Ada banyak pilihan karir yang bisa kamu tempuh dalam dunia karir di pasar modal, salah satunya adalah dengan membangun karir di investment banking. Menjadi investment banker memberikan peluang agar kamu bisa mendapatkan penghasilan yang lebih baik lagi pada masa mendatang.

Sebelumnya kamu perlu ketahui bahwa investment banking merupakan suatu bagian dari operasi perbankan. Di mana mereka akan membantu para klien berupa individu atau organisasi dalam memberi layanan berupa konsultasi keuangan.

Jika ingin berkarir dalam bidang tersebut, ada beberapa hal yang harus kamu ikuti atau jalani terlebih dahulu. Hal ini akan membantu dalam mengembangkan karir kedepannya dan bisa memiliki lebih banyak klien yang beragam.

Baca Juga : “Manfaat Investment Banking Indonesia Bagi Perusahaan”

Cara Membangun Karir Menjadi Investment Banker

Cara Membangun Karir Menjadi Investment Banker

Di bawah ini kami sajikan beberapa langkah atau tahapan untuk bisa kamu jadikan pedoman ketika ingin berkarir di bidang ini sebagai seorang investment banker.

1. Mendapatkan Gelar Pendidikan yang Sesuai

Untuk bisa membangun karir di investment banking, gelar pendidikan adalah salah satu faktor penting untuk diperhatikan sejak awal kamu memiliki minat terhadap bidang ini. 

Pada umumnya, pada posisi entry-level, gelar sarjana ekonomi atau keuangan merupakan titik awal untuk bisa berkarir dalam bidang ini. Selain itu gelar bisnis dan akuntansi juga termasuk latar belakang pendidikan umum yang sesuai.

2. Mengikuti Magang

Banyak orang-orang yang membangun karir di investment banking dari awal akan memulainya dengan magang terlebih dahulu. Mempersiapkan magang pada perusahaan atau tempat yang berada di bidang ini akan menjadi salah satu kunci untuk dapat berkarir ke depannya.

Hal ini karena bank atau perusahaan terkait dengan bermacam skalanya, sering merekrut pegawai level menengah atau entry-level mereka melalui program magang. Hal ini tentu menguntungkan jika kamu berpartisipasi sebagai karyawan magang.

Lihat Juga : “Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Investasi Saham”

3. Membangun Koneksi

Koneksi atau jejaring dalam membangun karir di investment banking juga ikut memberikan kontribusi agar kamu bisa terjun ke dalam bidang ini. Hal tersebut karena pada bidang perbankan investasi juga berkaitan dengan channeling dan pengetahuan kamu.

Oleh karena itu, agar bisa mendapatkan pekerjaan pada bidang ini dengan lebih mudah dan sesuai keinginan, maka perbanyaklah relasi kamu saat masih di bangku kuliah. Masih ada cara lainnya untuk membangun relasi, yaitu dengan menghadiri job fair atau acara perekrutan karyawan.

Ketika mengikuti job fair, kamu bisa membangun relasi dengan perusahaan terkait. Di mana saat event ini, biasanya akan bertemu langsung dengan perekrut, sehingga manfaatkanlah momen ini dengan baik.

4. Ikut Sertifikasi Pasar Modal

Agar bisa membangun karir di investment banking dan pasar modal secara profesional, kamu bisa mengikuti pelatihan sertifikasi pasar modal atau sertifikasi investment banking dan mendapatkan lisensi atau sertifikat terkait. 

Adanya lisensi ini dapat membantu untuk mempermudah dalam perekrutan sekaligus menunjukkan sejauh mana kompetensi kamu pada bidang investment banking.

Setelah mengetahui langkah-langkah untuk bisa menjadi seorang investment banker profesional di atas, maka kamu bisa mulai mempersiapkannya dari sekarang. Untuk sertifikasi profesi itu sendiri sangat bermanfaat untuk memulai di perbankan investasi. Karena dengan proses tersebut kamu akan diajari dengan ikut pelatihan sertifikasi terlebih dahulu sebelum uji kompetensi. Sehingga proses membangun karir di investment banking akan lebih lancar.

Mau tahu lebih lanjut tentang Sertifikasi Kompetensi? Yuk sob Klik link berikut ini > Informasi Pendaftaran Sertifikasi Pasar Modal

Share This Article
Sertifikasiku
About Author

Sertifikasiku

Sertifikasiku, platform edukasi online, membantu anak bangsa untuk memiliki sertifikasi kompetensi profesi yang sangat berguna untuk bersaing di era global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *