Banyak sekali manfaat sertifikasi kompetensi yang bisa kamu dapatkan, terlebih lagi sertifikasi ini bisa menjadi nilai tambah bagi kamu saat melamar pekerjaan. Saat cari kerja, biasanya kita akan menunjukkan segala kemampuan juga prestasi yang pernah diraih sebelumnya.

Karena pengalaman di dunia kerja juga masih minim, biasanya perusahaan lebih meremehkan para fresh graduate dan lebih memilih karyawan berpengalaman. Namun stigma tersebut dapat dipatahkan, dengan menunjukkan sertifikasi profesi yang kamu ikuti.

Dengan memiliki sertifikasi kompetensi ataupun profesi, dokumen tersebut bisa menjadi cara cepat mendapatkan pekerjaan. Tentunya kita ingin agar langsung mendapat pekerjaan, setelah lulus agar semakin banyak juga pengalaman bisa didapatkan selama bekerja.

Lihat Juga : “Start Your Career in New Normal”

Tips Meningkatkan Karir saat Masih Menjadi Fresh Graduate di Dunia Kerja

Tips Cari Kerja saat Masih Menjadi Fresh Graduate

Ketika sudah lulus, rasa pengen kerja akan semakin meningkat. Hal ini juga dirasakan oleh banyak fresh graduate, dimana mereka harus menentukan jenis pekerjaan yang cocok, serta melamar ke berbagai perusahaan memenuhi spesifikasi dan kriteria yang ditentukan.

1. Menentukan Pekerjaan Diinginkan

Untuk bisa mendapatkan pekerjaan, maka ketahui terlebih dulu jenis pekerjaan apa yang cocok dengan kamu. Tentukan posisi yang diinginkan, jenis perusahaan yang diinginkan serta nilai atau budaya kerja seperti apa yang menjadi peganganmu.

Lalu disesuaikan juga dengan kemampuan serta skill yang kamu miliki, dengan begitu akan lebih mudah bagi kamu dalam mendapat pekerjaan, apalagi jika sudah memiliki sertifikat kompetensi kerja.

2. Membuat CV Menarik dan Sesuai

Cara mudah mendapatkan pekerjaan selanjutnya adalah membuat CV, hal ini merupakan tahap awal dalam memulai melamar kerja. Pastikan bahwa CV tersebut menarik, dan juga tidak ada ejaan atau grammar yang salah. 

Melalui CV, pihak perusahaan akan menilai apakah kamu cocok untuk bergabung ke perusahaan mereka atau tidak. Penting untuk memperhatikan CV agar terlihat profesional, meskipun pengalaman karir masih minim.

3. Mengembangkan Skill

Tips berikutnya yaitu mengembangkan skill, banyak cara yang dapat dilakukan, dan salah satunya adalah mengikuti kelas untuk mendapat sertifikat kompetensi kerja.

Dengan memiliki sertifikasi atas bidang yang kamu tekuni, maka bisa menjadi cara cepat cari kerja pada perusahaan dengan bidang sesuai dengan pelamar.

4. Jangan Terlalu Pemilih

Jika kamu bertanya dari manakah seorang pelamar mendapat informasi tentang lowongan pekerjaan, tentunya saat ini banyak sekali media yang menyediakannya. Bisa melalui aplikasi penyedia layanan kerja, sosial media maupun media online lainnya.

Namun salah satu tips cari kerja adalah, jangan terlalu pemilih terlebih lagi kamu belum memiliki pengalaman apapun.

Manfaat Sertifikasi Kompetensi saat Melamar Pekerjaan

Manfaat Sertifikasi Kompetensi saat Melamar Pekerjaan

Cara mencari pekerjaan akan terasa mudah, jika sudah mengetahui tips dan triknya. Terlebih lagi saat ini banyak media, dapat dimanfaatkan untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan, namun kamu juga harus tau bahwa sertifikasi kompetensi cukup penting untuk dimiliki.

1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Manfaat sertifikasi kompetensi yang pertama adalah, dapat meningkatkan kepercayaan diri kamu, karena hal tersebut membuat kamu lebih unggul dibanding pelamar lainnya. Rasa percaya diri tersebut tentu akan terpancar, dan membuat kamu terlihat profesional serta berkompeten.

Untuk bisa mendapatkan sertifikasi profesi, tentu pelamar harus mengikuti kelas terlebih dahulu, agar mendapatkan pemahaman serta ilmu bermanfaat untuk diterapkan saat bekerja.

2. Memudahkan dalam Menyaring Calon Karyawan

Dengan memiliki sertifikasi BNSP dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi, pihak perusahaan juga lebih mudah menyaring calon karyawan yang masuk.

Karena karyawan memiliki sertifikat kompetensi kerja, pasti memiliki kualifikasi sesuai dengan standar perusahaan sehingga peluang diterima lebih tinggi.

3. Meningkatkan Produktivitas Kerja

Manfaat sertifikasi kompetensi lainnya adalah meningkatkan produktivitas kerja, tentunya hal ini dibutuhkan oleh banyak perusahaan. 

Dengan memiliki sertifikasi profesi, nantinya kamu juga bisa lebih memahami bagaimana bekerja secara profesional pada bidang yang ditekuni.

4. Mampu Mengukur Kemampuan Diri Sendiri

Sertifikasi BNSP memang dapat membantu pelamar, dalam mengukur kemampuan diri sendiri, sehingga tau apa kekurangan yang harus diperbaiki, dan kelebihan yang harus ditingkatkan. 

Cara mendapatkan pekerjaan memang beragam, mungkin ada fresh graduate yang langsung mendapat pekerjaan, ada pula yang harus mengikuti berbagai wawancara kerja. Mungkin salah satu solusi yang dapat kamu terapkan adalah, dengan mengikuti kelas atau sertifikasi kompetensi.

Dan kamu bisa mendapatkannya di Sertifikasiku.com, rangkai karir yang ingin diraih setelah lulus kuliah dengan mengikuti kelas online serta kelas sertifikasi kompetensi yang kami adakan. Terdapat berbagai macam kelas yang bisa diikuti, dengan berbagai macam bidang pengetahuan.

Dapatkan segera manfaat sertifikasi kompetensi, untuk bidang kelas sertifikasi yang disediakan  yaitu : sertifikasi kompetensi bidang digital, sertifikasi kompetensi bidang pasar modal dan sertifikasi kompetensi manajemen risiko. Yuk ikuti kelas Sertifikasiku agar kamu bisa segera mendapat pekerjaan impian.

Share This Article
Sertifikasiku
About Author

Sertifikasiku

Sertifikasiku, platform edukasi online, membantu anak bangsa untuk memiliki sertifikasi kompetensi profesi yang sangat berguna untuk bersaing di era global.

2 Comments

    […] Baca Juga : “Ini Dia Tips Cepat Cari Kerja, Fresh Graduate Wajib Tahu!” […]

    […] Baca lainnya: Ini Dia Tips Cepat Cari Kerja, Fresh Graduated Wajib Tahu! […]

Comments are closed.