan bagi mereka yang tidak memiliki pengakuan akan kemampuannya maka untuk memperbaiki jenjang karir akan semakin sulit. Maka dari itu untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan adanya sertifikat kompetensi.

Karena banyak perusahaan yang tidak hanya ingin melihat kualitas dari orang tersebut, namun ingin melihat bagaimana perkembangan orang itu selama bekerja pula.

Lihat Juga : “Gimana Rahasia Sukses dalam Karir? “

3. Peluang Perekrutan Lebih Besar

Dengan adanya sertifikat kompetensi juga membuat peluang kamu dalam perekrutan pekerjaan menjadi lebih besar. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya kalau saat ini mendapatkan pekerjaan sangat sulit.

Kesulitan tersebut menjadikan pentingnya sertifikasi kompetensi semakin terlihat. Bagaimana tidak, bagi mereka yang memiliki sertifikat ini memiliki peluang yang lebih besar.

Sangat berbeda dengan orang-orang yang tidak memiliki sertifikat biasanya akan dipandang dengan sebelah mata. Pandangan tersebut dilakukan karena dirasa masih kurang dalam pengalaman dan kompetensi yang dimiliki.

4. Mendapatkan Gaji yang Sesuai dengan Sertifikasi Kompetensi

Apabila kamu memiliki sertifikat kompetensi, ini tidak hanya akan membantu dalam mendapatkan pekerjaan atau memperbaiki jenjang karir saja.

Jadi intinya sob kalau kamu bisa membuktikan bahwa memang layak dengan tugas tersebut pastinya posisi bisa naik, sehingga gaji bisa didapatkan lebih banyak dan sesuai. Maka dari itu alasan pentingnya sertifikasi kompetensi yang diuraikan ini sangat penting kamu pahami.

Sobat Sertifikasiku! saat ini banyak loh profesi yang membutuhkan banyak keahlian khusus yang harus dimiliki. Seperti contoh sebagai calon HRD harus memiliki skill pengembangan karyawan, hubungan industri negosiasi dan lain sebagainya. Oleh karena itu profesi ini membutuhkan pelatihan untuk mengasah pengetahuan dan kemampuannya.

Dan kemampuan kompetensi ini biasanya perlu didukung dengan sertifikat sebagai bukti kompetensi yang dimiliki para calon maupun profesional. Yuk asah skill kerja kamu dengan mengikuti Sertifikasi Kompetensi yang akan bermanfaat untuk masa depan karir kamu. Sertifikasiku menyediakan kelas sertifikasi di bidang pasar modal, sertifikasi digital marketing, sertifikasi human resources, sertifikasi manajemen risiko dan lainnya. Banyak pelatihan yang bisa kamu ikuti disini sob, yuk cek website sertifikasiku.com sekarang juga!!

Share This Article
Sertifikasiku
About Author

Sertifikasiku

Sertifikasiku, platform edukasi online, membantu anak bangsa untuk memiliki sertifikasi kompetensi profesi yang sangat berguna untuk bersaing di era global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *