Berbeda dengan investor, seorang broker saham sebagai ahli pasar modal membutuhkan sertifikasi pasar modal. Tidak hanya menjadi lisensi, sertifikat ini menjadi bukti keahlian teknis seorang broker di bidang investasi ini.

Selain berinvestasi, menjadi broker ahli pasar modal juga merupakan peluang karir menjanjikan dengan nominal gaji tidak sedikit. Meski berpeluang tinggi, seorang broker harus memiliki kemampuan khusus seperti analisis dan manajemen.

Broker saham di Indonesia disebut juga sebagai Wakil Perantara Perdagangan Efek (WPPE) yang bekerja di perusahaan sekuritas. Profesi ini bertugas memberi informasi penting serta menjembatani antara investor dan perusahaan sekuritas.

Baca Juga : “Macam-Macam Profesi Penunjang Pasar Modal

Cara Menjadi Broker Investasi Saham dengan Sertifikasi Pasar Modal

Cara Menjadi Broker Investasi Saham dengan Sertifikasi Pasar Modal

Broker saham adalah profesi yang sangat erat kaitannya dengan investasi capital market atau pasar modal. Pada dasarnya, broker adalah ahli capital market yang menjadi perantara antara investor dengan perusahaan sekuritas.

Dengan semakin berkembangnya industri pasar modal Indonesia, profesi ahli pasar modal seperti broker menjadi opsi karir menarik dan menjanjikan. Jika tertarik dengan profesi ini, berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan.

1. Mempelajari Dunia Pasar Modal

Seorang ahli investasi saham wajib mengetahui segala hal terkait dunia capital market, khususnya di Indonesia. Mulai dari regulasi yang berlaku, cara bertransaksi, belajar analisa saham, etika, dan lain sebagainya.

Untuk mempelajari semua hal ini, kamu tidak harus menjadi lulusan dari jurusan ekonomi, akuntansi, atau semacamnya. Selain melalui internet, kamu bisa belajar melalui seminar, pelatihan, workshop, hingga mengikuti sertifikasi saham.

Berbagai lembaga swasta di Indonesia sering menyelenggarakan kursus yang bisa diikuti oleh peminat capital market. Salah satu contohnya adalah kamu bisa ikut sertifikasi pasar modal di Sertifikasiku.

2. Memperoleh Sertifikat Kompetensi

Untuk menjadi ahli di pasar modal, seseorang wajib memperoleh lisensi atau bukti kalau dirinya memang kompeten. Sertifikat bidang pasar modal ini hanya bisa diperoleh melalui pelatihan dan ujian berstandarisasi nasional dari lembaga berwenang.

Di Indonesia, ujian sertifikasi untuk industri pasar modal umumnya diadakan oleh lembaga resmi dan diakui pemerintah, biasanya oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Ujian yang dikerjakan berisi soal-soal yang berhubungan tentang aktivitas pasar modal.

Contoh lembaga dengan program sertifikasi untuk memperoleh sertifikasi Pasar Modal yaitu Sertifikasiku.com. Pilihlah lembaga dengan kurikulum yang memenuhi kompetensi dasar bidang capital market.

3. Melatih Kemampuan Komunikasi

Seorang broker harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk membantu proses diskusi dan negosiasi bersama investor. Keahlian berkomunikasi dapat memengaruhi tingkat kepercayaan klien untuk bekerja sama.

Oleh karena itu, kamu perlu melatih kemampuan komunikasi dan public speaking. Hal lain yang perlu dikembangkan adalah rasa percaya diri. Semakin meyakinkan kamu berbicara, semakin yakin pula investor saat mendengar.

4. Menyiapkan Cukup Modal

Tidak hanya investor, bahkan broker yang telah memiliki gelar CSA juga harus menyiapkan pemodalan cukup tinggi untuk berinvestasi. Modal ini dibutuhkan untuk mempersiapkan diri dalam kondisi tertentu.

Pastikan sumber dana yang dimiliki berasal dari uang pribadi. Dana pinjaman dari bank atau orang lain akan memberi risiko lebih tinggi untuk kamu.

5. Melamar di Perusahaan Sekuritas Resmi

Setelah mempelajari dunia investasi saham, mengikuti sertifikasi, serta mengasah kemampuan komunikasi, kamu dapat melamar ke perusahaan sekuritas. Pastikan perusahaan tersebut telah resmi terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI).

Perusahaan dengan reputasi baik umumnya lebih selektif dalam memilih ahli pasar modal. Oleh karena itu, persiapkan diri kamu untuk berbagai tes dan tahap wawancara.

Meskipun proses menjadi seorang ahli pasar modal tidaklah mudah, pekerjaan ini memiliki prospek yang bagus. Dengan mengikuti sertifikasi pasar modal, kamu dapat memperoleh kemampuan dan lisensi yang dibutuhkan sebagai seorang ahli pasar modal. Sertifikasiku.com siap membantu kalian untuk belajar dan dapatkan sertifikasi bidang pasar modal.

Sertifikasiku memiliki berbagai pelatihan sertifikasi pasar modal yaitu khusus belajar analisa fundamental saham di Regular Securities Analyst (RSA) tingkat madya, dan Certified Securities Analyst (CSA) untuk tingkat utama. Analisa teknikal dengan mengikuti Regular Technical Analyst (RTA) dan bidang Investment Banking tingkat utama Certified Investment Banking (CIB). Untuk info lengkap, silahkan cek di website Sertifikasiku ya sob!

Share This Article
Sertifikasiku
About Author

Sertifikasiku

Sertifikasiku, platform edukasi online, membantu anak bangsa untuk memiliki sertifikasi kompetensi profesi yang sangat berguna untuk bersaing di era global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *