Digital skills merupakan suatu skill kerja yang dimiliki dalam memahami, memakai dan memanfaatkan teknologi digital, baik itu dari segi perangkat maupun jaringan, guna mengakses serta mengelola data atau informasi.

Mengingat sekarang di era serba digital ini segala sesuatunya sudah canggih dilakukan, termasuk dalam hal pekerjaan. Semakin ketat dan kompetitifnya dunia kerja, membuat kamu sebagai job seeker perlu memiliki kemampuan yang berhubungan dengan aspek digital.

Sebenarnya bukan hanya dibutuhkan oleh job seeker, tapi bermanfaat juga untuk kamu yang ingin menjalankan bisnis dan berkaitan dengan teknologi digital. Ini dia rekomendasi top skill kerja hingga 2025, bisa kamu simak pada pembahasan berikut.

Baca Juga : Jadi #Sipalingsiap dengan Perencanaan Karir Masa Depan

10 Top Skill Kerja Yang Dibutuhkan Sampai Tahun 2025

Inilah Rekomendasi Top 10 Skill Kerja Paling Dibutuhkan

Digital skills adalah salah satu skill kerja yang saat ini banyak di lirik oleh perusahaan. Terutama bagi perusahaan dengan sistem pekerjaan berteknologi digital. Ini dia 10 top skills paling dibutuhkan sampai tahun 2025, yaitu:

1. Digital Marketing

Bagi kamu yang ingin bekerja di dunia pemasaran, memiliki skill digital marketing sangat dibutuhkan. Digital skill satu ini bertujuan untuk mencari konsumen melalui promosi produk barang atau jasa dengan bantuan teknologi digital. 

2. Data Analyst 

Rekomendasi skill berikutnya adalah data analyst digital dari berbagai macam sumber, seperti aplikasi mobile maupun situs web. Digital skills data analyst dibutuhkan oleh perusahaan untuk membantu mencarikan solusi terkait permasalahan bisnis.

Jadi, data akan diolah serta dijadikan laporan supaya perusahaan dapat membuat pilihan strategi paling tepat. Inilah yang membuat data analyst disarankan mempunyai keahlian bahasa query database.

3. Project Management

Project management merupakan salah satu skill yang dibutuhkan perusahaan. Mulai dari perencanaan awal proyek, hingga implementasi, evaluasi dan pemeliharaan. Pihak penanggung jawab dalam aktivitas ini dinamakan project manager.

Skill komunikasi, pengetahuan terkait pelaksanaan proyek serta negosiasi bagi seorang project manager penting dimiliki. Termasuk bila project berhubungan dengan digital, seperti pembuatan aplikasi mobile.

4. Programming Web Maupun Mobile

Contoh digital skill cukup sulit, namun banyak dibutuhkan hingga mendatang yaitu programming web maupun mobile. Cakupan skill ini sangat luas, contohnya web atau app developer, AI engineer, full stack developer, database engineer dan lain-lain.

5. Design UI UX

Berikutnya, design UI UX, merupakan digital skill yang tugasnya mendesain sebuah interface atau tampilan pengguna. Bukan hanya memperhatikan dari segi tampilan, tapi juga kemudahan dalam penggunaan aplikasi.

6. SEO (Search Engine Optimization)

Tugas dari seorang SEO yaitu mengoptimasi mesin pencarian. Tanggung jawab jenis kemampuan ini yaitu mengatur segala konten yang akan di publikasi, supaya traffic pada mesin pencarian meningkat.

7. Social Media Strategy

Skill yang dibutuhkan di masa depan lainnya adalah social media strategy. Tugasnya mengatur segala bentuk strategi media sosial, berhubungan dengan kepentingan bisnis. Kemampuan analisa mumpuni diperlukan oleh seorang social media strategy.

8. Copywriting

Skill digital adalah salah satu yang nantinya menjadi modal dalam pengembangan bisnis, baik milik sendiri maupun orang lain. Sekarang ini sudah semakin marak metode pemasaran copywriting untuk menarik perhatian customer dan hasilnya cukup efektif.

9. Skill Kerja Excel

Excel skill adalah salah satu yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan, baik skala besar maupun kecil. Biasanya digunakan untuk merekap data keuangan, seperti pemasukan maupun pengeluaran bisnis.

 10. Cloud

Contoh digital skill terakhir yaitu cloud, yang merupakan alat penyimpanan data aman. Kemampuan memahami cloud ini membuat kamu bisa bekerja kapan saja dan di mana saja. Bukan hanya memudahkan pekerjaan tapi juga aman.

Kemampuan digital ini bisa kamu asah dan kembangkan dengan mengikuti kelas online ataupun sertifikasi kompetensi, salah satunya kamu bisa ikut di Sertifikasiku. Sertifikasiku merupakan lembaga pelatihan berbasi online atau video based learning bersertifikasi, dan tentunya berstandar BNSP.

Ada banyak kelas untuk mengasah digital skills kamu yang bisa kamu pilih di Sertifikasiku salah satunya Sertifikasi Kompetensi Digital Marketing yang tentunya dengan harga yang terjangkau.

Share This Article
Sertifikasiku
About Author

Sertifikasiku

Sertifikasiku, platform edukasi online, membantu anak bangsa untuk memiliki sertifikasi kompetensi profesi yang sangat berguna untuk bersaing di era global.

1 Comment

    […] Baca Juga : “10 Top Skill Kerja Yang Dibutuhkan Sampai Tahun 2025” […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *