Macam-macam istilah di pasar modal merupakan pengetahuan dasar yang perlu diketahui oleh masyarakat ketika ingin berinvestasi saham. Beberapa istilah ini memiliki peran penting saat kamu ingin memulai ke depannya.

Di dunia investasi, seseorang perlu mengenal tentang investasi jangka panjang maupun jangka pendek. Kedua jenis ini memiliki tekniknya masing-masing, sehingga dalam pemilihannya juga perlu mempertimbangkan beberapa hal.

Biasanya untuk investasi jangka panjang ditekankan hasilnya selama beberapa tahun ke depan. Sedangkan teknik-teknik yang digunakan tetap tergantung dari bagaimana kamu melihat kemungkinan-kemungkinan di masa depan atau potensinya.

Sedangkan untuk investasi jangka pendek lebih ditekan pada kemungkinan untung dalam waktu singkat, di mana risikonya jauh lebih besar. Untuk penggunaan teknik analisisnya yaitu berdasarkan teknikal dan fundamental.

Kebanyakan orang menyebutkan bahwa investasi jangka pendek yaitu sama halnya dengan trading. Proses transaksinya sangat cepat, sehingga informasi seputar perkembangan dunia terupdate perlu diperhatikan dengan seksama.

Baca Juga : “Ketahui Jenis-Jenis Risiko Keuangan dan Solusinya”

Istilah Penting di Bisnis Pasar Modal

Istilah Pasar Modal Harus Kamu Ketahui Dalam Bisnis

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa beberapa istilah untuk bisnis pasar modal ini harus diketahui terlebih dahulu. Dengan begitu, kemungkinan bisa menghasilkan cuan bisa lekas didapatkan oleh para pelaku investasinya. 

1. Obligasi

Obligasi mungkin istilah di pasar modal yang tidak asing lagi. Sedangkan obligasi ini berbentuk sertifikat bukti utang yang keluar dari lembaga tertentu. Tujuannya yaitu sebagai pendapatan modal untuk diinvestasikan ke perusahaan atau lembaga pemerintahan.

Ada kalanya beberapa kelompok ingin membangung perusahaan, sehingga mereka butuh pendapatan modal tersebut dari beberapa orang. Sedangkan sebagai pemodal, kamu akan mendapatkan sertifikat tersebut.

2. Capital Gain

Capital gain merupakan keuntungan yang bisa diperoleh para investor atas perbedaan nilai harga beli dan jual. Sedangkan capital loss lebih mengarah kepada kerugian yang didapatkan oleh perusahaan maupun investornya.

3. Emiten

Apabila kamu berinvestasi di bursa efek Indonesia, maka sebutan yang tepat akan hal tersebut yaitu Emiten. Biasanya ketika ingin melakukan investasi dilakukan melalui bursa efek tersebut, sedangkan perangkat investasi menggunakan komputer atau ponsel.

4. Closing Price

Selain mengenal tentang bursa efek, maka kamu juga perlu mengenal istilah closing price. Closing price ini merupakan penawaran jual dan perminta beli, sedangkan lebih mengarah kepada jam akhirnya perdagangan dalam pasar saham.

5. Ekuitas 

Ekuitas tentunya bukan hal yang asing pernah kamu dengar sebelumnya saat belajar pasar saham. Sedangkan untuk istilah yang satu ini yaitu terkait kepemilikan atau tercatatnya pemegang saham preferen maupun saham biasa.

Lihat Juga : “Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Investasi Saham”

Strategi Trading Pemula yang Perlu Kamu Pelajari

Strategi Trading Pemula yang Perlu Kamu Pelajari

Ada beberapa strategi trading pemula yang sudah semestinya harus dipelajari oleh seorang trader. Apalagi ketika kamu belum memiliki pengalaman sama sekali mencari kentungan melalui bisnis semacam ini.

Ketika berinvestasi jenis jangka pendek atau trading strategi teknikal maupun fundamental menjadi satu hal penting di bursa efek Indonesia. Dengan begitu, kamu dapat melakukan berbagai macam hal dalam mengumpulkan beberapa data.

Data-data ini melibat perkembangan dunia yang sedang terjadi yang hubungannya berhubungan dengan bencana, peperangan, politik, dan lain sebagainya. Masalah-masalah semacam ini selalu menjadi kunci kapan harga aset menurun atau meningkat.

Secara garis besar beberapa aset investasi seperti juga saham selalu terpengaruh dengan naik atau turunnya nilai dollar AS. Biasanya informasi mengenai dollar AS tersebut akan disampaikan oleh The Federal AS tekait non-farm.

Untuk mengetahui lebih lanjut informasi seputar investasi saham secara global, kamu bisa mengikuti kelas khusus sertifikasi pasar modal. Kamu bisa mengikuti pelatihan sertifikasi di Sertifikasiku.com yang berpengalaman dan membuat kemampuan dalam berinvestasi bisa lebih baik lagi.

Dalam berinvestasi tidak bisa asal memilih aset saja tanpa mempertimbangkan strategi apa saja yang nantinya digunakan. Apabila sudah menguasai strategi tersebut, maka investasi saham secara global sekalipun bisa membuat kamu cuan.

Share This Article
Sertifikasiku
About Author

Sertifikasiku

Sertifikasiku, platform edukasi online, membantu anak bangsa untuk memiliki sertifikasi kompetensi profesi yang sangat berguna untuk bersaing di era global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *