Kolaborasi Akan Pentingnya Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kerja

Sertifikat kompetensi adalah bentuk pengakuan kepada tenaga kerja yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja dengan standar kompetensi yang dipersyaratkan. Begitu juga untuk uji kompetensi dilakukan dengan mengacu pada standar kerja nasional, internasional atau standar kerja lainnya. Pentingnya sertifikasi kompetensi dapat memastikan bahwa tenaga kerja terjamin kredibilitasnya dalam melakukan suatu kegiatan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya.

Salah satu permasalahan yang ada di masyarakat adalah terkait pengangguran. Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan jumlah pengangguran pada tahun 2022 terbanyak merupakan lulusan SMK sekitar 8,42 juta orang. Sedangkan 5,83 persen dari total penduduk usia kerja 208,54 juta pengangguran di Indonesia adalah dari lulusan jenjang diploma dan sarjana. Biasanya mereka belum memiliki sertifikat kompetensi. Selain itu masih kalah bersaing dengan lulusan lain ataupun dengan tenaga kerja asing yang telah memiliki sertifikat kompetensi. Maka sertifikat kompetensi ini begitu penting untuk dimiliki oleh lulusan SMK, diploma ataupun sarjana untuk dapat dijadikan modal dalam memasuki dunia kerja.

Baca Juga : “Bahas Perkembangan Karir, Etika Kerja dan Skill Kepemimpinan”

Pentingnya sertifikat kompetensi dalam dunia kerja, menjadi perhatian khusus dari para pelaku lembaga pelatihan. Satu diantara yang memiliki perhatian khusus untuk pelatihan pentingnya sertifikasi kompetensi adalah Sertifikasiku sebagai training provider yang ada di Indonesia. Sertifikasiku melakukan banyak kolaborasi dengan berbagai pihak untuk membuka jalan bagi tenaga yang sudah tersertifikasi. Selain itu kolaborasi dilakukan untuk ikut membantu pemerintah menekan angka pengangguran dan ikut meningkatkan kualitas tenaga kerja dalam bersaing di dunia industri. “Kolaborasi merupakan hal penting untuk pembinaan skill dan kompetensi sekaligus penyaluran tenaga kerja”, ungkap CEO Sertifikasiku.com, M. Brian Mayzan.

Lihat Juga : WAJIB! 3 Kompetensi yang Dibutuhkan untuk kerja Tahun 2023

Salah satu kolaborasi yang dilakukan Sertifikasiku yaitu menjalin kerjasama dengan HayoKerja sebagai provider penyalur kebutuhan tenaga kerja bagi perusahaan yang ada di Indonesia.  Kerjasama dilakukan pada awal Januari 2023. Seperti kita ketahui, sekarang ini Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi bagian penting dalam operasional perusahaan. Pentingnya peningkatan skill dan kompetensi sumber daya sebagai pertimbangan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional perusahaan. “Harapannya dengan kerjasama ini bisa membantu kedua belah pihak, baik dari sisi klien ataupun dari sisi kandidat pelamar,  untuk klien mendapatkan pekerja yang mempunyai skill dan attitude yang baik, dan bagi kandidat bisa mendapatkan pelatihan untuk di dunia kerja yang dituju” ujar Alexander Ivan Tirta Direktur Utama HayoKerja.

Sertifikasiku memiliki banyak program untuk mempersiapkan tenaga yang mumpuni dan siap untuk berkarya. Sertifikasiku dan HayoKerja memberikan dukungan sepenuhnya bagi calon tenaga kerja untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai di berbagai bidang yang dibutuhkan.

Share This Article
Sertifikasiku
About Author

Sertifikasiku

Sertifikasiku, platform edukasi online, membantu anak bangsa untuk memiliki sertifikasi kompetensi profesi yang sangat berguna untuk bersaing di era global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *