Soft skills merupakan salah satu hal pendukung yang bisa membuat karir kamu semakin sukses. Bahkan ada beberapa orang yang mengatakan jika keterampilan non teknis lebih berguna dibandingkan dengan keterampilan teknis atau hard skills ketika bekerja.

Tentu saja pendapat tersebut bisa saja benar, karena memang manfaat soft skills dalam karir sangat banyak.

Akan tetapi, pada umumnya, ketika ingin cara memperoleh kesuksesan dalam karir harus memiliki keterampilan teknis dan juga keterampilan non teknis yang baik.

Jadi ketika hanya memiliki keterampilan teknis saja tentunya tidak cukup. Karena sangat mungkin ketika dalam pekerjaan harus bersosialisasi dengan orang lain dan juga bekerjasama dengan banyak orang untuk bisa menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Sementara itu, jika mengandalkan keterampilan non teknis saja tanpa memiliki hard skills yang baik tentunya juga tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Karena dalam beberapa pekerjaan tertentu sangat menuntut kemampuan teknis untuk mendapatkan hasil pekerjaan yang maksimal.

Baca Juga : “Yang Harus Diperhatikan dalam Kontrak Perjanjian Kerja”

Pengertian Apa Itu Soft Skills ?

Pengertian Apa Itu Soft Skills ?

Mungkin saja masih ada banyak orang yang belum mengerti apa itu keterampilan non teknis. Ini merupakan keterampilan yang sangat dibutuhkan di era modern karena banyak pekerjaan menuntut kerjasama yang baik antar individu.

Seseorang dengan keterampilan non teknis yang baik akan mampu mempengaruhi orang lain dan juga menjalin hubungan dengan orang lain di sekitarnya dengan baik.

Soft skills adalah kemampuan seseorang dalam berkomunikasi, karakter, kecerdasan sosial yang sudah melekat dan juga kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan di sekitarnya baik itu dalam kehidupan maupun dunia pekerjaan.

Sekarang ini ada banyak orang yang memiliki kemampuan teknis yang baik akan tetapi tidak memiliki kemampuan non teknis yang baik. Begitu juga sebaliknya, ada banyak orang yang memiliki kemampuan non teknis baik akan tetapi memiliki kemampuan teknis yang buruk.

Dari beberapa penjelasan diatas, semoga bisa membantu kamu tentang basic memahami top skills dalam dunia kerja dengan baik. Ini merupakan kemampuan yang akan sangat berguna untuk mendukung karir kamu dalam dunia kerja.

Soft Skills yang Harus Dimiliki untuk Menunjang Karir

Soft Skills yang Harus Dimiliki untuk Menunjang Karir

Mendapatkan kesuksesan dalam dunia karir tentunya menjadi keinginan banyak orang. Berikut kemampuan interpersonal yang akan sangat berguna untuk membantu kamu memperoleh kesuksesan dalam karir.

1. Komunikasi

Mungkin ada banyak sekali orang yang bisa berkomunikasi atau berbicara dengan orang lain. Akan tetapi tidak banyak orang yang bisa berkomunikasi dengan baik.

Kemampuan komunikasi yang baik dengan lawan bicara adalah hal yang sangat penting ketika kamu harus bekerja sama dengan orang lain.

Kemampuan komunikasi yang baik ini akan sangat berguna untuk membantu agar menyampaikan gagasan atau pemikiran dengan jelas dan detail. Sementara itu, kamu juga harus bisa memposisikan diri sebagai pendengar yang baik ketika berkomunikasi dengan orang lain.

Lihat Juga : “Manfaat Memiliki Sertifikasi Kompetensi”

2. Public speaking

Kemampuan public speaking ini masih erat hubungannya dengan kemampuan berkomunikasi yang baik. Akan tetapi, public speaking ini lebih erat kaitannya dengan kemampuan berbicara di depan banyak orang.

Sekarang ini, masih ada banyak orang yang merasa grogi atau gugup ketika berbicara di depan banyak orang. Padahal dalam dunia kerja, sangat memungkinkan kamu harus mengutarakan gagasan di depan banyak orang.

Untuk kamu yang masih gugup ketika berbicara di depan banyak orang bisa mempelajari cara kuasai soft skills public speaking dengan ikut kursus dan sebagainya.

3. Leadership

Kepemimpinan adalah hal yang sangat penting untuk dimiliki ketika ingin menduduki jabatan penting di dalam sebuah perusahaan.

Sekarang ini masih ada banyak orang yang kurang menyadari bahwa kemampuan non teknis sangat penting. Soft skills adalah salah satu kemampuan yang sepertinya wajib dimiliki ketika ingin mendapatkan kesuksesan di dalam karir.

Jika kamu sedang dalam tahap persiapan karir, memiliki soft skill yang baik juga harus kamu persiapkan loh sob. Yuk cari tahu kiat-kiat persiapan karir di E-Book gratis dari Sertifikasiku >> Download. Cari tahu juga pelatihan sertifikasi kompetensi yang bisa bantu kamu upgrade skill yang kamu punya di Sertifikasiku.com!

Share This Article
Sertifikasiku
About Author

Sertifikasiku

Sertifikasiku, platform edukasi online, membantu anak bangsa untuk memiliki sertifikasi kompetensi profesi yang sangat berguna untuk bersaing di era global.

2 Comments

    […] selama ini tersembunyi. Selanjutnya, simak dan terapkan cara-cara mengembangkan potensi diri atau skill dalam berkarir berikut […]

    […] Baca Juga : “Kuasai Soft Skills Wajib Agar Kariermu Sukses“ […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *