Jika kamu ingin berkarir di bidang HRD, wajib untuk mengikuti sertifikasi HRD. Profesi ini membutuhkan sertifikasi karena perannya dalam perusahaan sangat penting, yaitu sebagai kunci manajemen sumber daya perusahaan.

Dalam sertifikasi tersebut, seorang HRD akan mendapatkan berbagai pelatihan terkait manajemen SDM suatu perusahaan. Dengan adanya sertifikasi ini, kompetensi seorang HRD akan ditingkatkan sehingga keahliannya di bidang tersebut semakin teruji.

Adanya sertifikat Human Resources juga akan memudahkan seseorang untuk mendapatkan pekerjaan di bidang tersebut. Hal ini tentu sangat dibutuhkan bagi mereka yang sedang ingin mencari pekerjaan.

Baca Juga : “Skill Pekerjaan HRD yang Harus Kamu Ketahui

Mengapa Kita Harus Mengikuti Sertifikasi Human Resources?

Mengapa Kita Harus Mengikuti Sertifikasi HRD?

Profesi HRD biasanya membutuhkan sertifikasi agar bisa diterima di sebuah perusahaan. Beberapa alasannya adalah sebagai berikut:

1. Memperkuat CV/Resume 

Dengan adanya sertifikasi Human Resources, CV yang kamu ajukan akan semakin kuat dan meyakinkan. Hal itu tentu saja bisa menjadi penilaian lebih bagi pihak penyedia lowongan pekerjaan yang dituju.

Apalagi saat ini persaingan dunia kerja sangat ketat. Jika kita tidak dilengkapi dengan sertifikasi, kemungkinan besar kita akan tersingkir dari proses seleksi tersebut sehingga kesempatan akan hilang begitu saja.

2. Menguasai Lebih Banyak Hal

Dibandingkan sebelum memiliki sertifikasi, kompetensi kamu mungkin tidak seluas setelah mendapatkan sertifikasi Human Resources. Pasalnya, dalam proses mendapatkan sertifikat tersebut, kita akan mendapatkan ujian kompetensi seputar HR.

Semakin kamu kompeten pada suatu bidang, maka semakin banyak solusi yang bisa kamu tawarkan saat menghadapi sebuah masalah. Hal inilah yang sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan dimanapun itu.

3. Potensi Gaji Tinggi

Selanjutnya, kamu perlu melakukan sertifikasi agar potensi gaji yang bisa didapat semakin tinggi. Seorang HRD yang sudah bersertifikat tentu akan lebih dihargai dengan gaji yang tinggi daripada HRD tanpa sertifikat.

Terlebih lagi jika kita sudah ada pengalaman di bidang tersebut sebelumnya. Potensi gajinya pasti juga akan lebih tinggi lagi. Kita juga akan lebih percaya diri untuk mendaftar ke perusahaan ternama.

Lihat Juga : “Ngobrol Bareng Human Resources”

4. Sertifikasi HRD Mempermudah Koordinasi

Selanjutnya, kamu juga akan lebih mudah melakukan koordinasi dengan divisi lain ketika nanti sudah bekerja. Hal itu dikarenakan proses sertifikasi memiliki beberapa spesifikasi yang bisa diperoleh.

Beberapa di antaranya adalah mengelola kompensasi yang nanti akan bekerja sama dengan tim finance, melakukan rekrutmen karyawan, mengelola beban kerja karyawan, dan sebagainya.

5. Memperbesar Peluang Diterima atau Promosi

Dengan memiliki sertifikasi Human Resources, peluang kamu untuk diterima oleh perusahaan akan lebih besar. Terlebih jika kamu belum memiliki pengalaman bekerja sebelumnya, adanya sertifikat akan sangat membantu.

Jika kamu sudah bergabung dengan suatu perusahaan sebelumnya, maka sertifikat HR akan memperbesar peluang kamu untuk dipromosikan atau naik jabatan. Hal ini tentu saja akan berguna untuk perkembangan kariermu kedepannya.

6. Mampu Mengelola SDM Secara Komprehensif

Sertifikat HR yang kamu miliki akan sangat membantu dalam proses pengelolaan SDM di suatu perusahaan. Semakin lengkap sertifikat yang kamu punya, semakin luas juga kompetensi kamu di bidang tersebut.

Secara komprehensif, kamu juga bisa terlibat di berbagai persoalan yang menyangkut SDM, seperti proses perekrutan, pelatihan dan pengembangan, pemberian kompensasi, hingga proses PHK.

Jika dilihat dari fungsi-fungsinya, profesi HRD memiliki peran yang sangat penting dalam kelangsungan perusahaan. Oleh karena itu, sertifikasi Human Resources dapat membantu para HRD maupun calon HRD agar bisa sukses berkarir di bidang ini.

Sertifikasi Human Resources yang bisa kamu ikuti hanya ada di Sertifikasiku. Ada skema pelatihan Sertifikasi Human Resources Officer (HRO) yang pastinya kamu bakal belajar mula dari pengelolaan Administrasi pekerja hingga Administrasi pengupahan atau gaji. Yuk daftar pelatihannya sekarang juga sob!

Share This Article
Sertifikasiku
About Author

Sertifikasiku

Sertifikasiku, platform edukasi online, membantu anak bangsa untuk memiliki sertifikasi kompetensi profesi yang sangat berguna untuk bersaing di era global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *