Analisis teknikal merupakan hal yang sangat penting apabila kamu ingin melakukan trading. Karena aktivitas trading yang singkat dan fluktuatif mengharuskan dasar kuat dalam menganalisa. 

Itulah sebabnya, jika kamu ingin menjadi seorang trader, maka harus mempelajari mengenai bagaimana cara melakukan analisa terhadap pasar modal dan harga pasar. Jadi, tidak disarankan terjun langsung tanpa memiliki persiapan sama sekali.

Kamu bisa mengikuti pelatihan pasar modal dasar untuk menguasai bagaimana teknik menjadi trader. Sebab melakukan trading tidak sama dengan berinvestasi, walaupun kamu jago dalam berinvestasi belum tentu jago menjadi trader.

Lihat Juga :  “Strategi Implementasi Analisa Teknikal”

Dasar-dasar Analisis Teknikal yang Harus Diketahui 

Dasar-dasar Analisis Teknikal yang Harus Diketahui 

Kamu harus tahu bahwa menjadi seorang trader harus pandai melakukan analisis dan menentukan waktu serta pilihan tepat saat menjual maupun membeli saham. Oleh sebab itu, kebutuhan mempelajari teknik dan analisanya sangat penting.

Hal penting dalam mempelajari analisis teknikal adalah mengetahui dasar-dasarnya. Mulai dari pengertiannya terlebih dahulu, manfaatnya, dan prinsip dasarnya. Berikut beberapa hal dasar yang perlu kamu pelajari:

1. Apa yang Dimaksud Teknikal Analisis

Bagi yang baru belajar, tentu harus memahami terlebih dahulu apa pengertian dari dalam trading, yakni teknik atau pendekatan untuk melakukan penganalisaan harga berdasarkan aktivitas pasar.

Analisa teknikal adalah menggunakan data-data historis harga yang terjadi di masa lalu. Sehingga dapat mengantisipasi pergerakan harga di masa mendatang. Dalam hal ini adanya data dan grafik harga sangatlah penting.

2. Manfaat Analisa Teknikal

Pasar finansial, seperti forex, futures, dan pasar saham merupakan hukum rimba dengan harta karun di dalamnya. Jadi, jika ingin menjelajahinya untuk mendapatkan harta karun tersebut dibutuhkan peta dan arti teknikal ini adalah petanya.

Bisa dikatakan bahwa metode ini akan menjadi petunjuk jalan bagi kamu agar tidak tersesat dan bisa menemukan keuntungan dari trading yang dilakukan. Ibaratnya adalah persiapan penting yang perlu kamu lakukan sebelum masuk dunia pasar modal.

3. Prinsip Market Action Discounts Everything

Prinsip dasar pertama yang harus dipahami trader adalah “market action discounts everything”, yaitu apa saja hal-hal mempengaruhi pergerakan pasar, baik fundamental, politik, bencana alam, maupun faktor psikologis pelaku pasar.

Dengan memahami ini kamu dapat menentukan cara memilih saham yang tepat serta menguntungkan melalui pengendalian harga dari faktor-faktor tersebut. Sebab nilai pasar akan dipengaruhi oleh interaksi permintaan dan penawaran.

4. Prices Move in Trend

Apa yang dimaksud pasar modal? yaitu sebuah pasar yang memperdagangkan saham dengan harga fluktuatif tergantung dari trend. Trend bisa mengganti harga, dapat naik ataupun turun sehingga kalian butuh memandang isyarat pergantian trend.

Tren merupakan salah satu contoh analisis teknikal yang akan menjadi kunci dalam pengambilan keputusan ketika bertransaksi. Trend pergerakan harga pasar dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:

  1. Primary, yakni pergerakan price dalam jangka waktu beberapa tahun.
  2. Secondary atau intermediate, yakni pergerakan price yang terjadi selama masa primary.
  3. Minor, yaitu analisis teknikal saham dengan naik turun harga setiap hari atau sering disebut day to day move.

5. History Repeats Itself 

Prinsip ketiga adalah pasar akan bergerak dalam sebuah siklus. Artinya, harga akan bergerak dengan mengikuti pola tertentu dan terpengaruh pada trend. Dengan kecenderungan berulang dari masa ke masa.

Kamu juga perlu memahami bahwa ada perbedaan analisis teknikal dan fundamental. Jika fundamental fokus pada pertimbangan aset kripto, pengguna, dan pembuatan aset. Sedangkan teknikal berfokus pada memprediksi masa depan berdasarkan data.

Pengetahuan ini tidak bisa diketahui instan, tapi perlu dipelajari sehingga bisa meningkatkan kemampuan analis maupun calon analis. Salah satu hal yang memengaruhi kemampuan seorang analis adalah pelatihan atau sertifikasi pasar modal. 

Jika kamu tertarik belajar menjadi trader yang baik, perlu menyediakan waktu belajar dan mengikuti pelatihan. Salah satunya dengan mengikuti pelatihan di Sertifikasiku. Ada berbagai pilihan pelatihan, termasuk mempelajari mengenai analisis teknikal dalam trading.

Kamu bisa mengikuti program pelatihan Regular Technical Analyst (RTA®) untuk kompetensi sebagai profesional Analisa Teknikal. Yuk daftar kelas sertifikasi kompetensi sekarang sob!

Share This Article
Sertifikasiku
About Author

Sertifikasiku

Sertifikasiku, platform edukasi online, membantu anak bangsa untuk memiliki sertifikasi kompetensi profesi yang sangat berguna untuk bersaing di era global.