Mencari saham yang bagus sangat penting untuk dilakukan oleh para investor yang terjun di pasar modal. Dengan menemukan pilihan terbaik, maka potensi untuk mendapatkan keuntungan atas investasi akan semakin besar. 

Setelah menentukan tujuan dan jenis-jenisnya, kamu akhirnya bisa merasakan manfaatnya sesuai tujuan awal berinvestasi di pasar modal pilihan. Namun jika kamu masih pemula dalam dunia ini, maka tidak perlu khawatir.

Ada banyak tips serta saran dalam menemukan saham terbaik dan bisa diikuti oleh pemula, sehingga bisa ikut serta merasakan keuntungan seperti orang-orang berpengalaman di dalam dunia ini.

Baca Juga : “Peran Pasar Modal dalam Perekonomian Negara Indonesia”

Cara Mencari Saham yang Bagus Agar Untung

Cara Mencari Saham yang Bagus Agar Untung

Di bawah ini kami sajikan beberapa tips untuk mendapatkan pilihan terbaik dan mudah untuk diikuti oleh pemula sekalipun. Simak langkahnya agar kamu bisa berinvestasi dengan baik dan tepat berikut:

1. Memahami Konsep PER (Price to Earning Ratio)

Langkah pertama dalam mencari saham yang bagus adalah dengan mengetahui terlebih dahulu mengenai Price to Earning Ratio ini. PER merupakan rasio yang dimanfaatkan sebagai gambaran mengenai perbandingan antara harga saham dengan penghasilan berupa keuntungan atau laba.

Untuk mengetahui mengenai PER, kamu harus menghitungnya dengan menggunakan sebuah rumus. Rumusnya yaitu PER = harga saham dibagi EPS (harga saham : EPS). EPS (Earning per Share) adalah laba bersih dari setiap lembar yang kamu beli.

Ketika nilai hitungan PER dari sebuah perusahaan atau emiten semakin kecil, maka harga sahamnya juga semakin murah.

2. Memilih Perusahaan dengan Saham yang Bagus

Pilihlah perusahaan atau emiten dengan pertumbuhan labanya positif. Selain itu untuk mencari saham yang bagus dan potensial dari suatu emiten, kamu juga harus melihat kestabilan pendapatan dan laba mereka. Caranya adalah dengan melihat data mereka dalam 10 tahun terakhir.

Kemudian lihat juga seperti apa aktivitas operasional perusahaan beserta pos dari arus kas mereka. Apabila nilai arus kas mendekati net income, maka emiten ini termasuk baik.

3. Mengecek Fundamental Saham

Setelah menentukan perusahaannya, periksalah portofolio mereka. Untuk melakukan analisis fundamental, fokusnya adalah terhadap aspek finansial serta nilai buku ekuitas produk mereka. 

Jika memilih perusahaan dengan fundamental baik, maka potensi mendapat keuntungan lebih besar dan kerugian menurun

Lihat Juga : “How to Trade with Technical Analyst”

4. Mengerti Mengenai Analisis Teknikal

Analisis teknikal juga merupakan salah satu cara tepat untuk mencari saham yang bagus. Fokus pada analisis ini adalah mengenai pengelolaan terhadap data-data pasar yang aktual.

Tujuan bagi investor tentu saja adalah agar bisa menentukan dan mengambil keputusan mengenai kelayakan sebuah saham untuk dibeli maupun tidak.

5. Memilih Saham yang Bagus Pada Indeks LQ45

Jika masih pemula, kamu pasti akan kebingungan ketika menentukan pilihan ketika akan membeli instrumen investasi tersebut. Saran dari kami adalah melakukan pembelian terhadap saham yang masuk ke dalam LQ45, IDX30, atau saham-saham aktif.

Pada umumnya saham-saham pada indeks ini memiliki likuiditas tinggi dan sudah memiliki fundamental perusahaan yang bagus. 

6. Memilih Saham Perbankan Atau Consumer Goods

Kedua jenis perusahaan ini termasuk aman untuk menjadi tempat menanamkan modal. Hal tersebut karena keduanya memiliki nilai yang cenderung baik sekaligus tidak mudah mengalami penurunan. 

Jika kamu seorang pemula, kamu bisa menjadikan instrumen investasi dari sektor perbankan dan consumer good sebagai penanda investasi perdana.

Tidak hanya berdasarkan mencari saham yang bagus di atas, kamu juga harus selalu upgrade dan update mengenai keadaan pasar modal terbaru agar lebih mantap ketika berinvestasi. Dengan cara belajar investasi dengan ilmu analisa di pasar modal, agar terhindar dari resiko rugi dalam berinvestasi.

Kamu bisa mengikuti sertifikasi pasar modal seperti sertifikasi analis efek, analis teknikal dan investment banking. Ketiga sertifikasi ini sama-sama memiliki peran penting di perusahaan, khususnya di industri keuangan. Silakan klik link disini bagi kamu yang tertarik untuk memahami investasi pasar modal secara lebih mendalam. Tentunya dari sumber yang terpercaya.

Share This Article
Sertifikasiku
About Author

Sertifikasiku

Sertifikasiku, platform edukasi online, membantu anak bangsa untuk memiliki sertifikasi kompetensi profesi yang sangat berguna untuk bersaing di era global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *