Apa itu teknikal masih jarang diketahui yang berarti aturan atau teknik dengan adanya kriteria, metode, serta proses. Trading saham semakin dikenal luas oleh masyarakat Indonesia cocok dijadikan sebagai alat investasi. Analisis teknikal saham dipakai para investor yang aktif bertransaksi dalam jangka harian. Tujuannya supaya bisa mengamati pola kejadian data pasar, volume transaksi, dan harga saham secara akurat sebelum melakukan pembelian.

Teknikal analisis perlu dipelajari dalam mengawali berkarir sebagai trader profesional di era sekarang. Mengingat sebuah analisis banyak digunakan oleh investor terutama pada saat melakukan transaksi saham dalam jangka waktu pendek.

Jika kamu sudah tahu apa itu teknikal dalam mengawali berinvestasi di pasar saham sebaiknya melakukan persiapan secara matang. Jangan langsung memulai terjun ke dalam trading saham jika tidak ingin berkendala.

Kebanyakan orang awam belum tahu cara menjalani teknikal analisis apabila tidak belajar secara tepat. Oleh karena itu, sebisa mungkin mempelajari analisis dengan baik dan benar supaya tidak mengalami kendala saat trading.

Saham termasuk dalam instrumen investasi paling populer di era sekarang karena peluang mendapatkan keuntungan cukup terbuka lebar. Belajar mengenai saham sangat penting untuk kamu yang masih pemula, yuk pahami penjelasan berikut.

Baca Juga : “Persiapan Trading Lebih Matang dengan Analisa Teknikal Saham”

Mengenal Lebih Jauh Teknikal Analisis Saham

Mengenal Lebih Jauh Teknikal Analisis Saham

Analisis teknikal adalah teknis analisa yang digunakan oleh trader untuk memahami pola harga, data, volume, dsb berdasarkan historis. Teknikal tersebut digunakan dengan melihat harga di masa lalu guna memprediksi pergerakan.

1. Tujuan

Teknikal analisis saham dilakukan bertujuan untuk memperoleh tren atau pola yang kerap terjadi. Perlu diketahui bahwa harga saham sebenarnya sudah memiliki pola khusus sehingga dapat diamati oleh para trader.

Dalam analisa teknikal bisa dilakukan dengan memakai perangkat statistik karena paling mudah untuk dicoba. Trader dapat mengamati grafik pasar dan menentukan pola menggunakan rumus matematis sehingga mendapatkan data lebih akurat.

2. Bekal untuk Investasi

Analisis teknikal adalah bekal penting bagi trader untuk mendapatkan kelancaran saat memulai berinvestasi. Keuntungan dalam trading selalu terbuka dapat dimanfaatkan oleh trader setiap harinya tanpa mengalami kesulitan.

3. Identifikasi

Asalkan sudah paham analisa teknikal saham, tentu saja dalam menentukan pembelian tidak akan kebingungan lagi. Saat mempelajari teknik analisa tersebut, kamu perlu mengidentifikasi support beserta resistance, konteks pasar dan volume.

4. Indikator

Dengan menggunakan analisa teknikal, ada beberapa indikator yang paling dikenal. Indikator tersebut antara lain on-balance volume, ADX, aroon indicator, MACD, RSI, moving average, bollinger bands dan juga stochastic.

Lihat Juga : “Memahami Konsep Dasar Analisa Teknikal Trading”

Perbedaan Analisis antara Fundamental dan Teknikal

Perbedaan Analisis antara Fundamental dan Teknikal

Sertifikasi pasar modal dan sertifikasi Regular Technical Analyst dapat kamu miliki setelah mengikuti sebuah kelas trading secara profesional. Bagi yang belum mengenal bedanya analisis teknikal serta fundamental, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu.

Teknik analisis saham ada dua, yaitu fundamental dan teknikal wajib diketahui. Untuk analisis fundamental berarti mengacu pada data laporan keuangan perusahaan, sebaliknya teknikal berpedoman pada data harga.

Perbedaan analisis antara fundamental dan teknikal jelas penting karena keduanya saling berkaitan. Sebagai trader harus mampu menganalisa sebuah saham dengan tepat supaya memperoleh profit dengan jumlah tertentu.

Sertifikasi pasar modal dan Regular Technical Analyst didapatkan seluruh peserta yang telah lulus uji kompetensi. Bagi kamu yang kesulitan atau bingung belajar tentang saham dari mana, lebih baik mengikuti pelatihan di Sertifikasiku.com

Ingin belajar lebih lengkap tentang teknik analisis saham, langsung saja ikuti pelatihan sertifikasi di Sertifikasiku.com. Ada macam-macam pelatihan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan trader pemula.

Dengan belajar memulai investasi saham secara tepat, tentunya akan membuka peluang bagi kamu untuk bisa sukses di dunia pasar modal. Karena faktor kesuksesan seorang trader salah satunya mampu melakukan analisa teknikal saham.

Yuk klik disini untuk tahu informasi sertifikasi pasar modal lebih lengkap!

Share This Article
Sertifikasiku
About Author

Sertifikasiku

Sertifikasiku, platform edukasi online, membantu anak bangsa untuk memiliki sertifikasi kompetensi profesi yang sangat berguna untuk bersaing di era global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *