Investment banking indonesia menjadi sebuah profesi yang pekerjaannya berhubungan dengan bidang korporasi keuangan perusahaan. Berbagai tugas harus dilakukan oleh profesi ini. Seperti, merger dan akuisisi yang akan menyusun kesepakatan menguntungkan pihak penjual dengan pembeli.

Investment banker juga bertugas melakukan pengaturan terhadap proyek keuangan. Mulai dari pengumpulan dana, menerbitkan obligasi untuk pembiayaan, mengelola seluruh dokumentasi serta mencari investor.

Sebenarnya masih banyak tugas lain yang tanggung jawabnya berbeda-beda. Secara umum tugas investment banking Indonesia sama, namun tetap menyesuaikan kebijakan setiap perusahaan. Mengenai tahapan karir seorang banker investasi serta prospek kerjanya, yuk simak uraian berikut!

Baca Juga : “Melihat Peluang Karir di Pasar Modal Indonesia”

Investment Banking Indonesia: Definisi, Tugas dan Prospek Kerja

Tahapan Karir Seorang Banker Investasi Penting Diketahui

Setiap profesi memiliki tahapan karir, ini bukan hanya berpengaruh terhadap posisi jabatan, tapi juga besarnya gaji investment banking serta jenis pekerjaan yang diberikan. Menurut survey dari Kompas.com, gaji untuk posisi di bidang Investment Banking sekitar Rp 392 juta sampai Rp 735 juta per tahun. Tahapan karir seorang banker investasi meliputi:

1. Analis investment banking indonesia

Tahapan pertama yaitu analisis, yang memerlukan durasi waktu sekitar tiga hingga empat tahun. Pada tahapan ini, yang akan kamu kerjakan sebagai seorang analis profesional yaitu melakukan penelitian dasar serta mengelola laporan pengembangan milik klien.

2. Rekan atau Associate

Tahapan seorang banker investasi selanjutnya yaitu rekan atau associate, yang merupakan sebutan bagi seseorang bergelar MBA (Master of Business Administration). Pada tahapan ini, tugasnya beralih membentuk jaringan pribadi bersama klien.

Setelah itu, keduanya bisa mulai untuk menentukan berbagai aspek berhubungan dengan bisnis. Mulai dari nilai, real estate, obligasi serta lainnya dalam rangka menciptakan arus kas.

3. Wakil Presiden serta Direktur

Tahapan berikutnya dalam profesi investment banking yaitu wakil presiden serta direktur. Menjadi wakil presiden merupakan pintu gerbang menuju posisi manajemen menengah pada lingkup bank investasi.

Hal ini karena pengalamannya sudah lebih banyak dibandingkan posisi di bawahnya. Saat menjadi wakil presiden, perlu adanya peran aktif dalam upaya menemukan serta mengarahkan klien.

Sedangkan untuk posisi direktur investment bank Indonesia, tanggung jawab dan kewajibannya berbeda. Yaitu memberikan rekomendasi kepada para klien. Selain itu mengantisipasi saat ada perubahan.

4. Direksi atau Managing Director

Tahapan paling atas dari investment banker yaitu direksi atau managing director. Posisi ini memiliki tugas utama menemukan klien baru, supaya kuantitasnya meningkat. Klien yang sudah ada dikelola dengan baik oleh direksi secara aktif.

Tugas lainnya adalah menghasilkan berbagai ide baru untuk keberlangsungan bisnis milik klien. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menjaga loyalitas dari klien.

Baca Juga : “Investment Banking, Alasan dan Kemudahan untuk Trading Saham

Investment Banking Indonesia: Definisi, Tugas dan Prospek Kerja

Prospek Kerja Investment Banking Indonesia Sekarang Hingga Mendatang

Penting dipahami, bahwa menjadi investment banker dalam Pasar modal bukanlah hal mudah. Harus benar-benar siap dan diperlukan kerja keras. Terutama jika kamu memiliki goal utama mendapatkan jabatan puncak, sebagai managing director.

Pesaing dalam sebuah perusahaan akan banyak, terlebih bila skalanya kategori besar. Bukan hanya persaingan karyawan internal saja, tapi juga eksternal. Inilah yang membuat berusaha terbaik sangat penting dilakukan.

Mengenai prospek kerja dari profesi banker investasi ini sangat menjanjikan. Beban tanggung jawabnya cukup tinggi, namun sebanding dengan gaji yang diterima. Apalagi sekarang ini sudah banyak perusahaan yang mempercayakan masalah pendanaan kepada investment banking indonesia.

Jadi, dipastikan dari waktu ke waktu akan semakin mengalami peningkatan pengguna yang akan membuat posisi ini juga ikut bertambah kebutuhan tenaga kerjanya. Bukan hanya gajinya yang menarik, tapi juga jenjang karirnya.

Bagi Sobat Sertifikasiku yang ingin menjalankan karir di bidang ini, kamu perlu ketahui ilmu dasarnya sob. Kamu bisa ikuti pelatihan sertifikasi investment banker untuk mendapatkan sertifikat dan mengembangkan skill kamu di bidang ini. 

Sertifikat ini bisa digunakan sebagai salah satu bukti bahwa kamu berkompetensi di bidang tersebut. Sertifikasiku punya program baru yaitu pelatihan Sertifikasi Investment Banker atau CIB (Certified Investment Banking) dengan harga terjangkau dan memberikan jaminan kualitas. Yuk asah skill kamu di bidang ini dengan mengikuti sertifikasi pasar modal investment banker!

see you in class!

Share This Article
Sertifikasiku
About Author

Sertifikasiku

Sertifikasiku, platform edukasi online, membantu anak bangsa untuk memiliki sertifikasi kompetensi profesi yang sangat berguna untuk bersaing di era global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *