Pemegang saham adalah seseorang yang memiliki sebagian aset perusahaan, sehingga besarnya saham tersebut mengikuti kendali atas perusahaan. Apabila 100% saham dimiliki, maka perusahaan tersebut bisa sepenuh menjadi si pemegang saham tersebut.

Secara umum apa yang dimaksud saham yaitu bukti atas kepemilikan atas nilai perusahaan oleh beberapa orang sesuai presentasenya. Setidaknya sebelum memulai melakukan pembelian saham, kamu perlu tahu apa itu saham dan contohnya.

Sedangkan hal pemegang saham cukup banyak, misalnya seperti keikutsertaannya dalam mengambil keputusan, menerima pembayaran dividen, dan lain sebagainya. Mereka biasanya memiliki hak pemegang saham istimewa di perusahaan tersebut sebagai salah satu pemodal.

Baca Juga : “Persiapan Trading Lebih Matang dengan Analisa Teknikal Saham”

Peran Kepemilikan Saham, Owner dan CEO

Peran Kepemilikan Saham, Owner dan CEO

Setidaknya sebelum memutuskan untuk membuat perusahaan atau bergabung ke sebuah perusahaan, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu peran apa saja yang penting. Dengan begitu, kamu bisa memiliki keputusan untuk bagian-bagian pemilik saham lainnya.

1. Owner

Urutan paling atas untuk sebuah perusahaan yaitu owner sebagai pencetus atau pendiri dari perusahaan tersebut. Ia juga memiliki peran sebagai pengawas langsung bagaimana cara kerja CEO dalam perusahaannya.

2. CEO

Perbedaan CEO dan owner juga dapat dilihat gamblang melalui fungsinya. Keberadaan CEO ini ada dibawah Owner sebagai pemilik awal. CEO memiliki tugas untuk mengatur kebutuhan modal, memajukan perusahaan, dan para kemilikan saham.

3. Pemegang Saham

Lalu, pada urutan terbawah sebagai pemodal perusahaan yaitu pemegang saham. Sedangkan stockholder adalah perorangan yang memegang saham tersebut, sesuai dengan berapa persen saham tersebut dimiliki.

Sebenarnya masih bisa dikatakan sinonim investor dan pemegang saham. Hanya saja investor ini belum tentu memiliki saham. Sedangkan pemegang saham sudah pasti menjadi bagian dari investor tersebut.

Lihat Juga : “Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Investasi Saham”

Makna Istilah Investor dalam Sebuah Perusahaan

Makna Istilah Investor dalam Sebuah Perusahaan

Makna istilah investor dalam sebuah perusahaan yaitu sebagai pemodal sesuai kemampuannya dalam berinvestasi. Apabila modalnya belum cukup, maka dirinya belum bisa menjadi pemegang saham adalah memiliki sebagian dari hak perusahaan tersebut.

Jadi, bisa dikatakan bahwa sinonim investor yang sudah disebutkan sebelumnya tidak berarti harus sama sepenuhnya, namun peran tetap sama. Berbeda jauh ketika dibanding dengan perbedaan CEO dan owner sebelumnya.

Lebih tepatnya untuk penjelasan terhadap stockholder adalah perorangan pemegang saham perusahaan. Kepemilikan saham dari sebuah perusahaan tetap bisa mendapatkan keuntungan apabila perusahaan tersebut mengalami kemajuan.

Untuk memahami secara detail lagi terkait apa yang dimaksud investasi saham dan apa itu saham dan contohnya, maka kamu perlu bergabung ke kelas sertifikasi pasar modal. Dari sana ada banyak pelajaran, dasar serta teknik-teknik menjadi pemegang akan saham tersebut.

Selain itu kamu juga bisa mendapatkan sertifikasi pasar modal, sehingga bisa lebih layak untuk terjun ke dunia bisnis semacam ini. Seperti yang kamu ketahui segala harus dimulai dari hal paling mendasar.

Untuk saat ini pelatihan terbaik bisa kamu ikuti di Sertifikasiku.com. Di kelas tersebut, banyak dari para calon investor maupun para investor bisa menambah wawasannya. Kamu juga bisa mengikuti pelatihan dan ujian sertifikasi melalui sertifikasiku.com dengan mudah dengan metode video based learning.

Dengan berkembangnya dunia ekonomi sampai ke pasar bebas, mengharuskan masyarakat untuk ikut berkembang menambah pengetahuan. Sedangkan semua itu bisa dipelajari mulai dari makna istilah investor hingga teknik dasar analisa saham. Ingin tahu sertifikasi pasar modal apa yang cocok untuk kamu? Klik link di sini

Share This Article
Sertifikasiku
About Author

Sertifikasiku

Sertifikasiku, platform edukasi online, membantu anak bangsa untuk memiliki sertifikasi kompetensi profesi yang sangat berguna untuk bersaing di era global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *