Jika kamu tertarik dalam dunia Investment Bank Indonesia, maka pekerjaan yang akan digeluti adalah melayani klien korporasi dalam mengembangkan usaha. Pelayanan ini disebut dengan Corporate Investment Banking

Di dalamnya, kamu dapat memposisikan diri sebagai Corporate Finance, Investor Relation, Business Development, hingga Chief Financial Officer. Oleh sebab itu, diperlukan kemampuan khusus dan profesional dalam menjalani bidang tersebut.

Di sisi lain, Investment Banking adalah pekerjaan yang menangani terkait bidang korporasi keuangan di berbagai perusahaan. Untuk lebih jelasnya, berikut kami sampaikan sektor jasa keuangan apa saja yang memerlukan pekerjaan tersebut.

Melihat Peluang Karir Sebagai Investment Banking

Peluang Karir dalam Dunia Investment Banking Indonesia

Sebagai bidang pekerjaan yang kompetitif dan banyak dicari, investment banker harus memiliki kualifikasi serta kemampuan cakap dalam menangani keuangan. Dengan begitu, dapat diakui oleh lembaga maupun perusahaan yang tepat seperti berikut.

  • Perusahaan Sekuritas

Pihak yang menawarkan efek melakukan emisi di pasar efek disebut emiten. Perusahaan sekuritas ini juga disebut sebagai perusahaan efek, di mana membutuhkan investment banker dalam menjalankan fungsi jaminan emisi efek.

  • Aset Manajemen

Seorang Investment Banker Indonesia juga bisa bekerja di bagian aset manajemen sebagai advisor yang mengelola aset klien. Kamu dapat memberikan saran–saran yang tepat bagi korporasi dalam mencapai target.

  • Private Equity

Sebagai lembaga investasi alternatif, Private Equity membutuhkan banker investasi guna mencari dana ke investor secara langsung. Hal ini dikarenakan Private Equity terdiri dari modal yang tidak terdaftar pada bursa umum.

  • Otoritas Jasa Keuangan

Otoritas jasa keuangan karir membutuhkan investment banker yang bekerja di bidang pengaturan juga pengawasan terhadap kegiatan jasa keuangan di sektor perbankan. Kamu juga akan bergelut dengan pasar modal atau jasa keuangan lainnya.

Melihat Peluang Karir Sebagai Investment Banking

Tahapan Karir Profesi Investment Banker Indonesia

Setelah membahas mengenai apa itu investment serta peluang profesinya, kali ini Sertifikasiku akan membahas bagaimana tahap karirnya. Pada umumnya, perlu waktu sekitar 3 – 4 tahun untuk menjadi analis sebelum menjadi investment banker.

Nantinya kamu harus berkecimpung dalam penelitian dasar serta laporan pengembangan klien. Setelah itu, memasuki tahap kedua untuk membentuk jaringan pribadi bersama klien. Di sini, seorang kamu mulai dapat menentukan bagaimana nilai bisnis, real estate, obligasi, dan sebagainya untuk menciptakan arus kas. Jika sudah memiliki pengalaman banyak, tidak menutup kemungkinan untuk menjadi wakil presiden dan direktur.

Kedudukan sebagai wakil presiden sendiri menjadi pintu gerbang ke manajemen menengah di Investment Banking in Indonesia. Pengalaman profesional menjadikan wakil presiden bisa memiliki peran aktif dalam menemukan serta mengarahkan kliennya.

Sedangkan posisi sebagai direktur, nantinya berkewajiban dalam mengantisipasi apabila terjadi perubahan kebijakan. Selain itu juga bisa memberikan rekomendasi terkait finansial kepada kliennya.

Selanjutnya, menuju tahap managing director atau direksi, yaitu tahap karir teratas sebagai investment banker. Kamu akan menemukan klien baru, mengelola klien yang ada, menciptakan ide baru demi menjaga kesetiaan klien.

Oleh sebab itu, menjadi seorang investment banker tidak cukup jika hanya berbekal pendidikan saja. Kamu membutuhkan pelatihan dan sertifikasi profesi khusus agar memiliki kecakapan dalam menjalankan bidang ini.

Sertifikasiku merupakan salah satu platform atau lembaga pelatihan yang menyediakan kelas khusus untuk membantu kamu memenuhi kualifikasi sebagai seorang investment banker. Didukung dengan produk sertifikasi kompetensi berupa CIB (Certified Investment Banking).

Sertifikasi kompetensi CIB (Certified Investment Banking) di Sertifikasiku sudah terstandarisasi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Pasar Modal (LSPPM) dibawah naungan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Untuk info lebih lanjut, kunjungi web sertifikasiku.com atau hubungi nomor tertera yang ada di website. Segera daftarkan diri dalam kelas kursus untuk meningkatkan skill kamu di dunia Investment Bank Indonesia bersama Sertifikasiku.

Share This Article
admin
About Author

admin

1 Comment

    […] durasi waktu sekitar tiga hingga empat tahun. Pada tahapan ini, yang akan kamu kerjakan sebagai seorang analis profesional yaitu melakukan penelitian dasar serta mengelola laporan pengembangan milik […]

Comments are closed.