Wakil agen penjual reksa dana atau WAPERD dapat melakukan berbagai aktivitas sesuai dengan ketentuan dalam kontrak kerja sama. Badan usaha selain bank juga bisa menjadi agen tersebut. 

Kehadiran peraturan OJK Nomor 39/POJK.04/2014 membuat berbagai perusahaan sekuritas, pegadaian, asuransi, pos dan giro dapat mengajukan izin menjadi agen. Proses pembukaan rekeningnya juga sangat mudah.

Perkembangan teknologi informasi membuat kamu dapat melakukan pembukaan rekening secara elektronik. Hal ini memberikan keuntungan karena mempermudah pemasaran. 

Lihat Juga : “Analisa Teknikal Saham : Panduan Untuk Profit Maksimal”

Apa Itu Wakil Agen Penjual Efek Reksa Dana (WAPERD)?

Pengertian Agen Penjual Reksa Dana

Wakil agen yang menjual efek reksa dana atau WAPERD adalah pihak yang menjadi perantara antara manajer investasi dengan investor atau nasabah. Agen wajib mengantongi surat tanda terdaftar sebagai penjual yang diterbitkan OJK.

Surat tersebut harus dibuat oleh semua agen kecuali perusahaan efek. Oleh karena itu, sebuah agen tersebut hanya bisa melakukan penjualan lewat pegawai yang memenuhi syarat. 

Adapun syaratnya adalah telah mendapatkan izin menjadi wakil perusahaan efek maupun wakil dari agen. Nantinya, pegawai akan diberi penugasan khusus dan beraktivitas atas nama dan untuk agen.

Investasi yang dijalankan bisa sukses jika kamu memperhatikan apa saja larangan yang harus kamu patuhi. Di sisi lain, pastikan bahwa kamu telah memilih agen penjual reksa dana terbaik. 

Larangan tersebut antara lain menerbitkan konfirmasi pembelian maupun penjualan efek reksa dana. Kemudian, kamu juga dilarang untuk menjualnya tanpa perintah dan izin dari pemegang efek reksa dana.

Oleh karena itu, semua informasi tentang reksa dana yang dijelaskan harus benar dan tidak boleh berlebihan. Selain itu, dilarang merekomendasikan produk yang kurang cocok dengan profil calon pemegang efek. 

Kamu juga tidak boleh memberikan saran untuk bertransaksi secara berlebihan pada reksa dana dengan tujuan mendapatkan komisi besar. Lalu, dilarang membuat pernyataan negatif tentang manajer investasi maupun reksa dana tertentu. 

Wakil agen penjual reksa dana terbaik juga tidak diperkenankan merekomendasikan reksa dana berdasarkan jumlah insentif atau komisi tambahan. Kamu juga tidak boleh memberi potongan komisi maupun hadiah kepada calon pemegang efek. 

Baca Juga : “Tujuan dan Manfaat Sertifikasi Wakil Perantara Pedagang Efek”

Apa Itu Wakil Agen Penjual Efek Reksa Dana (WAPERD)?

Intip Berbagai Aktivitas Wakil Agen Penjual Efek Reksa Dana WAPERD

Aktivitas yang dilakukan harus berdasarkan kontrak kerja sama yang telah kamu buat dengan manajer investasi. Kontrak kerja sama dan kewajiban harus dipatuhi semua pihak. 

1. Membuat Kontrak Kerja Sama

Isi kontrak kerja sama antara lain harus mencakup beberapa hal. Misalnya semua data dari pemegang hanya boleh dipakai untuk keperluan terkait reksadana miliki yang bersangkutan. 

Tuliskan juga lama waktu berlakunya perjanjian, besarnya pembagian komisi dan biaya. Selain itu, cantumkan cara pembayaran, penyampaian konfirmasi setiap melakukan penjualan atau pembelian dan penyerahan dana. 

Tentukan juga bagaimana cara untuk menyelesaikan kewajiban dan hak dari masing-masing pihak saat perjanjian kerja sama telah berakhir. Perhatikan cara mencantumkan informasi identitas agen, manajer investasi dan Bank Kustodian. 

2. Melakukan Kewajiban WAPERD

Aktivitas agen penjual efek reksa dana antara lain menyediakan prospektus yang sudah diterbitkan manajer investasi. Selain itu, menyediakan brosur berisi informasi biaya, laporan kinerja, kebijakan dan risiko investasi secara lengkap.

Kamu wajib kamu Pmenjaga kerahasiaan semua transaksi pemegang efek reksa dana. Namun ada pengecualian, transaksi tersebut boleh diketahui Bank Kustodian yang mengelola dan pihak lain sesuai peraturan di Undang-Undang pasar modal. 

Selain itu, setiap bulan memberi laporan ke badan pengawas pasar modal serta lembaga keuangan. Hal-hal yang harus dilaporkan adalah penerimaan, pemberhentian serta mutasi pegawai yang sudah mempunyai izin. 

Semua aktivitas tersebut dapat kamu lakukan jika mengantongi izin dari OJK. Sertifikasi bisa dilakukan dengan cara mendaftar melalui sertifikasiku.com untuk memenuhi syarat sebagai wakil dari agen penjual reksa dana.

Share This Article
Sertifikasiku
About Author

Sertifikasiku

Sertifikasiku, platform edukasi online, membantu anak bangsa untuk memiliki sertifikasi kompetensi profesi yang sangat berguna untuk bersaing di era global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *