Membuat perencanaan karir masa depan menjadi salah satu pertanda kamu telah mengatur diri sendiri. Tidak lain meraup kesuksesan masa depan dengan rencana akurat. Bahkan ada baiknya dilengkapi jadwal serta prosedur khusus dalam prosesnya.

Kamu tidak disarankan untuk sekedar menjadi bagian dari sejarah kehidupan sendiri. Melainkan mampu menjadi penentu dari sejarah untuk masa depan. Urusan karir begitu krusial sehingga harus cermat dalam persiapannya.

Baca Juga : “Ini Dia Tips Cepat Cari Kerja, Fresh Graduate Wajib Tahu!”

Jadi #Sipalingsiap dengan Perencanaan Karir Masa Depan

Panduan Menyusun Perencanaan Karir Masa Depan

Dalam proses pembuatan rencana karir dapat dimulai dengan proses termudah dan simple. Terutama berkaitan dengan evaluasi sampai penentuan arah terbaik. Begitu juga analisa, komitmen sampai mencoba melakukan review berulang. Jadi bagaimana cara menyusun manajemen karir ? Berikut ulasannya.

1. Mencoba Self Evaluation

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencoba self evaluation dulu. Tentunya penting karena harus mengetahui bagaimana jiwa atau soul saat bekerja. Harus sesuai dengan perasaan kalau ingin menerima karir terbaik.

perencanaan karir adalah sesuatu bentuk perencanaan yang dibuat seseorang dalam proses meniti karir atau peningkatan jabatan berdasarkan keahlian yang dimiliki.  Tidak heran penting mengetahui tentang adanya need and want. 

2. Tentukan Arah

Menentukan arah termasuk contoh career planning terbaik yang penting diikuti. Kamu harus mengetahui mana arah industri yang paling diinginkan saat ini. Tidak masalah apabila memang disukai atau digemari sebagai impian.

Misalnya sedang menyukai tren teknologi. Tentu dapat mengarahkan dirinya untuk masuk dalam dunia pemasaran digital atau digital marketing seperti menjadi content creator atau digital marketer. Pastikan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki, atau dapat diasah dengan program sertifikasi digital marketing terlebih dahulu.

Jadi #Sipalingsiap dengan Perencanaan Karir Masa Depan

3. Menganalisa Keahlian

Dalam usaha career management, penting juga bagi kamu untuk cermat saat menganalisa keahlian. Pastinya harus melihat seperti apa jenis pekerjaan yang tepat pada kompetensi yang dimiliki. Jangan terlalu memaksa dengan keadaan sama sekali.

Wajib diingat karena waktu tidak dapat diulang sehingga rencananya harus tepat. Tidak menutup kemungkinan penting mengetahui soal kelemahan sampai kekuatan diri sendiri. Bisa dimulai dengan merencanakan untuk upgrade skill yang dimiliki, contohnya dengan mengikuti kursus online atau sertifikasi kompetensi.

4. Komitmen Pada Time Frame

Selanjutnya penting memiliki komitmen pada time frame yang sudah direncanakan. Penting bagi kamu agar memahami soal achievement sampai rewards impian. Tentu diperoleh setelah berhasil menjalankan rencana pada karirnya.

Time frame dalam contoh career planning penting dijalankan sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Misalnya dalam waktu 12 bulan ingin memiliki skill profesional, kemudian dalam waktu selanjutnya ingin menambah skill lainnya.

Lihat Juga : “Start Your Career in New Normal”

5. Melakukan Review Ulang

Melakukan review ulang dapat membuat diri kamu memiliki kemampuan untuk menilai diri sendiri. Pastinya kita dapat menemui keluhan dan tantangan pada karir. Jangan sampai keluar dan menyebabkan kegagalan pada masa depan.

Kamu wajib melakukan pemantauan apakah planning ini telah bekerja dengan maksimal. Kalau perlu catat kekurangan dan kelebihan pada masa perencanaan karir. Baru setelah itu dapat menemui kesempurnaan soal menemui karir masa depan.

Saat ini career planning adalah strategi yang sangat penting untuk dilakukan. Tidak heran jika perlu adanya perencanaan maksimal bagi setiap orang. Apalagi jika baru lulus dan ingin segera memulai karirnya.

Bahkan seringkali telah dibuat beberapa tahun sebelum lulus dari sekolah atau universitas. Tentu dapat membantu dengan baik pencapaian yang diinginkan. Jadi, pastikan sudah memilikinya sejak lama sehingga mampu segera bekerja.

Jadi #Sipalingsiap dengan Perencanaan Karir Masa Depan

#SiPalingSiap Perencanaan Karir Masa Depan Bersama Sertifikasiku

Buat kamu yang sedang merencanakan karir impian, #SiPalingSiap bersama Sertifikasiku hadir mewakili semangat dan jiwa anak muda masa kini. Terutama bagi calon pekerja generasi millennial yang akan mempersiapkan karir masa depannya.

Sebagai gerakan untuk mendukung pencari kerja dan membantu mempersiapkan karir, terutama dengan bantuan kelas pelatihan yang bermanfaat. Sertifikasiku juga membantu sobat dalam persiapan karir melalui E-Book gratis “Career preparation 101” yang bisa kamu dapatkan disini  

Ingin meningkatkan skill profesional sebagai persiapan karir masa depan kamu sob? Sertifikasiku menyediakan kelas kursus online dan juga kelas sertifikasi kompetensi bersertifikat resmi yang pastinya bermanfaat untuk mengasah kemampuan yang kamu miliki. Yuk sekarang juga cek ada kelas apa saja di website Sertifikasiku

Share This Article
Sertifikasiku
About Author

Sertifikasiku

Sertifikasiku, platform edukasi online, membantu anak bangsa untuk memiliki sertifikasi kompetensi profesi yang sangat berguna untuk bersaing di era global.

1 Comment

    […] Baca Juga : Jadi #Sipalingsiap dengan Perencanaan Karir Masa Depan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *