Langkah-langkah perencanaan karir masa depan harus mulai dipikirkan sejak usia muda. Mendapatkan kesuksesan mungkin adalah impian dari sebagian besar orang.

Untuk memperoleh kesuksesan saat ini tentunya dibutuhkan perencanaan yang matang. Career planning atau perencanaan karir adalah hal yang sangat penting dilakukan untuk bisa meraih apa yang dicita-citakan dalam karir.

Di era modern seperti saat ini, tantangan dunia kerja semakin berat. Hanya orang-orang yang berkualitas yang nantinya bisa memenangkan persaingan dan mendapatkan lapangan pekerjaan.

Bagi seseorang yang mungkin minim skill dan juga kreativitas akan sangat kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan di era modern. Apalagi lapangan pekerjaan di Indonesia sendiri bisa dikatakan tidak banyak, sehingga kamu harus saling bersaing dengan banyak orang untuk bisa mendapatkan pekerjaan.

Untuk membangun bisnis sendiri juga bukan merupakan hal yang mudah. Oleh karena itu, perencanaan karir masa depan wajib kamu lakukan agar nantinya bisa mendapatkan pekerjaan yang layak dan mendapatkan gaji yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga : “Kuasai Soft Skills Wajib Agar Kariermu Sukses

Langkah-Langkah Perencanaan Karir Harus Dipikirkan Sejak Usia Muda

List Of Contents

Langkah-Langkah Perencanaan Karir Harus Dipikirkan Sejak Usia Muda

Sekarang ini banyak sekali anak muda yang terlalu santai, padahal tantangan dunia kerja di masa depan akan semakin berat.

Jika kamu tidak bergerak dari usia muda dan mempersiapkan apa yang dibutuhkan untuk bisa mendapatkan pekerjaan, tentunya akan sangat sulit untuk bisa bersaing dengan orang lain yang memiliki skill dan kemampuan lebih. 

Untuk bisa memperoleh kesuksesan, rencana karir harus dipikirkan dengan matang. Ini sangat penting agar nantinya tujuan hidup kamu jelas dan juga nantinya bisa memenuhi kebutuhan hidup diri sendiri dan keluarga.

Dengan memiliki rencana yang jelas mengenai karir, kamu bisa melakukan langkah-langkah konkret untuk bisa mewujudkan tujuan kamu.

Kerja keras jelas dibutuhkan untuk bisa memperoleh kesuksesan dalam karir. Oleh karena itu sangat disarankan sejak dari muda mulai menggali kemampuan diri sendiri dan terus ditingkatkan, sehingga nantinya bisa menjadi profesional di bidang tertentu.

Lihat Juga : “Manfaat Memiliki Sertifikasi Kompetensi”

Berikut Langkah-Langkah Perencanaan Karir

Berikut Langkah-Langkah Perencanaan Karir

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya jika merencanakan karir adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Berikut langkah-langkah untuk merencanakan karir, untuk memiliki karir yang cerah di masa depan dengan mudah dan tepat.

1. Kenali kekurangan dan kelebihan diri sendiri

Sangat penting bagi kamu untuk mengenali kekurangan dan juga kelebihan diri sendiri. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan diri, nantinya kamu bisa melakukan langkah-langkah perbaikan yang perlu dilakukan.

Contoh perencanaan karir masa depan yang kamu bisa coba yaitu untuk berlatih mengurangi kekurangan yang ada pada dirimu kemudian meningkatkan apa yang menjadi kelebihanmu.

Lebih disarankan untuk kamu fokus terhadap kelebihan yang dimiliki. Karena seiring dengan berjalannya waktu nantinya dengan sendirinya kamu bisa mengatasi apa yang menjadi kekurangan dalam diri kamu.

2. Siapkan rencana untuk mencapai tujuan kamu

Setelah mengetahui kekurangan dan juga kelebihan diri sendiri, kamu bisa melanjutkan contoh career planning dengan menyusun rencana untuk mencapai tujuan karir kamu.

Target yang jelas untuk mencapai tujuan kamu dan juga langkah-langkah konkret Apa yang harus dilakukan supaya bisa mencapai tujuan karir kamu.

Sebagai contoh : kamu ingin menjadi seorang digital marketing, maka persiapkan diri dengan baik untuk terus tingkatkan skill di bidang tersebut. Apalagi ilmu digital marketing termasuk ilmu yang jarang kamu dapatkan saat kuliah.

3. Action

Ketika rencana sudah dibuat langkah berikutnya yaitu melakukan apa yang sudah direncanakan sebelumnya. Lakukan secara konsisten dan juga Jangan mudah menyerah ketika menghadapi kegagalan.

Berikut di atas langkah-langkah perencanaan karir untuk membantu kamu mendapatkan karir yang cerah di masa depan. Kamu juga bisa dapatkan tips sukses perencanaan karir di E-book dari Sertifikasiku. Cek website Sertifikasiku juga untuk cari tahu kelas-kelas menarik yang bisa bantu upgrade skill kamu ya sob!

Sertifikasiku
About Author

Sertifikasiku

Sertifikasiku, platform edukasi online, membantu anak bangsa untuk memiliki sertifikasi kompetensi profesi yang sangat berguna untuk bersaing di era global.

1 Comment

    […] Baca Juga : “Tantangan Dunia Kerja dan Langkah-Langkah Perencanaan Karir” […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *