Cara buat CV ATS friendly memang belum banyak dimengerti oleh setiap pencari kerja. Apalagi karena memakai suatu software khusus untuk membantu dalam proses perekrutan. Nantinya akan membantu seorang hrd secara otomatis dapat melakukan usaha penyortiran.

Scanning dapat dilakukan untuk menemukan kata kunci sesuai dengan ketentuan perusahaan. Tentu secara maksimal segera menemukan kandidat dengan kualifikasi terbaik. HRD akan terbantu menemukan tenaga kerja berkualitas.

Saat ini banyak perusahaan besar telah memakainya disebabkan punya manfaat hebat. Bahkan mampu melakukan seleksi berjumlah ribuan orang yang masuk bersamaan. Untuk kesuksesan screening, pastikan paham prosedur membuatnya.

Baca Juga : “Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Saat Wawancara Kerja”

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Cara Membuat CV ATS Friendly

Yang Harus Diperhatikan Dalam Cara Membuat CV ATS Friendly

HRD seringkali memiliki standar paling tinggi dalam mencari kandidat, sehingga harus kamu penuhi dengan baik. Penting memperhatikan template, daftar pekerjaan dan update lainnya. Begitu juga kualifikasi, bahasa sampai pilihan posisi terbaik. Yuk simak cara membuat CV ATS friendly dengan benar.

1. Pilih Template CV ATS Friendly

Cara pertama membuat curriculum vitae yang mudah diolah pada ATS adalah pilih template CV ATS Friendly yang mudah dibaca. Jangan selalu menganggap kalau desain mewah diunggulkan. Melainkan bisa membingungkan dan dianggap kurang efisien.

CV ATS friendly adalah memperhatikan dengan baik soal fokus pada pengalaman. Bidang keterampilan juga ditampilkan secara singkat dengan desain elegan. Kalaupun memakai template harus benar-benar sesuai pada kebutuhannya.

2. Membaca Daftar Pekerjaan

Kamu diwajibkan untuk membaca daftar pekerjaan karena dipakai sebagai kata kunci. Pastinya penting mencerminkan pada frasanya juga seperti yang telah disebutkan. Apalagi ATS tidak selalu paham sinonim maupun akronim umum.

Pada contoh CV menggunakan ATS terbaik penting untuk memperhatikan agar menyesuaikan dengan jenis pekerjaan. Misalnya berusaha melamar pekerjaan sebagai Google Analytic. Artinya wajib menambahkan secara detail jangan hanya analitik atau SEO.

3. Update dan Sesuaikan CV ATS Friendly

Selanjutnya pastikan untuk melakukan update dan sesuaikan CV tersebut. Proses memperbaharui ini berguna dengan menambahkan kata kunci tepat. Tapi jangan terlalu berlebihan melainkan menambah kata kunci yang bisa membantunya.

Kunci terbaik ATS friendly perlu fokus pada kata kerja tindakan. Begitu juga dengan keterampilan teknis sampai persyaratan pada perangkat lunak. Termasuk dengan pemakaian beberapa deskripsi penting sehingga mudah saat dicari.

Lihat Juga : “TIPS MENULIS SERTIFIKAT YANG BENAR DI CV”

4. Ajukan Sesuai Kualifikasi

Cara selanjutnya adalah mulai ajukan sesuai kualifikasi lamaran kerja pada perusahaan tujuan. Pastikan menyesuaikan dengan latar belakang pendidikan maupun karir. Kalau kurang sesuai bisa saja dianggap tidak dibutuhkan dan ditolak.

Kelolosan sangat dipengaruhi dengan kemampuan untuk cara membuat CV ATS friendly. Jadi, kualifikasi perusahaan harus dicatat dan diperhatikan secara lengkap. Baru bisa melengkapi sesuai kebutuhan dan bukan sekedar melebihkannya.

5. Pakai Bahasa Tepat

Memakai bahasa tepat juga akan menjadi kebutuhan pembuatan curriculum vitae. Penggunaan kata wajib akurat dan benar pada pembuatan CV tersebut. Terutama karena nantinya akan otomatis membuat teks mudah dibaca.

Bahasa yang dibutuhkan jangan sembarangan karena terdapat pada contoh CV ATS. Kamu boleh mengikuti yang disarankan dan telah lolos sebagai curriculum vitae sukses. Dan yang memang sudah berhasil, bisa diikuti karena terjamin.

6. Hindari Melamar Banyak Posisi

Terakhir, pastikan menghindari melamar banyak posisi pada suatu perusahaan. Dalam artian harus memilih salah satu posisi saja jangan sampai melamar banyak sekaligus. Sistem pelacakan dipakai sehingga bisa dianggap kurang baik.

Kita telah mengetahui kalau CV ATS friendly adalah hal penting. Jadi, bisa menambahkan trik lainnya seperti membuat CV yang dapat terpindai ATS. Format harus dibuat dari rangkanya dan terjamin maksimal.

Selain itu ada baiknya apabila jangan menyertakan terlalu banyak warna/desain. Mungkin terdapat pikiran kalau heboh akan terlihat lebih menarik. Padahal tidak boleh kebanyakan melainkan simple dan elegan akan lebih baik.

flyer sipalingsiap

Jika kamu ingin mengetahui lebih detail tentang bagaimana cara membuat CV ATS, kamu bisa belajar di E-Book gratis dari Sertifikasiku loh sob! yuk download sekarang biar gak salah dalam cara membuat CV ATS Friendly >> Download disini

Share This Article
Sertifikasiku
About Author

Sertifikasiku

Sertifikasiku, platform edukasi online, membantu anak bangsa untuk memiliki sertifikasi kompetensi profesi yang sangat berguna untuk bersaing di era global.

1 Comment

    […] Baca Juga : “Cara Buat CV ATS Friendly, Auto Lolos Screening HRD!” […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *