Mencari serta memperoleh pekerjaan tidaklah perihal yang gampang. Ditambah dengan kondisi ekonomi yang tidak menentu, serta banyaknya industri yang melaksanakan penyusutan bisnis, seorang hendak dihadapkan dengan kompetisi yang sangat ketat. Maka dari itu harus berusaha untuk melakukan wawancara kerja dengan baik. Umumnya banyak sekali persiapan dibutuhkan karena mempengaruhi kelayakan penerimaan.

Tapi sayangnya banyak orang belum berpengalaman melakukan berbagai kesalahan. Tentu mungkin disebabkan karena pengetahuan belum terlalu banyak dimiliki. Begitu juga dengan kelalaian sampai kurangnya ketenangan waktu melamar.

Pastinya kalau dibiarkan dapat membuat kesempatan diterima menjadi berkurang. Bagi kamu yang baru mencoba melamar posisi, harus mengetahui berbagai kesalahan buruk. Tujuannya untuk menghindari dan mampu mencoba mengatasinya.

Baca Juga : “Tips Membuat CV Agar Dilirik HRD”

Kesalahan Saat Wawancara Kerja Yang Sering Dilakukan

Kesalahan Saat Wawancara Kerja Yang Sering Dilakukan

Berbagai kesalahan terburuk yang dilakukan oleh seorang pencari kerja kadang memang menyulitkan. Meski begitu bukan berarti sulit kita antisipasi dari awal. Melainkan bisa segera diketahui dan pastikan agar tidak melakukannya.

1. Terlambat Datang

Terlambat datang tentunya dapat dianggap sebagai kesalahan paling sering dilakukan. Banyak yang menganggap fatal sehingga jangan sampai kamu ketinggalan jadwalnya. Hal ini juga berlaku saat mencoba untuk melamar kerja online.

Terlambat pastinya buruk disebabkan akan menjadi kesan pertama pada diri kamu. Pastinya perusahaan dapat menganggap kalau pelamar kurang memberi rasa hormat. Bahkan tidak menutup kemungkinan segera ditolak saat wawancara kerja.

Hal ini juga berlaku apabila memberikan surat lamaran kerja tanpa posisi. Meski dalam posisi paling kecil sekalipun tidak bisa diterima. Jadi, ada baiknya untuk datang lebih cepat untuk bukti keseriusannya.

2. Belum Menggali Informasi saat Wawancara Kerja

Apabila kamu belum menggali informasi tentang perusahaan juga dapat menjadi masalah buruk. Kamu diwajibkan melakukan riset dan analisa berkaitan pada perusahaan. Begitu juga mengenai seperti apa posisi atau pekerjaan yang ingin dilamar.

Pelamar nantinya dapat melihat contoh formulir lamaran kerja untuk menyamai. Perusahaan bisa menganggap kalau kamu telah melakukan inisiatif. Lalu dianggap juga kamu sudah siap dan serius menerima tugas dari perusahaan.

Lihat Juga : “Gimana rahasia sukses dalam karir?”

3. Pakaian Kurang Rapi

Apabila memakai pakaian kurang rapi juga sering dijadikan sebagai kesalahan buruk. Apalagi kalau kurang soal disebabkan memberi kesan paling buruk. Tapi harus sesuai dengan budaya sekaligus ketentuan dari tempat melamarnya.

Kunci utamanya mengetahui apakah memakai pakaian formal atau digabung informal. Hal ini juga sama pentingnya jika melamar kerja online. Bisa juga melihat pada profil media sosial dan foto para karyawan.

4. Menghindari Kontak Mata

Kesalahan lainnya yang penting dihindari adalah menghindari kontak mata pada pewawancara. Melakukan kontak mata sebenarnya mampu memberi kesan baik. Tidak heran begitu dibutuhkan karena membuktikan juga kalau memiliki percaya diri.

Bahkan dianggap lebih penting dibanding paham cara mengisi formulir lamaran kerja. Kamu dapat memiliki nilai lebih dibanding dengan saingan lain. Tapi penting diingat jangan sampai kehilangan fokus, hindari sembarang arah.

5. Kurang Banyak Bertanya

Pastikan juga apabila jangan kurang banyak bertanya waktu melakukan interview tersebut. Banyak bertanya ternyata mampu membuktikan kalau sedang serius. Jika pewawancara selesai, jangan langsung meninggalkan tempat interview.

Kamu dapat bertanya atau diskusi kembali mengenai posisi yang diinginkan. Begitu juga dengan kondisi, situasi atau keunggulan dari perusahaan. Tapi berbagai pertanyaan harus menyesuaikan dengan kebutuhan wawancara tersebut tentunya dengan kata-kata untuk melamar kerja yang baik.

Sebelum memulai proses melamar pekerjaan, disarankan juga untuk melihat lebih banyak contoh. Apalagi karena contoh formulir lamaran kerja memiliki fungsi akurat. Tidak lain untuk membantu kamu menguatkan kembali kemampuan tersebut.

Selain itu wajib untuk mengingat setiap jenis kesalahan supaya tidak kamu lakukan. Pastinya dapat selalu menekankan diri untuk tidak melakukan hal serupa. Melainkan secara maksimal bisa menunjukkan kemampuan dan keunggulan.


Banyak sekali kelas, event webinar hingga E-Book yang bisa kamu pelajari untuk kiat-kiat persiapan karir kamu. Salah satunya dengan belajar di buku gratis “Career Preparation 101” Sertifikasiku, Pastinya semua materinya sangat berguna buat kamu yang sedang mempersiapkan karir loh sob! Klik disini untuk dapatkan free E-Book

Share This Article
Sertifikasiku
About Author

Sertifikasiku

Sertifikasiku, platform edukasi online, membantu anak bangsa untuk memiliki sertifikasi kompetensi profesi yang sangat berguna untuk bersaing di era global.

1 Comment

    […] Baca Juga : “Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Saat Wawancara Kerja” […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *