Jika kamu ingin mahir berinvestasi, maka harus memahami bagaimana cara analisa saham yang tepat dan benar. Hal ini dikarenakan menganalisa saham merupakan kemampuan dasar bagi para investor sebelum memutuskan untuk membeli saham.

Dengan kecakapan tersebut, sebagai investor ataupun trader akan mudah dalam aktivitas jual beli saham kapanpun sesuai keinginan. Analisa saham dibagi menjadi 2 jenis, yaitu fundamental dan teknikal dengan manfaatnya masing – masing.

Menganalisis saham ini bertujuan menelaah suatu saham tertentu pada suatu perusahaan ataupun proyek. Tujuannya untuk menilai bagaimana kinerjanya selama periode tertentu, apakah sahamnya layak diperjualbelikan atau tidak.

Lihat Juga : Prospek Karir di Industri Keuangan

Cara untuk Menganalisis Saham Berdasarkan Jenisnya

Cara untuk Analisa Saham Berdasarkan Jenisnya

Cara menganalisis saham baik fundamental maupun teknikal dapat dilihat secara real time di internet. Sehingga investor dapat memutuskan investasi jangka pendek atau panjang.

Sedangkan untuk analisa saham hari ini bisa dilakukan dengan mengecek pada website akun sekuritas ataupun melalui online. Dengan kemudahan saat ini seluruh harga saham perusahaan yang naik turun akan terus diupdate tiap harinya secara real time.

  • Saham Fundamental

Pengertian analisis fundamental – salah satu tata cara pengukuran yang digunakan para investor untuk mengenali keamanan pada suatu nilai saham. Jenis pendekatan yang dapat kamu pakai untuk menganalisa adalah top down atau bottom up.

Pendekatan top down harus melihat kondisi makro ekonomi global maupun dalam negeri, prospek pertumbuhan per sektor usaha, serta fundamental perusahaan. Sedangkan bottom up harus melihat aspek rinci kinerja perusahaan tersebut.

Analisa fundamental saham sangat membantu kamu yang ingin berinvestasi untuk jangka pendek. Dengan 2 pendekatan tersebut, diharapkan dapat mengetahui detail kinerja perusahaan dalam mengelola sahamnya sebelum memutuskan memperjualbelikannya.

  • Saham Teknikal

Cara analisis saham kedua yaitu secara teknikal, yaitu analisa saham untuk membantu jika kamu ingin berinvestasi jangka panjang. Analisis teknikal digunakan sebagai acuan ketika menentukan saham berpotensi memberi profit jangka pendek.

Cara menganalisa saham teknikal dapat dilakukan melalui 2 metode, yaitu klasik dan modern. Jika menggunakan metode klasik, maka akan menggunakan chart harga saham.

Sedangkan metode modern membutuhkan indikator dengan algoritma atau rumus statistik. Tujuannya, investor dapat menggambarkan grafik pergerakan sahamnya. Analisis ini membantu melihat kondisi market berdasarkan histori harga di masa lalu. 

Cara untuk Menganalisis Saham Berdasarkan Jenisnya

Pentingnya silabus Sertifikasi Analisa Saham

Sertifikasi analis efek merupakan kompetensi penting jika kamu ingin menjadi Analis Efek Profesional. Baik itu fungsi analisis fundamental, teknikal, saham, obligasi, ataupun efek lainnya.

Dengan mengikuti kelas kursus analis efek, kamu akan belajar analisa fundamental saham dengan cara mengumpulkan data yang diperlukan. Lalu mempublikasikan laporan risetnya, kemudian melakukan serangkaian analisis.

Sertifikasiku adalah platform yang menyediakan kelas kursus sertifikasi pasar modal tersebut dengan program 100% online. Tujuannya untuk memudahkan peserta mempelajari materi kapanpun dan di manapun.

Sertifikasiku lebih mengutamakan kualitas pendidikan juga pelatihan pada uji kompetensi. Sertifikasi kompetensi RSA (Regular Securities Analyst) untuk level junior dimana akan mempelajari :

  1. perkenalan umum tentang pasar modal
  2. Kode Etik
  3. Economic Analysis
  4. Fundamental Analysis
  5. Financial Behavior
  6. FIxed Income
  7. Technical Analysis
  8. Case of Macro Economic 
  9. Case of Financial Statement Analysis
  10. Case of Behavioral Finance
  11. etc

Sedangkan Sertifikasi CSA (Certified Securities Analyst) untuk level senior yang berguna untuk menjaga kompetensi para profesional Securities Analyst, kamu akan mempelajari :

  1. Code of Conduct & Regulation
  2. Advanced Economic Analysis
  3. Advanced Fundamental Analysis
  4. Advanced Equity Analysis & Valuation
  5. Derivative Analysis
  6. Advanced Fixed Income Analysis
  7. Advanced Technical Analysis
  8. Financial Modeling
  9. Behavioral Finance

Jadi tunggu apalagi, segera daftarkan dirimu dalam kelas pelatihan ini dan dapatkan produk sertifikasi kompetensinya.

Kunjungi laman website kami di sertifikasiku.com atau hubungi nomor tertera untuk info lebih lanjut mengenai sertifikasi Analis Efek ataupun pelatihan sertifikasi kompetensi lainnya.

Share This Article
admin
About Author

admin